3 Langkah Bugar setelah Begadang

Nonton bola, hangout dan aktivitas lain yang mengharuskan Anda begadang kerap membuat tubuh kelelahan dan tak bergairah keesokan harinya. Ini akan berimbas pada produktivitas kerja dan bahkan dapat mengganggu kesehatan Anda.

Secara alami tubuh membutuhkan waktu tidur yang cukup antara 7-8 jam per hari. Tak hanya tubuh, otak Anda pun membutuhkan waktu istirahat yang cukup agar dapat berfungsi optimal.

Bagi sebagian orang, begadang memang tidak bisa ditinggalkan karena pekerjaan dan hal penting lainnya. Nah, jika Anda termasuk dalam golongan ini dan ingin kembali bergairah, berikut 3 cara efektif yang bisa Anda coba untuk meningkatkan kebugaran Anda di pagi hari seperti dikutip sheknows,

1.       Olahraga Ringan

Jika Anda menemukan diri Anda tak bergairah akibat begadang, maka lakukanlah olahraga ringan yang dapat meningkatkan kembali kebugaran Anda. Cobalah jogging atau bersepeda 15-30 menit disekitar komplek hunian Anda. Ini akan membantu Anda tetap waspada daripada hanya duduk berdiam diri dan kembali mengantuk.

2.       Hindari Makanan Berat

Saat begadang tubuh akan mengalami gangguan metabolisme. Oleh karena itu, jangan mengonsumsi makanan berat setelah begadang. Mengonsumsi makanan berat bisa mengakibatkan makanan tidak dicerna dengan baik dan jika Anda makan banyak karbohidrat maka dapat memicu naiknya gula darah.

 

Sebaiknya minumlah perasan air lemon. Minuman ini kaya akan Vitamin C dan merupakan antioksidan yang kuat untuk meningkatkan kembali daya tahan tubuh setelah begandang. Jika ingin makan, konsumsilah makanan kaya serat seperti sereal, oatmeal atau sayuran segar.

3.       Tenangkan Pikiran

Setelah begadang tubuh akan rentan mengalami stres. Nah, untuk menenangkan kembali jiwa Anda, sebaiknya lakukan meditasi beberapa menit di pagi hari. Tempatkan diri Anda dalam suasana yang tenang dan tentram. Tambahkan aroma terapi jika perlu untuk memperdalam meditasi Anda. Studi menyebutkan bahwa meditasi dapat memberikan efek pemulihan otak meski pun tidak semaksimal saat tidur.

Meski tiga cara di atas efektif untuk mengembalikan kebugaran Anda setelah begadang, bukan berarti begadang itu dianjurkan. Sebaiknya kurangi aktivitas begadang dan istirahatkan tubuh Anda secara cukup agar kesehatan dan fungsi tubuh tetap terjaga. (dan)

BACA JUGA : Pertanyaan-pertanyaan Seputar Kondom Pria

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes