3 Tips Bugar Pada Masa Kehamilan

Alangkah menyenangkan bila hari-hari yang Anda lalui selama masa kehamilan berjalan lancar dengan tubuh sehat dan tetap bugar. Memiliki kondisi tubuh yang prima bukan hanya mambantu Anda menjalani aktifitas sehari-hari dengan baik, tetapi juga dibutuhkan untuk meningkatkan kesehatan janin yang ada dalam kandungan Anda.


Untuk mengurangi perasaan malas dan lemas saat kehamilan, disarankan agar calon ibu beraktifitas normal seperti biasa namun tidak berlebihan. Ada banyak cara untuk membantu Anda tetap bugar selama kehamilan. 3 tips berikut adalah contoh sederhana yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kebugaran Anda selama kehamilan.

Cukupi Kebutuhan Nutrisi Tubuh
Ketika Anda dan pasangan memutuskan untuk menjalankan program kehamilan, sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi asam folat hingga masa setelah melahirkan. Suplemen ini penting untuk mencegah cacat kandungan. Menurut penelitian, meski 70% wanita mengetahui fungsi asam folat, tetapi hanya 30% yang benar-benar mengkonsumsinya.

Multivitamin khusus pra melahirkan juga penting untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral (kalsium dan zat besi) pada tubuh Anda maupun sang bayi. Apapun jenis suplemen yang Anda pilih, pastikan mengandung DHA dan asam folat, karena penelitian menemukan bahwa mengkonsumsi DHA dan asam folat pada catur wulan ke-tiga hingga pasca kelahiran bahkan dapat meningkatkan kecerdasan otak janin.

Tetap Berolahraga
Anda bisa hamil dan tetap melakukan latihan. Kalau selama ini Anda jarang berolahraga, maka jangan memulai olahraga yang berat saat hamil, apalagi tanpa berkonsultasi dengan dokter. Lakukan olahraga ringan yang tidak beresiko bagi Ibu dan bayi. Beberapa olahraga berikut mungkin bisa dicoba.

  • Pilates atau yoga . Olahraga dengan pola pernafasan dan peregangan yang santai ini cukup aman untuk ibu hamil.
  • Jogging ringan dan jalan santai
  • Senam hamil atau aquanatal (senam ini mirip dengan aquarobik tetapi dirancang secara khusus untuk ibu hamil)

Pada saat latihan pastikan suhu tubuh Anda tidak terlalu panas, karena jika badan Anda panas si bayi juga panas. Olahraga pada trimester pertama dapat menurunkan risiko kelahiran prematur. Menjaga otot kaki dan punggung bawah tetap fit dapat mencegah sakit punggung setalah kehamilan.

Tidur Cukup
Usahakan untuk cukup tidur selama kehamilan. Saat hamil bekerja lebih keras untuk menyokong kehidupan baru, yang menyebabkan anda merasa lebih lelah dibanding biasanya. Dan semakin besar kandungan, anda akan semakin kesulitan untuk menemukan posisi yang nyaman untuk tidur.

Tidur menyamping dengan lutut menekuk bisa menjadi posisi tidur yang paling nyaman saat hamil. Posisi tidur seperti ini juga memperingan kerja jantung anda karena berat janin tidak menekan pembuluh darah besar yang membawa dari darah dari dan ke jantung dan kaki anda. Tidur menyamping juga dapat mencegah atau mengurangi pelebaran pembuluh darah, konstipasi, sembelit, dan kaki bengkak.

Anda bisa mulai 3 tips di atas mulai dari sekarang agar Anda dapat terhindar dari segala risiko yang merugikan, dan nikmatilah kehamilan Anda dengan penuh suka cita.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes