larangan di tempat tidur

4 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan di Tempat Tidur

Insomnia sering kali membuat Anda terlihat lebih lelah. Banyak orang yang mengatakan bahwa mereka akan lebih cepat mengantuk saat duduk di sofa dan menonton TV. Akan tetapi saat mereka pindah ke kamar untuk tidur, rasa mengantuk malah menghilang.

Eating in the bed

Semakin banyak waktu yang Anda habiskan di tempat tidur dengan berbaring sambil terjaga karena insomnia, semakin buruk pula insomnia yang Anda derita. Jadi bagaimana seseorang yang terkena insomnia mengatasi masalah ini?

Salah satu pengobatan yang banyak direkomendasikan akhir-akhir ini dikembangkan oleh Richard Bootzin, Ph.D., pada tahun 1970-an yang disebut “stimulus control”. Banyak penelitian yang mendukung pengobatan ini sebagain pengobatan standar untuk penderita insomnia kronis. Kontrol stimulus mengendalikan stimulus seseorang, terutama di tempat tidur. Pengobatan ini benar-benar sederhana pada teorinya, akan tetapi sangat sulit dilakukan.

Menurut pengobatan ini, ada beberapa hal yang harus kita sadari untuk tidak boleh kita lakukan di tempat tidur:

1. Jangan Hanya Berbaring

Idealnya, jika Anda hanya berbaring di tempat tidur selama lebih dari 20 menit, sebaiknya bangunlah dan pergi ke tempat lain, tidak perlu keluar dari kamar Anda tapi setidaknya keluar dari tempat tidur. Lakukan sesuatu yang membuat Anda tenang dan santai menggunakan lampu yang redup.

2. Jauhkan Barang-barang Elektronik

Jangan menggunakan elektronik (dengan layar) misalnya laptop, tablet, TV sebelum tidur, di tempat tidur, atau saat Anda bangun karena tidak bisa tidur. Bacalah buku, majalah, atau hobi lain yang bersifat santai yang bisa membuat Anda melakukannya tanpa harus bangun dari tempat tidur.

3. Berhenti Melihat Jam

Bootzin menyarankan untuk tidak sering-sering melihat jam setiap 20 menit. Dengan melihat jam, otak Anda akan terstimulus dan menjadikannya aktif kembali. Jika Anda terbaring di tempat tidur dan merasa sulit tidur atau frustasi itu tandanya Anda harus bangun dari tempat tidur dan melakukan hal lain seperti minum dan membaca.

4. Jangan Kembali Ke Tempat Tidur Sampai Anda Mengantuk

Jika Anda belum atau sulit untuk tidur, janganlah kembali ke tempat tidur. Jika hal tersebut Anda langgar, maka Anda akan merasa lebih sulit lagi untuk tidur lelap. Semakin cepat Anda kembali ke tempat tidur dan hanya berbaring disana, semakin lama pula Anda akan tertidur.

Kontrol stimulus ini sangat efektif untuk banyak pasien yang menderita insomnia kronis. Namun, jika Anda hanya sesekali mengalami kualitas tidur yang buruk, mengikuti kontrol stimulus dapat membantu mencegah insomnia kronis di masa yang akan datang. Semoga bermanfaat. (mee)

BACA JUGA: Total-Body Circuit, Latihan Seru di Perjalanan Anda

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes