4 Langkah Menurunkan Kadar Trigliserida

5 cara ampuh menurunkan kadar trigliserida

Kelebihan kalori dalam tubuh akan diubah menjadi trigliserida yaitu salah satu bentuk lemak yang ditemukan baik dari makanan maupun dari dalam tubuh secara alami. Fungsi trigliserida adalah menyediakan kebutuhan energi pada tubuh Anda dari kalori yang dikonsumsi, kemudian tubuh menyimpan trigliserida hingga saat akan digunakan oleh tubuh.

Semakin berlebih kalori yang masuk ke tubuh dibandingkan energi yang dibutukan tubuh Anda, maka kadar sel lemak trigliserida semakin banyak tertimbun dalam tubuh. Trigliserida akan disimpan dalam sel lemak dibawah kulit. Kadar trigliserida yang tinggi berisiko menyebabkan penyakit seperti jantung koroner.

Perubahan untuk Menurunkan Trigliserida yang Tinggi
Yang perlu Anda lakukan adalah perubahan pola diet dan gaya hidup, berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kurangi Konsumsi Kalori dan Karbohidrat
    Konsumsi kalori secara seimbang, sesuai dengan kebutuhan dan energi yang Anda habiskan saat melakukan suatu kegiatan. Hitunglah kebutuhan kalori berdasarkan berat badan, usia, tinggi badan, dan tingkat aktivitas fisik Anda, sehingga Anda bisa mengatur asupan kalori Anda setiap harinya. Selain itu, kurangilah konsumsi karbohidrat sederhana seperti gula, dan pilihlah sumber karbohidrat dari karbohidrat kompleks.
     
  2. Mulailah Rencanakan Waktu Latihan
    Tubuh membutuhkan energi ekstra pada saat latihan, semakin banyak energi yang Anda habiskan maka kadar trigliserida tubuh Anda akan menurun. Luangkan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga apapun yang menyenangkan bagi Anda.
     
  3. Kurangi Lemak dan Kolesterol Dalam Diet
    Kolesterol dan trigliserida yang berlebihan dalam tubuh akan membentuk tumpukan lemak dalam darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Untuk itu sebaiknya Anda kurangi konsumsi lemak jenuh dan gantikan konsumsi lemak Anda dengan lemak tak jenuh. Para ahli juga menyarankan orang sehat untuk mengkonsumsi kolesterol tidak lebih dari 300 mg per hari, dan bagi mereka yang memiliki penyakit jantung tidak lebih dari 200 mg kolesterol per hari.
     
  4. Mulailah Berdiet
    Jika Anda bermasalah dengan kelebihan berat badan, mulailah perubahan menuju pola diet yang lebih sehat. Dan pastikan Anda melakukannya dengan menurunkan kadar lemak dalam tubuh Anda, sehingga akan semakin berkurang pula lemak dan trigliserida yang tertimbun dalam tubuh Anda.

Anda harus mengontrol kadar trigliserida tubuh agar tetap sehat dan terhindar dari berbagai resiko penyakit. Perbaikilah pola makan dan gaya hidup Anda, beralihlah ke hal-hal positif agar hidup Anda lebih sehat dari sebelumnya. Selamat memulai hidup sehat!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes