masalah kulit pria

4 Masalah Kulit & Cara Mengatasinya

Anda pikir cuci muka saja sudah cukup untuk menjaga kulit wajah Anda? Tentu tdak. Ada hal-hal lain yang harus Anda ketahui.

masalah kulit pria

Beberapa masalah kulit seperti komedo dan jerawat mungkin sudah Anda kenal. Tapi sejatinya ada masalah kulit lain yang sering dialami pria, mulai dari flek hingga kanker kulit. Beberapa penelitian menyebutkan bahwa kanker kulit cenderung terjadi pada pria.

Penjelasan logisnya, karena pria lebih sering beraktivitas di luar ruangan, terkena paparan sinar ultraviolet yang merupakan salah satu faktor penyebab kanker kulit.

Berikut ini lima besar masalah kulit yang paling sering terjadi dan Anda perlu ketahui:

Jerawat

Anda tentu tidak merasa asing dengan ‘sahabat’ kulit yang satu ini. Apalagi kulit pria cenderung lebih tebal, berminyak, dan lebih mudah berkeringat akibat pengaruh hormon androgen, testosteron, dan aktivitas yang lebih dinamis ketimbang wanita.

Hal ini membuat pori-pori mengalami penyumbatan dan menjadi awal munculnya komedo. Sampai di sini Anda mungkin berpikir penyumbatan pori-pori ini bukan masalah besar. Memang! moncler outlet polo 2

Tapi jika penyumbatan tadi terinfeksi bakteri, maka bersiaplah menyambut kehadiran si benjolan merah itu dalam beberapa hari ke depan.

Untuk mengatasinya, Anda bisa menggunakan produk anti jerawat yang mengandung Benzoyl peroxide dan Asam Salicylic.

Benzoyl peroxide adalah zat yang terkandung dalam beberapa produk perawatan untuk jerawat. Zat ini sangat efektif untuk mencegah jerawat karena mampu membunuh bakteri penyebab jerawat.

Asam salicyd bekerja membersihkan kulit dan menghilangkan kotoran pada pori. Asam salicyd bekerja dengan baik menghilangkan jerawat putih maupun jerawat hitam. Zat ini juga bisa digabungkan dengan benzoyl peroxide untuk hasil lebih maksimal.

Luka Parut

Selain menyebabkan flek hitam, jerawat juga bisa meninggalkan jejak lain yang lebih buruk, yaitu luka parut. Luka parut ini sering menjadi penyebab turunnya rasa percaya diri seseorang. Luka parut juga bisa timbul karena trauma, penyakit seperti cacar air atau herpes.

Biasanya saat penyakit cacar air mulai mengering, luka akan terasa gatal dan terlihat jelek. Selanjutnya tangan Anda pun mulai beraksi untuk menggaruk dan melepas keropeng yang muncul, padahal luka belum benar-benar kering. Hasilnya, jaringan kulit pun rusak. nfl-jerseys-at-walmart-aliexpress

Pengobatan untuk luka parut tergantung pada luas dan kedalaman luka. Terapi akupuntur dipercaya dapat mempercepat pertumbuhan jaringan baru. Tujuan utama terapi ini adalah untuk mengembalikan keseimbangan sistem tubuh, yakni dengan cara memperbaiki sistem hormonal, memperbaiki sistem imunologi, serta memperlancar sirkulasi darah.

Bintik Hitam

Bintik hitam memang menjadi salah satu pertanda melanoma-jenis kanker kulit yang berawal dari melanosit. Melanosit adalah sel kulit yang menghasilkan melanin-pigmen pemberi warna pada kulit. Pertumbuhan melanosit yang tak terkendali akan membuatnya saling bertumpuk dan membentuk gundukan daging. Jika tidak segera diatasi kondisi ini berpotensi menjadi kanker.

Beberapa penelitian menemukan bahwa ternyata kondisi ini sangat dipengaruhi oleh seberapa banyak Anda terkena sinar ultraviolet. Tidak hanya melanoma, beberapa jenis tumor jinak juga dapat tumbuh di kulit, seperti tanduk, cornu, dan keratosis seboroik (yang menyerupai tahi lalat).

Untuk mengatasinya, Anda bisa menjalani bedah listrik atau menggunakan laser. Tindakan seseggera mungkin akan membantu proses penyembuhan dengan cepat. Selain itu hal ini akan menghindarkan Anda dari serangan kanker kulit yang mematikan itu.

Luka Bakar

Luka bakar termasuk salah satu jenis luka yang sering terjadi. moncler outlet polo 2 Akibatnya bisa bermacam-macam mulai dari kulit kemerahan, melepuh, cacat kulit, hingga berubahnya struktur kulit. Jika terjadi luka bakar langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiram luka dengan air dingin yang mengalir setidaknya dalam waktu 10 menit. Jaga luka agar tetap bersih dan segera temui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik. (dan)

BACA JUGA : KETEMU DOKTER, SIAPA TAKUT?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes