4 Penghalang Gaya Hidup Sehat

Mengurangi makanan berlemak, tidak merokok, dan rajin berolahraga, adalah beberapa contoh gaya hidup sehat yang kini sedang marak disosialisasikan di seluruh dunia.

4-Penghalang-Gaya-Hidup-Sehat-1

Namun bagi sebagian orang, gaya hidup sehat ini tidak lebih dari sebuah motivasi yang tertempel di lemari atau di meja dapur mereka, karena gaya hidup tidak sehat tidak juga dijalankan.

Menjalankan gaya hidup sehat adalah pilihan. Dalam pelaksanaannya, ada beberapa hal yang dapat menghalangi seseorang untuk menjalankan gaya hidup sehat. Berikut 4 diantaranya:

Tekanan Psikis

Ketika mengalami emosi negatif seperti frustrasi, takut atau marah, seseorang akan cenderung melampiaskan pada gaya hidup tidak sehat seperti, merokok, makan dalam porsi besar, dan bahkan mengonsumsi alkohol.

Tentu dalam jangka panjang kebiasaan ini akan merugikan kesehatan. Daripada melampiaskannya pada rokok dan minuman keras, sebaiknya ganti dengan kebiasaan lain seperti berlatih tinju, bersepeda, dan aktivitas lain yang bisa membuat tubuh Anda aktif bergerak.

Mitos yang Menyesatkan

Beberapa orang masuk ke dalam perangkap kepercayaan bahwa untuk meraih sukses dalam suatu hal, termasuk dalam gaya hidup sehat, Anda harus membayar mahal, meluangkan banyak waktu dan bekerja sangat keras.

Padahal yang perlu Anda lakukan hanyalah melakukannya dengan benar. Jika Anda mencoba berhenti merokok, berarti Anda berhasil mengemat ratusan ribu rupiah dan mempunyai tabungan lebih banyak. Bahkan Anda tidak perlu membeli minyak goreng karena sekarang Anda mengolah makanan dengan cara direbus, kukus, atau dibakar. Hemat bukan?

Meragukan Diri Sendiri

Bayangkan saja Anda sudah mendapatkan apa yang Anda inginkan. Dengan semangat itu setiap hari, Anda akan termotivasi untuk melakukan gaya hidup sehat lebih baik dari waktu ke waktu. Jadi, hilangkan pikiran “Saya tidak akan pernah mendapatkannya!” atau “Ini tidak akan berhasil!”, atau pikiran negatif lainnya yang mungkin Anda miliki.

Apa yang Anda yakini dalam pikiran bawah sadar Anda akan selalu benar terjadi pada Anda. Itu sebabnya Anda harus berusaha untuk selalu berpikir positif. Mengubah pikiran Anda menuju apa yang Anda inginkan akan membuat perasaan Anda berubah menuju apa yang Anda inginkan itu, sehingga tindakan Anda juga akan berubah dan Anda akan mulai mendapatkan hasil yang Anda inginkan.

Membatasi Diri

Tidak ada batasan kecuali untuk apa yang kita tempatkan pada diri kita sendiri berdasarkan pikiran dan kemauan kita. Ketika Anda sedang berada dalam program menurunkan berat badan, maka bayangkan bagaimana rasanya ketika berat badan target Anda sudah tercapai dan rasakan luapan kegembiraan atas keberhasilan yang tak terbatas dalam pikiran Anda ini.

Nah, setelah semua penghalang di atas dapat Anda singkirkan, maka Anda akan mendapatkan hidup yang lebih sehat, sekaligus memiliki tubuh ideal dan bugar dalam jangka panjang. (dan)

BACA JUGA : Susah Berhenti Merokok? Mungkin Ini Penyebabnya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes