4 Tips Menghilangkan Kebiasaan Makan yang Buruk

4 tips mengalihkan kebiasaan makan yang buruk

Sebagian besar orang memiliki satu makanan kegemaran yang wajib dikonsumsi setiap hari. Jika tidak, makanan ini akan menghantui pikiran Anda selama sehari penuh. Apakah Anda juga demikian? Apakah kebiasaan makan ini akan mengganggu diet Anda? Atau justru akan menunjang hasil diet Anda?

Tanyakan pada diri Anda, apakah Anda punya satu makanan yang wajib dimakan setiap hari? Jika ya, apakah itu coklat, potato chips atau es krim? Jika Anda sedang menjalani program diet, tentu ini akan sangat mengganggu. Ini bisa menjadi pemicu gagalnya program diet Anda. Namun, meskipun Anda tidak sedang menjalani program diet untuk menurunkan berat badan, makanan-makanan ini dapat mengganggu kesehatan. Dan mau tidak mau Anda harus mengurangi dan bahkan menghindari konsumsi makanan kegemaran tersebut.

Berikut ini adalah 4 tips untuk mengalihkan kebiasaan makan yang buruk, antara lain:

  1. Kenali Makanan yang Anda Suka
    Larangan makan makanan tertentu justru akan membuat Anda lebih bernafsu dan penasaran mencuri kesempatan untuk memakannya. Jika Anda kesulitan menahan nafsu makan, cobalah untuk mengatur makanan apa yang harus Anda makan. Jika Anda ingin makan es krim, cobalah gantikan dengan makan buah, roti gandum, yogurt rendah lemak dan gula, dan lain-lain. Atau jika Anda benar-benar tidak bisa menahan untuk tidak memakannya, coba kurangi porsinya secara bertahap setiap hari.

  2. Alihkan Nafsu Makan Anda
    Nafsu makan berlebih adalah musuh utama setiap orang yang memiliki kebiasaan makan yang kurang baik. Salah satu cara untuk mengalihkan perhatian otak adalah dengan aroma-aroma seperti peppermint dan eucalyptus untuk merangsang relaksasi. Atau bisa menggunakan lilin dan rempah-rempah aroma terapi lainnya.

  3. Libatkan Otak Anda
    Jauhkan diri Anda dari pikiran tentang makanan yang mendominasi dengan melakukan aktivitas yang melibatkan otak untuk mengalihkan perhatian seperti membaca buku, menulis di halaman blog pribadi atau bahkan bermain game. Hal ini akan membuat pikiran Anda bebas dari makan, makan, dan makan di waktu senggang!

  4. Buat Perjanjian Dengan Diri Sendiri
    Ya, Anda harus membuat perjanjian dengan diri sendiri untuk menghindar dari makanan yang tidak baik. Contohnya tanamkan dalam diri Anda bahwa Anda akan mencoba untuk mengendalikan nafsu makan dengan menjaga porsi makanan yang tidak berlebihan. Jika hari ini Anda mengkonsumsi coklat, pastikan Anda menghindarinya di hari berikutnya.

Nah, 4 tips ini memang sangat sederhana. Sekarang tinggal bagaimana Anda menerapkannya dalam pola diet dalam kehidupan sehari-hari. Tidak dapat disangkal lagi jika gaya hidup dapat mempengaruhi pola makan Anda. Apakah Anda ingin berubah? Tanya pada diri Anda sendiri! Yang pasti, gaya hidup sehat termasuk pola diet yang jauh lebih sehat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes