5 Alasan Mengapa Anda Perlu Yoga Ketawa

Dalam artikel “Unik dan Sehatnya Yoga Tertawa ” kita telah mengetahui bagaimana manfaat dan keunikan yoga tertawa dalam meningkatkan kesehatan. Tak heran jika metode yoga yang satu ini kini telah menjadi trend di hampir 66 negara di dunia.

Dari survey yang dilakukan oleh Laughter Yoga International, ada 5 alasan utama mengapa masyarakat dunia memilih yoga tertawa sebagai media terapi untuk meningkatkan kesehatan mereka, yaitu:

  1. Tertawa itu Menyehatkan
    Secara ilmiah telah dibuktikan bahwa untuk mendapatkan manfaat kesehatan dari tertawa , kita perlu tertawa secara berkesinambungan paling tidak selama 10 hingga 15 menit. Di dalam Yoga Tertawa , kita bisa mengolah tertawa selama mungkin dalam waktu yang kita inginkan sehingga mampu membawa perubahan fisiologis dan biokimia secara nyata di dalam tubuh kita.
  2. Tertawa adalah Ekspresi
    Untuk mendapatkan manfaat dari tertawa, tertawa harus dilakukan dengan ekspresi lepas, suara keras dan dari rongga diafragma. Tertawa lepas dan lama biasanya sulit dilakukan di depan banyak orang. Nah, untuk mengatasinya, dibentuklah Klub Yoga Tertawa sebagai ajang yang nyaman dan aman untuk tertawa keras, lama, sampai terbahak-bahak tanpa merasa malu dengan orang di sekeliling kita.
  3. Datang untuk Tertawa
    Umumnya kita tertawa bila ada penyebab yang membuat kita tertawa secara spontan dan alami. Padahal, tidak banyak alasan atau hal yang menyebabkan kita bisa tertawa. Kita tertawa secara kebetulan saja karena ada penyebab tertawa kita. Sebaliknya di dalam klub Yoga Tertawa , kita sengaja datang untuk tertawa. Sehingga kita tertawa karena kemauan, penuh kesadaran dan sengaja untuk tertawa bersama, bukan secara kebetulan saja. Dengan cara ini kita bisa memetik manfaat kesehatan dari tertawa .
  4. Meningkatkan Kualitas Hidup
    Riset ilmiah terhadap metode-metode Yoga Tertawa telah dilakukan oleh Universitas Graz di Austria, Bangalore (India) dan juga di Amerika Serikat. Hasilnya menyatakan bahwa tertawa menurunkan tingkat hormon penyebab stres (epinephrine, kortisol) di dalam darah. Tertawa mengembangkan sikap yang positif dan penuh harapan. Bila kita masih bisa tertawa dalam menghadapi masalah maka kita akan jauh dari stres, rasa putus asa, apalagi depresi.
  5. Misi Perdamaian Dunia
    Selain alasan kesehatan, ternyata ada motivasi lain yang membuat orang tertarik melakukan yoga ketawa, yaitu misi perdamaian dunia. Tertawa merupakan bahasa perdamaian yang indah dan bersifat universal tanpa melihat kultur dan bahasa yang dibawanya. Yoga ketawa cepat berkembang karena pelaku yoga ketawa percaya bahwa tertawa adalah bentuk kasih saying murni dan persahabatan yang membawa perdamaian dunia. (dan)

BACA JUGA : Ini Caranya Agar Anda tidak Cepat Menopause

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes