5 Hal Yang Perlu Anda Lakukan Untuk Mengurangi Nyeri Punggung

Di artikel “Inikah Faktor Penyebab Nyeri Punggung Anda?” yang pernah dimuat sebelumnya, Anda telah mengetahui beberapa faktor yang menjadi penyebab nyeri punggung yang Anda alami. Nah, kali ini Anda akan mengetahui hal apa saja yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi keluhan nyeri punggung Anda.

Nyeri punggung merupakan keluhan yang hampir dirasakan oleh semua orang. Nyeri punggung biasanya terjadi setelah berolahraga atau tubuh berada dalam posisi yang kurang nyaman dalam waktu lama. Sebagian besar nyeri punggung hanya berlangsung singkat. Namun, jika Anda mengalami nyeri punggung dalam waktu yang lama, segera periksakan diri Anda ke dokter.
Dapatkan GCM Untuk Redakan Nyeri Punggung Anda Lebih Cepat DI SINI!
5 tips berikut dapat membantu Anda mengurangi keluhan nyeri punggung yang menyerang Anda.

  • Kurangi Berat Badan
    Kelebihan berat badan memang menjadi sumber banyak sekali penyakit. Salah satunya adalah nyeri punggung. Jika Anda sering mengalami nyeri punggung bisa jadi berat badan Anda adalah pemicunya. Oleh karena itu, mulailah untuk menjalankan program diet dan berolahraga secara teratur untuk membantu menurunkan berat badan Anda.
  • Kuatkan Otot Perut Anda
    Otot perut adalah pusat kekuatan tubuh Anda. Otot perut yang lemah dapat membuat keseimbangan tubuh Anda terganggu saat beraktivitas sehingga dapat menyebabkan nyeri punggung. Latihlah otot perut Anda untuk meningkatkan kekuatan bagian tengah tubuh Anda. Contoh latihan untuk perut Anda adalah, crunch, leg raise atau plank. Latihan kardio 30 menit sehari juga dapat membantu meningkatkan kekuatan otot perut dan pinggul Anda.
  • Tingkatkan Fleksibilitas Otot Kaki Dan Punggung Bagian Bawah
    Selain meningkatkan kekuatan otot perut, Anda juga harus menjaga fleksibilitas otot kaki dan punggung bagian bawah Anda. untuk menjaganya, Anda bisa melakukan latihan peregangan pada bagian hamstring, quadriceps dan otot di sekitar pinggul Anda. Latihan ini efektif untuk mengurangi risiko cedera dan nyeri punggung.
  • Perbaiki Posisi Tubuh Saat Beraktivitas
    Posisi yang salah ketika Anda duduk atau tidur merupakan penyebab terjadinya nyeri punggung. Biasanya nyeri punggung terjadi jika Anda bekerja terlalu lama di depan komputer. Lakukan peregangan di sela-sela Anda bekerja, agar otot Anda menjadi lebih rileks. Anda juga bisa menggunakan ergonomic chair untuk menghindari nyeri punggung.
  • Gunakan Bagian Tubuh Yang Tepat Saat Berlatih
    Saat Anda mengangkat beban, penting bagi Anda untuk tetap menjaga tulang punggung dalam posisi netral saat otot perut Anda menahan beban. Latihan crunch, leg raise dan plank yang sudah Anda lakukan baik untuk menjaga kekuatan otot perut Anda saat Anda berlatih beban, sehingga dapat mengurangi risiko nyeri punggung.

Pengobatan nyeri punggung sendiri sangat tergantung penyebabnya. Lain penyebab lain pula penanganannya. Oleh karena itu, konsultasikan kepada dokter Anda jika nyeri punggung Anda tidak kunjung membaik dalam waktu yang lama.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes