5 Makanan Untuk Bantu Atasi Tidur Mendengkur

Mendengkur atau biasa disebut juga dengan mengorok merupakan masalah yang umum terjadi. Namun demikian, jangan sepelekan gangguan tidur yang satu ini. Mendengkur bisa cukup berbahaya bagi kesehatan Anda. Selain Anda bisa jadi mudah lupa dan sulit berkonsentrasi, Anda juga bisa berisiko terserang berbagai penyakit mulai dari hipertensi, stroke hingga penyakit jantung. Nah, untuk menghindari itu, mulailah atasi tidur mendengkur Anda sekarang juga!


Berdasarkan penelitian, mendengkur lebih banyak terjadi pada pria dan juga pada mereka yang mengalami kelebihan berat badan. Untuk mengatasinya, memang sebaiknya ditentukan terlebih dahulu penyebabnya. Misalnya jika dengan menurunkan berat badan berlebih ataupun dengan mengubah posisi tidur dari terlentang menjadi miring. Namun demikian, beberapa makanan berikut ini dapat Anda pertimbangkan untuk membantu Anda meringankan gejala mendengkur Anda.

  1. Susu Kedelai
    Susu sapi dapat menjadi salah satu penyebab mendengkur, pada orang yang memiliki sensitivitas tinggi terhadap laktosa atau biasa dikenal dengan kondisi lactose intolerance. Untuk memasok protein dalam tubuh, susu kedelai murni merupakan alternatif yang baik.
  2. Madu
    Madu memiliki fungsi anti inflamasi dan anti mikroba. Bahkan Hippocrates, Bapak Kedokteran modern, beliau menyatakan bahwa madu efektif untuk menyembuhkan sariawan, luka serta pembengkakan dan peradangan di tenggorokan, sehingga akan mengurangi dengkuran saat Anda tidur. Madu akan mengurangi sesak di sekitar pangkal tenggorokan dan membuatnya rileks.
  3. Ikan
    Semua daging merah yang tinggi lemak jenuh menyebabkan sedikit tekanan pada pembuluh darah. Peradangan pembuluh darah yang terjadi di bagian-bagian tertentu dari hidung akan menyebabkan Anda mendengkur.
  4. Minyak Tak Jenuh
    Minyak seperti minyak zaitun, minyak canola, minyak biji bunga matahari dan sebagainya kaya akan asam lemak tak jenuh yang baik untuk meredakan peradangan. Memang tidak secara langsung mengurangi peradangan di hidung Anda, namun studi klinis menunjukkan bahwa konsumsi minyak canola maupun zaitun dapat meredakan peradangan dan pembengkakan pada tenggorokan.
  5. Teh
    Teh akan mengurangi penyumbatan dan penurunan produksi lendir. Teh chamomile atau teh hitam maupun teh hijau dengan lemon dan madu, dipercaya efektif dalam mengurangi mendengkur. Namun yang lebih baik untuk mengurangi dengkur adalah teh mint. Mint adalah dekongestan, itulah sebabnya mint banyak digunakan dalam dekongestan komersial. Mengatasi penyumbatan hidung Anda akan mengurangi mendengkur. Mengapa? Karena sumbatan seperti lendir akan menyumbat saluran hidung dan langit-langit tenggorokan, sehingga jalan udara pun terhambat.

Makanan di atas adalah beberapa makanan dan minuman yang menurut penelitian dapat membantu mengurangi gejala mendengkur. Selain itu, pastikan Anda juga memiliki kebiasaan yang baik seperti berhenti merokok dan konsumsi alkohol berlebih, tidur cukup dan teratur dan sebagainya. Selamat mencoba!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes