manfaat alpukat

5 Manfaat Alpukat Untuk Kesehatan Jantung

Alpukat kerap dianggap sebagai makanan yang sempurna karena sangat menyehatkan untuk tubuh, terutama untuk kesehatan jantung. Berikut ini beberapa alasan mengapa penting untuk mengkonsumsi alpukat.

manfaat alpukat

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Nutrition menemukan bahwa makan alpukat terkait dengan menurunkan berat badan, menurunkan BMI, dan lingkar pinggang. Yang mana, berat badan berlebih merupakan salah satu faktor risiko penyakit jantung dan diabetes.

Berikut ini beberapa alasan mengapa konsumsi alpukat baik untuk kesehatan jantung.

1. Alpukat Dapat Mengontrol Berat Badan

Salah satustudi yang dipublikasikan dalam Nutrition Journal menemukan bahwa orang dewasa yang kelebihan berat badan dan makan setengah buah alpukat saat makan siang mengalami penurunan 40% dalam keinginan untuk makan lagi selama tiga jam berikutnya. Efeknya bahkan berlangsung hingga 5 jam.

Inilah alasan mengapa alpukat dapat dijadikan sebagai alat manajemen berat badan karena lemak sehat. Makan alpukat dapat membuat seseorang merasa kenyang lebih lama.

2. Membantu Mengontrol Tekanan Darah

Alpukat kaya akan potasium (kalium). Kalium sangat penting untuk menjaga kesehatan ginjal, otot, dan juga tekanan darah. Dalam bebeapa penelitian menyebutkan bahwa meningkatkan asupan kalium dapat mengurangi tekanan darah pada penderita hipertensi.

3. Meningkatkan Kinerja Otak

Menariknya, beberapa penelitian menemukan bahwa tekanan darah tinggi meningkatkan risiko penurunan kognitif. Alpukat sendiri dapat menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat (LDL), meningkatkan kolesterol baik (HDL), melancarkan aliran darah yang sehat, dan mengurangi risiko stroke.

4. Alpukat Meningkatkan Kesehatan Jantung

Hasil penelitian mengatakan bahwa orang yang mengkonsumsi alpukat lebih sehat daripada mereka yang tidak memakan alpukat. Ini menunjukkan bahwa yang makan alpukat memiliki 50% risiko lebih rendah pada penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

Alpukat mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai beta-sitosterol, yaitu senyawa yang membantu menjaga kadar kolesterol sehat.

5. Mengontrol Gula Darah

Alpukat dapat membantu mengatasi resistensi insulin karena kandungan lemak tak jenuh tunggal (mono-saturated fat). Dengan demikian kandungan tersebut juga membantu untuk mengontrol tingkat gula dalam darah.

Selain itu kesehatan jantung, alpukat juga dapat menyehatkan kulit. Kandungan vitamin E dalam alpukat dapat melindungi kulit dari bahaya paparan sinar matahari dan membuat kulit tetap bercahaya. Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Jangan Minder, Ini Cara Tinggikan Badan Secara Alami!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes