5 Penghilang Stres di Tempat Kerja

Pekerjaan menumpuk merupakan salah satu penyebab stres yang sering kita alami setiap hari. Selain mengganggu produktivitas kerja, stres jangka panjang bisa mempengaruhi kesehatan fisik dan mental.

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan di tempat kerja untuk mengusir stres yang melanda, di antaranya:

  1. Latihan peregangan
    Di sela-sela pekerjaan, luangkan sedikit waktu untuk melakukan latihan peregangan. Latihan ini bisa Anda lakukan dari tempat duduk Anda. Seperti meregangkan kedua tangan ke atas, ke depan atau ke samping. Anda juga bisa meluruskan kedua kaki ke depan kemudian memutar pergelangan kaki secara bersamaan untuk melancarkan peredaran darah.
  2. Main games
    Tidak hanya meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah (problem solving), sebuah penelitian di Pennsylvania State University mengungkap bermain games dapat melepas stres dan melatih otak agar bisa bekerja dengan lebih tangkas.
  3. Mendengarkan musik
    Mendengarkan musik favorit bisa meningkatkan performa kerja hingga 10 persen. Para peneliti menduga, jenis musik tertentu yang sesuai dengan selera bisa mengaktifkan bagian otak yang merupakan pusat motivasi.
  4. Menonton video lucu
    Menurut sebuah penelitian di National University of Singapore, melihat koleksi video-video lucu di internet bisa memberikan manfaat ekstra yakni membangkitkan semangat dan merelaksasi tubuh dengan tertawa.
  5. Mengunyah permen karet
    Mengunyah permen karet saat ujian cenderung memperoleh nilai yang lebih tinggi dari rata-rata, ungkap sebuah penelitian di St Lawrence University. Hal yang sama juga bisa diterapkan di tempat kerja, misalnya dengan mengunyah permen 15-20 menit sebelum presentasi atau saat sibuk bekerja.

Yuk, kita tingkatkan produktivitas kerja dengan menyingkirkan stres di tempat kerja! (dan)

BACA JUGA : 5 Makanan Terbaik untuk Dikonsumsi Setelah Latihan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes