5 Perubahan Kecil untuk Perpanjang Usia

Semua orang dari berbagai kalangan pasti menginginkan masa hidup yang lebih panjang. Bahkan kalau mungkin, kita akan memilih untuk hidup selamanya.

5-Perubahan-Kecil-untuk-Perpanjang-Usia

Keinginan untuk hidup lebih lama terkadang hanya menjadi isapan jempol ketika kita hanya mengucapkannya di lisan saja tanpa membuat perubahan berarti dalam hidup.

Lantas perubahan apa saja yang bisa Anda lakukan agar bisa hidup lebih lama? Berikut 5 di antaranya:

Pilih Salad daripada Gorengan

Para peneliti dari Italia menemukan bahwa dengan mengonsumsi setidaknya 1 mangkuk kecil sayuran mentah setiap hari dapat membuat usia Anda dua tahun lebih panjang.

Kenapa harus mentah? Proses memasak yang kurang tepat dapat menghilangkan kandungan antioksidan dalam sayuran hingga 30 persen. Untuk mencukupi kebutuhan nutiris tubuh, isi roti lapis Anda dnegan paprika merah dan hijau yang telah dicincang, tambhakan brokoli dan wortel, masukkan ke dalam tas kerja Anda dengan sebungkus salad dressing.

Bersihkan Rumah

Para peneliti di University of Alabama menemukan bahwa dnegan menjaga BMI (Body Mass Index) di kisaran 25-35 dapat mengurangi masa hidup hingga 3 tahun akibat timbunan lemak yang terlalu tinggi. Jika Anda jarang berolahraga, cobalah agar tetap aktif dengan cara lain, seperti membersihkan rumah, berkebun dan lainnya.

Penelitian di Duke University menunjukkan bahwa 50 persen pria pemalas akan melakukan olahraga tiga kali seminggu bila pasangannya ikut berpartisipasi.

Nikmati Setoples Kacang

Ketika para peneliti dari Loma Linda University mengamati gaya hidup34.000 orang penganut Seventh-Day Adventists yang populasinya terkenal memiliki umur panjang, mereka menemukan bahwa sebagian penganut populasi ini mengunyah kacang setidaknya 5 hari dalam seminggu, dan mendapat penambahan usia rata-rata 2,9 tahun. So, buka setoples kacang dan dapatkan umur yang lebih panjang.

Jaga Persahabatan dengan Teman

Para peneliti di Australia menemukan bahwa mereka yang memiliki banyak teman rata-rata berusia 7 tahun lebih lama. Secara umum hubungan persahabatan akan memberikan dampak yang positif bagi kehidupan Anda, meski beberapa di antaranya memberikan efek sebaliknya. Manusia adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa orang lain. Jadi, perbanyak teman Anda dan jaga hubungan Anda dengan mereka.

Masih Ada Hidup Setelah Pensiun

Dalam satu penelitian yang dilakukan Yale University, orang-orang yang selalu berpikiran positif dalam menghadapi proses pensiun ternyata berpeluang hidup 7 tahun lebih lama ketimbang mereka yang tidak melakukan hal tersebut.

Untuk mengisi waktu luang setelah pensiun, pertimbangkan untuk melakukan berbagai kegiatan sosial yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat. Membuat diri Anda bermanfaat bagi orang lain akan memnberikan dampak positif dan menjadikan hidup Anda lebih berarti. (dan)

BACA JUGA : Jangan Tunggu Tahun Depan, Resolusi Sehat bisa Diraih Tiap Hari lho!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes