liburan natal

5 Tips Bikin Liburan Natal Anda Tetap Sehat dan Bugar

Musim liburan seperti saat perayaan natal dan tahun baru bisa saja mengganggu program fitnes Anda. Berikut tips menjaga tubuh Anda tetap sehat dan bugar saat liburan natal dan tahun baru.

Dua momen spesial setiap akhir tahun adalah perayaan Hari Raya Natal dan Tahun Baru.

Di tengah gemerlap kemeriahan Natal dan Tahun Baru, Anda sebaiknya tetap menjaga gaya hidup sehat yang telah Anda jalani sepanjang tahun ini.

Apa yang harus dilakukan agar kondisi tubuh Anda tetap sehat dan bugar selama menjalani liburan akhir tahun?
Langkah ini wajib Anda lakukan karena untuk mencegah agar berat badan Anda tidak meningkat secara drastis pasca liburan nanti.

Karena apabila terjadi, maka hasil yang telah Anda capai dengan susah payah di tahun ini akan segera luntur di awal tahun yang baru. Tentu hal ini tidak ingin terjadi pada Anda bukan?!

Selama melakoni liburan, mungkin Anda akan meninggalkan latihan rutin dan pola makan sehat. Banyak alasan di balik itu, entah terlalu sibuk dan tidak punya waktu untuk berlatih ataupun sederet hidangan lezat yang menggugah selera.

Tapi jika didukung dengan perencanaan yang baik, Anda tetap dapat melanjutkan program diet dan latihan Anda untuk meraih goal pembentukan tubuh ideal Anda serta mencegah kenaikan berat badan yang sangat umum terjadi setelah musim liburan.

Berikut ini 5 tips untuk membantu Anda tetap sehat dan bugar selama liburan natal:

1. Menjaga Pola Makan Selama Liburan Natal

liburan natal

Ketika liburan, Anda akan cukup sering melihat makanan dan minuman yang manis seperti kue kering dan sirup.

Apabila makanan dan minuman ini Anda konsumsi secara berlebihan pada saat liburan Natal atau Tahun Baru, bukan tidak mungkin akan menjadi bumerang bagi diet Anda.

Risiko pertama yang Anda dapat apabila dilakukan secara ‘frontal‘ meningkatkan kadar gula secara drastis sehingga berpotensi pada risiko diabetes.

Dan yang paling simple adalah kelebihan gula dalam tubuh berpotensi tinggi disimpan sebagai lemak. Akibatnya adalah berat badan Anda bisa bertambah selama liburan Natal.

Tak dapat dipungkiri bahwa liburan tak akan lengkap rasanya jika tidak diisi dengan makanan, apalagi saat merayakan Natal dan Tahun Baru. Jika memang Anda tidak bisa menghindari cheating, maka Anda bisa mulai dengan makan protein terlebih dahulu sehingga Anda akan merasa kenyang, baru kemudian makan makanan sumber karbohidrat di akhir.

Solusi terbaiknya adalah merayakan Natal dengan makanan-makanan yang sehat seperti perbanyak makan buah dan sayur-sayuran. Cara ini mungkin bisa Anda terapkan di keluarga Anda.

Sayur-sayuran dan buah-buahan diperkaya dengan multivitamin dan antioksidan yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Tak hanya itu, kandungan serat pada sayur dan buah-buahan juga bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan pencernaan Anda.

Apabila ingin diet Anda tetap lancar selama liburan natal dan tahun baru, sebaiknya Anda tetap menerapkan pola makan 5-6 kali dalam sehari, yakni 3 kali makan utama dan 2-3 kali ngemil sehat.

Pola makan tersebut dapat membantu Anda mengendalikan nafsu makan, sehingga Anda dapat terhindar dari mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang dihidangkan saat Natal.

Baca Juga: 5 Tips untuk Hindari Kenaikan Berat Badan saat Natal

2. Tetap Lakukan Latihan Saat Mengisi Liburan Natal dan Tahun Baru

liburan natal

Momen liburan Natal dan akhir tahun pastinya akan benar-benar Anda manfaatkan, baik itu bersama keluarga maupun teman-teman terdekat Anda.

Di tengah kesibukan liburan Anda, apakah Anda melewatkan latihan atau berolahraga?

Apa pun harinya, entah itu liburan atau hari biasa di mana Anda menjalankan aktivitas, olahraga adalah aktivitas wajib yang perlu Anda lakukan.

Tapi bagaimana cara meluangkan waktu latihan selama liburan?

Terkadang, aktivitas pada saat liburan justru lebih padat daripada hari biasanya. Untuk itulah, tetap bugar selama liburan adalah keharusan.

Agar Anda tetap sehat dan fit selama menjalani kesibukan liburan, Anda harus memiliki rencana latihan seperti apa yang akan Anda lakukan dan bagaimana Anda akan menghemat waktu latihan Anda.

• Dumbbell Rear Lunge

liburan natal

Latihan lain yang baik dilakukan saat liburan adalah dumbbell rear lunge. Latihan jenis ini biasanya dilakukan dengan melangkahkan kaki ke depan. Untuk latihan ini Anda diharuskan melangkahkan kaki ke belakang dengan kedua tangan menggenggam dumbbell.

Latihan ini berguna untuk meningkatkan kekuatan tubuh bagian bawah dan merangsang neuromuscular sistem seiring tubuh Anda menjaga keseimbangan saat melakukan latihan.

Anda tidak memerlukan banyak waktu untuk melakukan latihan ini, cukup lakukan 2 set dengan 8-12 repetisi tiap set.

• Bench Dips

liburan natal

Otot tricep Anda akan terlatih saat Anda melakukan push up. Namun, ada satu latihan lagi yang dapat memberikan efek fantastis bagi perkembangan otot tricep Anda, yaitu latihan bench dips.

Untuk melakukannya, gunakan 2 bench dan letakkan sejajar. Duduk pada salah satu bench dan letakkan tumit pada bench yang lainnya. Letakkan tangan pada bench di samping badan Anda, jari-jari mengarah keluar.

Gerakkan badan Anda ke atas dan ke bawah dan posisikan di depan bench. Lakukan 2-3 set dengan 6-8 repetisi tiap set.

• One Arm Dumbbell Row

liburan natal

Untuk melengkapi latihan Anda saat liburan, Anda perlu melakukan latihan yang berguna untuk meningkatkan kekuatan otot punggung dan bicep Anda.

One arm dumbbell row merupakan latihan yang tepat bagi Anda. Latihan ini merupakan latihan compound yang dapat melatih otot punggung dan bicep dalam waktu yang sama. Lakukan 2 set 10 repetisi pada masing-masing tangan Anda.

• Push Up

liburan natal

Tak perlu diragukan lagi, push up adalah gerakan umum dalam melatih otot lengan dan dada. Namun, gerakan push up yang monoton membuat sebagian orang merasa bosan melakukannya.

Tapi karena liburan, Anda akan memanfaatkan push up yang dikombinasikan dengan perabotan di sekeliling Anda, tentunya dapat membuat Anda lebih bersemangat.

Jika standar pushup tidak cukup menantang, Anda juga dapat melakukan variasi dengan push up miring dan menggunakan satu tangan. Hal itu tentunya akan memberikan warna baru bagi Anda. Lakukan 3 set, 10 repetisi untuk memaksimalkan otot dada dan lengan Anda.

3. Jaga Massa Otot dengan Latihan Superset dan Kardio

liburan natal

Agar tubuh Anda dapat membakar lemak selama 24 jam sehari, Anda harus menambah massa otot bebas lemak ke dalam tubuh Anda.

Super set adalah latihan yang sangat bagus, baik untuk Anda yang ingin bulking maupun untuk mendapatkan bentuk tubuh yang lebih atletis. Dan latihan ini juga bisa dilakukan baik oleh pria maupun wanita.

Ketika Anda menggabungkan set dalam latihan Anda, targetkan kelompok otot besar untuk mendapatkan pembakaran lemak dan pertumbuhan otot yang maksimal.

Contoh latihan bodyweight superset bisa Anda simak dalam artikel ‘Raih Otot dan Kekuatan Super dengan Bodyweight Superset!’

Membentuk otot dengan bentuk dan definisi otot yang tajam diperlukan untuk memberikan Anda penampilan fisik yang bagus. Setelah Anda menyelesaikan super set Anda, istirahatlah selama beberapa menit kemudian mulai latihan kardio Anda.

Sementara latihan kardio bisa Anda lakukan dalam berbagai bentuk olahraga. Jadikan latihan kardio juga sebagai kesempatan untuk mengisi kegiatan liburan yang menyenangkan.

Anda bisa bersepeda atau melakukan jogging bersama keluarga ataupun teman-teman Anda.

Latihan kardio yang dilakukan di luar ruangan ini bisa memberikan manfaat tambahan untuk Anda, seperti membuat pikiran Anda lebih fresh serta mendapatkan waktu berkualitas bersama orang-orang terdekat Anda.

Yang terpenting adalah tetap mempertahankan latihan secara teratur meski tengah menikmati liburan natal dan tahun baru untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar.

4. Jaga Tubuh Tetap Terhidrasi dengan Baik Selama Liburan Natal

liburan natal

Air minum sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh sehingga terhindar dari resiko dehidrasi.

Tubuh manusia terdiri dari 70 persen air. Untuk itu asupan cairan untuk tubuh Anda diperlukan demi menjaga fungsi organ-organ tubuh tetap maksimal. Termasuk ketika Anda menikmati masa liburan natal dan akhir tahun.

Dehidrasi atau kehilangan cairan tubuh dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan berbagai gangguan fungsi tubuh.
Kekuatan otot dapat menurun, kinerja mental yang buruk, lesu, dan sakit kepala adalah beberapa dampak yang diakibatkan oleh dehidrasi.

Pastinya jika itu terjadi maka akan dapat mengganggu kebugaran dan kesehatan tubuh Anda selama liburan.

Daripada memilih soft drink, sirup, punch, atau minuman manis dan berkalori tinggi lainnya, lebih baik perbanyak minum air putih yang lebih sehat dan menyegarkan.

Kenapa menghindari alkohol?

Jika Anda tengah melakukan program diet, sebaiknya menghindari minuman alkohol ketika liburan.

American Journal of Clinical Research menyebut bahwa minuman ini dapat meningkatkan kadar ghrelin atau hormon yang membuat Anda merasa cepat lapar. Semakin sering Anda merasa lapar, potensi untuk binge eating juga akan semakin meningkat dan bisa menggagalkan program diet Anda.

Jadi, jangan sampai tubuh Anda kekurangan cairan ya jika tidak ingin terganggu waktu liburan Anda.

5. Tambahkan Suplementasi untuk Jaga Daya Tahan Tubuh

liburan natal

Pasti, Anda akan merasa sangat sibuk saat liburan. Jalan-jalan keliling kota yang dikunjungi, menikmati pemandangan alam, atau sekedar bermain bersama keluarga atau teman Anda.

Tentu, berbagai kegiatan tersebut bisa menurunkan daya tahan tubuh Anda.

Belum lagi ditambah dengan kondisi cuaca yang tidak menentu seperti sekarang, apabila daya tahan tubuh Anda rendah maka Anda akan sangat rentan dengan berbagai penyakit seperti flu.

Kebutuhan vitamin seperti vitamin C sangat Anda butuhkan dikala aktivitas yang padat.

Anda mungkin pernah mendengar bahwa sebaiknya Anda meningkatkan asupan vitamin C Anda agar daya tahan tubuh Anda terjaga.

Benar, vitamin C merupakan antioksidan kuat yang bekerja untuk melindungi sel-sel otot Anda dari radikal bebas yang merusak.

Selain itu, Vitamin C seperti dari Ultimate Nutrition juga membantu dalam pembentukan hormon testosteron dan hormon anabolik lainnya.

Vitamin C juga membantu dalam pembentukan kolagen, yang merupakan pembentuk utama dari jaringan ikat. Ini berarti vitamin C juga menjadi komponen penting dalam menjaga tulang dan otot Anda bebas dari cedera.

So, sudah siap untuk menikmati liburan Natal dan akhir tahun menjadi lebih sehat?

Selamat Merayakan Hari Raya Natal 2016

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes