kembali latihan setelah cedera

5 Trik Kembali Latihan Setelah Cedera

Cedera merupakan salah satu kendala yang bisa membuat hasil latihan menurun. Namun bukan berarti Anda harus terus latihan saat cedera, karena tubuh perlu istirahat agar pulih dari cedera.

kembali latihan setelah cedera

Yang menjadi pertanyaan adalah, bagaimana memulai latihan setelah pulih dari cedera. Nah, agar Anda bisa kembali latihan pasca cedera, berikut trik yang bisa Anda coba untuk memulai kembali latihan Anda.

Penuhi Nutrisinya

Mengapa nutrisi menjadi poin pertama yang perlu diperhatikan? Pemulihan tubuh bisa memakan waktu 1-2 minggu bahkan bulanan. Namun waktu yang lama tersebut bisa Anda percepat jika kebutuhan nutrisi tubuh terpenuhi.

Pemulihan tubuh banyak bergantung pada aliran darah, semakin baik suplai darah ke bagian tubuh yang mengalami cedera, maka semakin banyak pula oksigen dan nutrisi yang disalurkan untuk mempercepat pemulihan.

Pastikan juga Anda banyak minum jus buah segar dan organik yang diperkaya dengan berbagai vitamin dan mineral untuk mempercepat pemulihan.

Pemanasan

Pemanasan akan membuat otot-otot Anda lebih hangat yang berarti otot-otot itu akan menjadi lebih fleksibel. Fleksibel berarti otot yang hangat dapat bergerak lebih mudah dan sangat kecil kemungkinannya untuk mengalami kerusakan, ketegangan atau cedera yang menyakitkan. Ketika Anda beralih ke aktivitas dengan intensitas yang lebih tinggi atau melakukan latihan keras, Anda secara drastis akan menarik otot atau mencederai diri sendiri.

Durasi pemanasan akan berbeda antara satu orang dengan orang lain, dan antara satu aktivitas dengan aktivitas lainnya. Anda harus rasakan detak jantung dan kerja otot-otot Anda melalui gerakan yang lebih fleksibel sebelum Anda benar-benar meningkatkan intensitas latihan.

Latihan dengan Beban yang Ringan

Sebaiknya pilih beban yang ringan lebih dulu, jangan terburu-buru menggunakan beban berat meski Anda sudah merasa pulih. Terutama jika Anda melibatkan bagian otot yang baru saja cedera.

Beban ringan dengan repetisi lebih banyak dapat merangsang kembali aktivitas sel pada bagian tubuh cedera sehingga bisa mempersiapkan diri untuk latihan yang lebih berat selanjutnya.

Teknik RICE

Gunakan rumus R.I.C.E saat memulai latihan pertama kali pasca cedera, yaitu:

  • Rest
    Istirahatkan lebih sering daerah yang mengalami cedera saat latihan. Jangan memaksanya terlalu keras.
  • Ice
    Berikan kompres es pada bagian tubuh yang mengalami cedera 10-15 menit setelah latihan agar tidak mengalami nyeri otot.
  • Compress
    Bila terasa sakit usai latihan, sebaiknya berikan balutan pada bagian yang cedera agar tidak terjadi pembengkakan. Jangan membalut terlalu kuat agar aliran darah lancar.
  • Elevate
    Setelah latihan, tinggikan bagian tubuh yang cedera (lebih tinggi dari jantung). misalnya cedera pada otot kaki maka angkatlah kaki dan sandarkan pada permukaan yang lebih tinggi. Ini akan mengurangi nyeri dan pembengkakan pada daerah yang cedera.

Gunakan Teknik yang Tepat

Mungkin cedera yang Anda alami sebelumnya terjadi akibat gerakan yang kurang sempurna atau teknik yang kurang tepat. Kini, mintalah bantuan personal training atau bacalah petunjuk bagaimana cara melakukan latihan dengan teknik yang tepat dan aman.

Sekarang Anda telah mengetahui bagaimana trik latihan setelah cedera. Jika cedera yang Anda alami tidak mengalami tanda-tanda pemulihan setelah berminggu-minggu atau lebih dari itu, segera hubungi dokter atau ahli fisioterapis. (dan)

BACA JUGA : Hindari Cedera Lari Dengan Stretching

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes