6 Langkah Praktis Mengatasi Insomnia

Insomnia merupakan gangguan tidur yang umumnya dialami oleh orang dewasa. Insomnia bukanlah penyakit, melainkan gejala yang timbul akibat dari beberapa faktor seperti fisik, psikis, dan kebiasaan. Ada beberapa indikasi gejala insomnia seperti mata sulit terpejam, terbangun beberapa kali, bahkan bangun terlalu cepat.


Kekurangan tidur akibat insomnia berdampak pada banyak hal, mulai dari gangguan konsentrasi hingga meningkatkan risiko serangan jantung. Oleh Karena itu, diperlukan cara-cara yang tepat untuk mengatasi insomnia Anda , antara lain:

  1. Hindari Tidur Siang
    Cara pertama untuk mengatasi insomnia adalah, jangan tidur siang terlalu lama. Penelitian di tahun 2008 menunjukkan bahwa tidur siang 45 menit bisa meningkatkan fungsi memori, menurunkan tekanan darah dan meredakan stres. Namun, untuk orang-orang yang menderita gangguan tidur seperti insomnia, tidur siang justru akan membuat Anda sulit tidur di malam hari.
  2. Matikan Lampu Kamar
    Retina memiliki banyak sel yang peka terhadap cahaya, yaitu sel-sel yang merasakan cahaya dan mengirimkan sinyal ke otak untuk memberi petunjuk apakah hari masih siang atau sudah malam. Lampu yang ada di dalam kamar akan memancarkan sinar yang dengan cepat diserap oleh sel-sel peka cahaya di retina. Sel-sel ini akan mengirim sinyal ke otak dan menyampaikan pesan bahwa hari masih terang atau siang.
  3. Tempatkan Bantal Di Antara Kaki Anda
    Tak jarang saat bangun tidur, punggung mengalami sakit. Sekalipun bukan gejala yang parah, namun hal ini dapat mengganggu kenyamanan Anda saat tidur. Untuk tidur lebih berkualitas, letakkan bantal di kepala dan di antara kedua lutut. Bila perlu, tambahkan gulungan handuk di bawah pinggang. Cara ini akan membantu meredakan ketegangan pada sendi tulang belakang dan mempertahankan kontur normal tulang Anda.
  4. Gunakan Bantal Yang Tepat
    Gunakan bantal yang memiliki tekstur yang baik dan sesuai dengan lekuk tubuh atau kepala Anda. Menggunakan jenis bantal yang tepat akan membantu Anda mendapatkan tidur yang lebih berkualitas dan terbebas dari sakit leher ataupun pegal-pegal saat bangun tidur.
  5. Rajin Berolahraga
    Bagi Anda yang mengalami susah tidur di malam hari, olahraga secara teratur bisa menjadi solusi alami bagi Anda. Penelitian menyebutkan bahwa melakukan latihan atau aktivitas fisik secara teratur ternyata dapat membantu seseorang untuk tidur lebih nyenyak di malam hari dan tetap bugar di siang hari. Hal ini dapat terjadi karena, ketika Anda membakar lebih banyak kalori saat latihan, pada malam hari tubuh Anda akan memberikan isyarat untuk beristirahat, berupa kantuk. Yoga dan Tai Chi adalah olahraga yang dianjurkan jika Anda mengalami susah tidur.
  6. Jangan Merokok
    Nikotin yang terkandung dalam rokok bisa menjadi faktor risiko untuk gangguan tidur berbahaya yang dikenal sebagai obstructive sleep apnea (OSA) atau penyumbatan aliran pernapasan. Menurut Mayo Clinic, perokok tiga kali lebih mungkin menderita OSA dibandingkan orang yang tidak pernah merokok. Mendengkur sangat keras dan bangun terengah-engah adalah dua gejala umum OSA, yang jika tidak ditangani dapat menyebabkan hipertensi, gagal jantung dan kematian dini.

Semoga tips mengatasi insomnia di atas dapat membantu Anda mendapatkan tidur berkualitas untuk kesehatan dan kebugaran tubuh Anda.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes