aromaterapi pereda stres

7 Aromaterapi yang Akan Redakan Stres Anda

Aktivitas yang tinggi dan tekanan yang begitu besar dalam pekerjaan seringkali membuat Anda stres. Stres ini bisa berdampak pada menurunnya performa dan produktifitas kerja.

aromaterapi pereda stres

Berbagai cara dapat di tempuh untuk meredakan stres. Seperti melakukan latihan pernapasan dan peregangan. Nah, kali ini ada cara yang lebih unik untuk mengatasi stres di tempat kerja Anda, yaitu dengan aromaterapi.

Ada berbagai macam aroma yang bisa membantu meredakan stres Anda saat bekerja, di antaranya:

  1. Kayu Cendana
    Aroma kayu cendana dapat mengurangi kecemasan dan ketegangan berlebih. Keharumannya dapat digunakan sebagai sarana meditasi untuk mengurangi stres. Minyak yang diekstrak dari kayu cendana sering dijadikan sebagai aromaterapi dan mampu memberi ketenangan dan kedamaian pikiran.
  2. Pepermint
    Tambahkan beberapa tetes minyak pepermint pada permukaan handuk hangat (handuk yang telah direndam di air panas) dan ditempatkan di dahi dan leher Anda. Kemudian tarik napas Anda dalam-dalam dan Anda akan merasakan sensasi segar untuk redakan sakit kepala dan depresi Anda.
  3. Neroli
    Penghilang stres yang tidak hanya melepaskan ketegangan tapi juga mengatasi kelelahan pikiran karena suasana kantor yang hectic. Minyak Neroli juga bisa meningkatkan konsentrasi. Tuangkan dua atau tiga tetes minyak Neroli di cotton bud atau tissue, bungkug dalam kantung tipis dan tempatkan di meja kerja Anda.
  4. Marjoram
    Tanaman ini merupakan herbal yang sangat populer. Banyak dibudidayakan di negara-negara Mediterania dan juga Asia. Untuk mengatasi mual, oleskan minyak ekstrak marjoram ke perut dan dada Anda dengan gerakan melingkar.
  5. Chamomile
    Tanaman ini tumbuh di seluruh wilayah Eropa dan wilayah Asia yang memiliki 4 musim. Tanaman ini dapat tumbuh setinggi 15 sampai 60 cm. Sama seperti marjoram, tanaman herbal ini juga populer digunakan untuk meredakan stres, terutama serangan panik. Caranya, teteskan minyak ektrak chamomile ke telapak tangan Anda, dan hiruplah secara perlahan kemudian hembuskan melalui mulut Anda. Kombinasi latihan pernapasan dan aroma chamomile akan menenangkan Anda dari serangan panik yang menekan.
  6. Lavender
    Sejak 2.500 tahun lalu, bunga lavender berwarna ungu sudah dimanfaatkan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti parfum dan anti nyamuk. Anda bisa mencampurkan minyak lavender atau bunga lavender yang sudah dikeringkan ke dalam bak mandi untuk mandi berendam atau mengoleskannya ke kulit sebelum mandi. Bila hanya ingin mengambil wanginya, nyalakan lilin aromaterapi dengan wangi lavender dalam ruangan Anda.
  7. Basil
    Minyak basil ideal untuk melawan mood negatif dan lelah pikiran. Penggunaan yang teratur bisa membuat konsentrasi lebih baik, pikiran lebih jernih dan meningkatkan antusiasme kerja. Agar hasilnya maksimal, rendam handuk dalam air yang sudah ditetesi minyak basil. Gunakan handuk tersebut untuk mengelap tangan, kaki, leher dan wajah sebelum tidur. Anda juga bisa mengoleskannya sedikit di belakang telinga untuk efek lebih relaks.

Anda juga bisa menggabungkan aromaterapi ini dengan terapi pijat untuk melancarkan kembali peredaran darah Anda dan membuat tubuh Anda kembali segar.

Selamat mencoba. (dan)

BACA JUGA : HIDUP SEHAT SETIAP HARI DENGAN SEMANGAT 14/7

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes