7 Hari Bebaskan Tubuh dari Racun

Sadar atau tidak, ada beberapa racun yang masuk ke dalam tubuh lewat makanan yang kita konsumsi dan udara yang kita hirup. Tidak semua makanan yang terlihat bersih bebas dari racun. Meski racun yang masuk mungkin tidak sebesar yang Anda kira, namun dalam jangka panjang kondisi ini bisa mempengaruhi kesehatan.

7-hari-bebaskan-tubuh-dari-racun

Lantas apa yang bisa kita lakukan untuk mencegah hal ini terjadi. Berikut 7 hari cara membebaskan tubuh Anda dari serangan racun.

Hari I : Jangan Berhenti Mendadak

Menyetop rokok dan minuman beralkohol secara mendadak dan bersamaan justru meningkatkan kadar stres pada tubuh Anda. Karena itu, sebagai langkah awal, kurangi rokok dan minuman beralkohol setengah dari yang biasa Anda konsumsi, sampai pada akhirnya Anda benar-benar bisa menghentikan semua kebiasaan tidak sehat tersebut.

Hari II: Telan Bakteri Baik

Racun dapat diproduksi oleh bakteri jahat yang terdapat dalam makanan, hingga mengganggu dan merusak saluran pencernaan. Untuk mengatasinya, teguklah minuman probiotik. Bakteri hidup yang terkandung di dalamnya dapat mengalahkan bakteri jahat dan melancarkan proses pencernaan.

Hari III: Menu Tradisional

Jangan bosan makan tempe. Modifikasi cara mengolahnya jika Anda mulai bosan dengan tempe. Tempe mengandung zat yang bersifat hipokolesteroltemik, Omega 3 , serta antioksidan pelawan kanker.

Tempe dibuat dari kacang kedelai yang difermentasikan dengan jamur Rhizopus oligosporus. Menurut penelitian terbaru, kandungan gizi tempe disejajarkan dengan kandungan gizi yang ada pada yogurt. Tempe merupakan sumber protein nabati. Mengandung serat pangan, kalsium, vitamin B dan zat besi. Kandungan antibiotika dan antioksidan di dalamnya dapat menyembuhkan infeksi serta mencegah penyakit degeneratif.

Dalam 100 gram tempe mengandung protein 20,8 gram, lemak 8,8 gram, serat 1,4 gram, kalsium 155 miligram, fosfor 326 miligram, zat besi 4 miligram, vitamin B1 0,19 miligram, karoten 34 mikrogram.

Hari IV: Sayangi Hati Anda

Hati (liver) adalah organ terpenting yang memproses racun dalam tubuh. karena itu, tingkatkan kadar glutathione Anda dengan mengonsumsi lipoic acid. Perbanyak konsumsi brokoli dan kol serta buah-buahan berwarna biru gelap seperti bluberi dan anggur.

Hari V: Memblender Jadikan Hobi

Memblender sayur dan buah-buahan segar bisa menjadi hobi baru yang menyehatkan. Blender semua buah kesukaan Anda menjadi minuman menyegarkan. Mangga mengandung vitamin B6 yang berperan penting bagi kesehatan darah dan merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh. Sedangkan kandungan L-citrulline dalam jus semangka dapat mempercepat proses penghapusan asam laktat yang diketahui dapat menyebabkan rasa panas pada otot dan menimbulkan rasa nyeri.

Bahkan mengonsumsi jus jeruk setiap hari dapat mengurangi perkembangan batu ginjal. Kandungan serat dalam jus jeruk juga membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. Jus jeruk mengandung gula alami dan fruktosa yang mengontrol kadar gula darah meningkat setelah makan. Ayo, jadikan memblender sebagai hobi baru Anda.

Hari VI: Buang Racun dengan Olahraga

Olahraga dapat melepaskan racun tubuh melalui keringat. Membakar racun yang menumpuk dalam lemak dan bonusnya, tubuh menjadi lebih kuat dan berenergi. Sediakan waktu minimal 30 menit setiap hari untuk berolahraga. Ada berbagai pilihan olahraga yang sesuai dengan minat Anda. So, tinggalkan sofa dan pilih latihan Anda.

Hari VII: Sehat ala Popeye

Seduhan daun bayam saja ternyata sudah dapat mengurangi kadar alkohol dalam tubuh. Karena itu metode pengobatan tradisional China sering menggunakan daun bayam sebagai obat “anti mabuk” bagi orang-orang yang kecanduan alkohol. Masaklah semangkuk sayur bayam dan jadikan hidangan makan siang Anda hari ini. (dan)

BACA JUGA : 7 MAKANAN PENAMBAH USIA DI DAPUR ANDA

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes