penyakit diabetes

8 Mitos dan Fakta Tentang Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang saat ini banyak dialami oleh orang di berbagai negara. Tak jarang, diabetes menjadi penyakit yang ditakuti karena mitosnya. Berikut mitos dan fakta mengenai diabetes.

fakta diabetes

Di Indonesia, diabetes juga sering disebut sebagai penyakit kencing manis. Penyakit ini diakibatkan tidak berproduksinya hormon insulin atau tidak dapat digunakan dengan baik. Untuk saat ini, di Indonesia saja diabetes telah menyerang 9,1 juta penduduk.

Kebiasaan atau gaya hidup yang tidak sehat serta obesitas menjadi penyebab utama diabetes tipe 2. Namun, beberapa orang juga takut dengan penyakit ini karena memiliki sejumlah mitos.

Nah, berikut ini kami tampilkan beberapa mitos dan fakta mengenai diabetes.

1.Mitos: Memakan makanan pahit akan mengurangi gula darah.
Fakta: Mengonsumsi makanan yang pahit seperti labu pahit atau karela, tidak akan mengurangi gula darah karena glukosa berasal dari makanan yang kaya karbohidrat, meskipun rasanya tidak manis. a michael kors watch purse

2.Mitos: Penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi semua jenis makanan manis.
Fakta: Penderita diabetes biasanya menghilangkan gula dalam makanan. Namun, pengganti gula dapat menggunakan dalam dua bentuk, gula fruktosa (buah-buahan) dan pemanis buatan.

3.Mitos: Penderita diabetes tidak bisa mengonsumsi buah-buahan.
Fakta: Penderita diabetes dapat mengkonsumsi buah-buahan yang mengandung serat dan gula fruktosa. Karena kandungan serat dari buah-buahan, fruktosa dilepaskan perlahan ke dalam darah dan tubuh kita dapat memanfaatkan fruktosa tanpa insulin. Namun, jus buah tidak dianjurkan karena tidak mengandung serat. (Buah-buahan seperti pisang, mangga, anggur, tebu tidak dianjurkan.)

4. Mitos: Semua pemanis buatan aman dikonsumsi.
Fakta: Banyak pemanis buatan mengandung zat yang disebut aspartam, nfl jerseys reddit for sale near me yang merupakan pemanis baik untuk minuman dingin dan umum digunakan dalam banyak produk makanan. Namun, manisnya bisa hilang pada suhu panas. Misalnya, untuk mempermanis satu cangkir teh panas atau kopi kita perlu lebih banyak aspartam dibanding untuk mempermanis satu cangkir air biasa atau dingin. Jadi berhati-hati dalam penggunaannya. Mengkonsumsi aspartam sebagai pemanis dapat mempengaruhi fungsi normal otak. Wanita hamil, anak-anak dan pasien dengan penyakit liver kronis harus menghindari penggunaan kelebihan aspartam. Pilih pemanis buatan yang terbuat dari sucralose, yang lebih aman dan lebih stabil dalam kondisi panas dan dingin.

5. Mitos: Penderita diabetes harus menahan diri untuk makan di luar.
Fakta: Penderita diabetes tetap bisa makan di luar atau restoran, selama makanan masih higienis.

6. Mitos: Penderita diabetes sebaiknya tidak makan nasi putih.
Fakta: Penderita diabetes dapat mengkonsumsi beras, tetapi jumlahnya tergantung pada sifat dan tingkat diabetes yang dialami.

7. nfl jerseys all teams alibaba Mitos: Penderita diabetes tidak perlu operasi bariatrik
Fakta: Operasi bariatrik dianjurkan kepada seseorang dengan berat badan yang berlebih dan juga mereka yang menderita diabetes, nyeri sendi, menstruasi yang tidak teratur, infertilitas, masalah pernapasan seperti asma, sleep apnea dll.

8. Mitos: Penderita diabetes perlu menurunkan berat badan dengan cepat.
Fakta: Obesitas dan diabetes adalah dua sisi yang sama. Orang obesitas disarankan untuk kehilangan sekitar dua kilogram per bulan. Namun, penurunan berat badan secara tiba-tiba melalui diet ketat juga tidak dianjurkan.

Semoga bermanfaat. (toi/ctr)

BACA JUGA: Hari Diabetes Dunia, Saatnya Lakukan Pola Hidup Sehat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes