8 Tip Agar Tetap Sehat saat Berpuasa

Selama bulan Ramadhan, umat Islam menjaga diri dari makanan, minuman, dan hal lain yang dapat membatalkan ibadah puasa. Menjaga kebugaran tubuh selama bulan puasa juga sangat penting bagi Anda yang bekerja secara rutin.

Ingin tetap fit dan sehat selama berpuasa? Yuk, ikuti 6 tip berikut ini:

  1. Makan makanan yang sehat
    Kurma dan air adalah pilihan terbaik untuk berbuka. Yang pertama, kedua sajian itu merupakan sumber yang sangat baik untuk energi, kalium dan magnesium. Sementara yang kedua, sajian tersebut penting untuk mengganti cairan yang hilang.
  2. Jangan sampai dehidrasi
    USahakan minum setidaknya 10 gelas cairan, terutama air, dari berbuka puasa sampai sahur setiap harinya.
  3. Makan dengan baik
    Mengonsumsi makanan yang kaya serat bisa menyediakan tubuh Anda dengan sumber energi berkelanjutan yang dicerna secara perlahan. Makanan berserat juga bisa menangkal sakit kepala dan sembelit, yang diketahui efek samping umum dari puasa.
  4. Minuman yang sehat
    Hindari meminum kopi dan soda karena bisa buat Anda sulit tidur dan menimbun banyak lemak. Ganti kedua minuman tersebut dengan air mineral dan jus buah.
  5. Mengontrol berat badan Anda
    Berlatihlah mengontrol porsi makan dan menghindari lemak, seperti gorengan, karena mengandung energi padat (energy dense) dan dapat menyebabkan rasa mulas dan sendawa.
  6. Rajin Berolahraga
    Tetaplah pada latihan rutin yang biasa Anda lakukan. Anda sebaiknya berolahraga setelah berbuka atau pagi hari sebelum sahur.
  7. Workout Smart
    Cobalah untuk merubah sesi olahraga Anda lebih intens dan kurangi durasi lebih pendek selama Ramadhan.
  8. Tidur yang cukup
    Cobalah untuk cukup tidur di malah hari. Jika tidur malam masih belum cukup, luangkan waktu 20-30 menit untuk melakukan power-nap di siang hari. Meski singkat, tidur ini bisa membantu memulihkan energi Anda.

Well,selamat berpuasa! (jay)

BACA JUGA : Tip dan Kiat Berpuasa bagi Penderita Maag

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes