8 Tips Sehat di Masa Kehamilan Anda

Memang, ketika hamil Anda akan banyak dilarang untuk melakukan aktivitas fisik dengan intensitas yang tinggi. Apalagi, jika kehamilan Anda adalah yang pertama. Bukan hanya suami, ibu mertua dan banyak orang akan mewanti-wanti Anda untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah.

Resize

Hal ini tentunya membuat Anda stress dan frustasi, dan hal itu justru akan memperburuk keadaan janin Anda. Ingat, Anda hanya dilarang untuk melakukan aktivitas berat yang dapat membahayakan janin. Itulah sebabnya, Anda masih dapat melakukan aktivitas fisik dengan intensitas yang lebih ringan. Jangan jadikan kehamilan Anda alasan untuk tidak berolahraga dan menerapkan pola hidup sehat.

Berikut adalah tips bagi Anda yang ingin tetap cantik dan sehat meskipun sedang dalam masa kehamilan.

1. Ikuti Saran Dokter

Ketika Anda memutuskan untuk menerapkan pola hidup sehat ketika dalam masa kehamilan, maka Anda perlu meminta saran dokter. Diskusikan hal ini dengan dokter kepercayaan Anda. Denganh begitu, Anda akan mendapatkan informasi-informasi terkait dengan masalah kesehatan pribadi Anda dan risikonya bagi Anda dan bayi Anda dalam bulan-bulan yang akan datang.

2. Tinggal di Zona Nyaman

Jika Anda berolahraga secara teratur, hal itu akan memudahkan Anda dalam proses persalinann nantinya. Namun, jika Anda tidak terbiasa berolahraga, maka Anda masih belum begitu terlambat untuk melakukannya. Bayi Anda pun pastinya juga akan berterima kasih untuk itu.

Tubuh Anda memproduksi hormon yang disebut relaxin selama masa kehamilan. Hormon ini berperan penting melembutkan sendi dan ligamen untuk membuat proses kelahiran menjadi mudah. Itulah sebabnya mengapa Anda dianjurkan untuk melakukan peregangan setelah Anda melakukan olahraga.

Perlu Anda ingat, ada seseorang yang hidup di dalam perut Anda. Sehingga, Anda lebih banyak membutuhkan oksigen dan energi. Itulah sebabnya, latihan perlu Anda lakukan untuk membuat nafas Anda menjadi lebih panjang. Namun tetap, Anda sangat dilarang untuk melakukan olahraga yang terlalu memaksa, sehingga dapat membahayakan janin Anda.

3. Memilih Latihan

Banyak orang mengatakan, ketika hamil, sebaiknya jangan melakukan olahraga yang dapat menyebabkan Anda mengalami cedera. Hal tersebut merupakan pantangan yang salah. Cedera dapat mengintai Anda kapanpun, bahkan saat Anda berjalanpun, ada kemungkinan Anda mengalami cedera. Hal itu tergantung pada kondisi tubuh Anda. Bagaimana menjaga kondisi tubuh, agar selalu fit dan prima? Kuncinya adalah olahraga.

Olahraga disini, bukan hanya diartikkan dengan kegiatan ekstrem seperti angkat beban dan olahraga menantang lainnya. Anda dapat melakukan olahraga yang cukup simpel, namun dapat bermanfaat banyak bagi tubuh Anda. Misalnya seperti bersepeda, berenang, yoga, senam pilates, dan menari. Hal itu dapat membuat tubuh Anda lebih sehat dan bugar.

4. Tetap Terhidrasi dan Pantau Suhu Tubuh Anda

Hidrasi selalu penting ketika Anda melakukan latihan. Bahkan, hal itu sangat menjadi penting ketika Anda sedang dalam masa kehamilan. Untuk menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik, minumlah segelas air ketika latihan, dan satu gelas air setiap 20 menit selama latihan. Bahkan, ketika Anda tidak merasa haus, tetaplah sering untuk minum air putih.

Bukan hanya itu, perhatikan pula suhu tubuh Anda. Panas tubuh dapat menyebabkan kelelahan dan masalah lainnya. Jika Anda memang mudah merasa panas, maka ketika berolahraga pakailah pakaian berbahan dasar kain yang dingin, sehingga hal tersebut dapat memungkinkan untuk mengatur suhu tubuh Anda.

5. Belajarlah Mengerti Tubuh Anda

Meskipun dokter telah memberikan informasi-informasi tentang berolahraga ketika sedang dalam masa kehamilan, namun jangan mengabaikan umpan balik dari tubuh Anda sendiri. Tubuh Anda lah yang merasakan segala dampak dari apa yang telah Anda lakukan. Untuk itu, ketika dokter menyarankan Anda untuk tetap berolahraga, namun ketika badan Anda sedikit kurang sehat, tetap saja Anda harus menghentikan aktivitas latihan Anda.

6. Konsumsi Sayuran dan Buah

Ketika sedang dalam masa kehamilan, maka Anda dituntut untuk memiliki asupan nutrisi yang lebih baik daripada biasanya. Buah-buahan dan sayuran merupakan solusi bagi Anda untuk memunuhi asupan nutrisi bagi tubuh Anda dan perkembangan janin Anda. Misalnya, dengan mengonsumsi pisang dan biji-bijian yang kaya akan vitamin B6, sehingga dapat mendorong pembentukan sel darah merah. Ada pula ubi jalar, yang banyak mengandung vitamin A untuk pertumbuhan tulang. Bayam dan salmon juga berperan penting dalam pemenuhan kalsium, sehingga membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang bayi Anda.

7. Latih Bagian Panggul

Dasar panggul adalah lapisan otot yang mendukung rahim, sehingga membantu Anda menjaga kontrol kandung kemih dan usus. Hal itu merupakan bagian yang sangat diperhatikan, dalam masa kehamilan Anda.

Lakukan latihan dasar panggul setiap hari, sehingga Anda akan menjaga punggung dan tulang belakang menjadi lebih kuat. Bukan hanya itu, Anda juga akan terhindar dari masalah dengan masalah kandung kemih dan usus yang sangat sering terjadi pasca melahirkan.

8. Istirahat yang Cukup dan Nikmati Kehamilan Anda

Bagaimanapun juga, istirahat yang cukup merupakan usaha terbaik utnuk mendapatkan tubuh yang sehat ketika masa kehamilan. Nikmatilah masa kehamilan Anda, karena pengalaman ini merupakan pengalaman yang paling indah. Di mana Anda tidak sabar untuk menantikan kelahiran buah hati Anda.

Bagaimana, tidak sabar untuk menanti kelahiran buah hati Anda? Semoga dalam proses kelahiran lancar, sehingga ibu dan bayinya sehat dan selamat. (gie)

BACA JUGA: 10 Langkah Menjadi Partner Sempurna Ketika Latihan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes