8 Trik Untuk Mendapatkan Gizi Tepat dan Seimbang

8 Trik Untuk Mendapatkan Gizi Tepat dan Seimbang

Empat Sehat Lima Sempurna, kalimat singkat yang ditanamkan sejak kecil sebagai pengingat bahwa tubuh memerlukan asupan gizi yang tepat dan seimbang agar tubuh berada dalam kondisi prima. Makanan bergizi seimbang ini juga sangat bermanfaat untuk membantu Anda mengontrol berat badan sekaligus memenuhi asupan gizi tubuh Anda.

Nah, untuk meningkatkan gizi seimbang Anda perlu melakukan hal-hal berikut ini, yaitu:

  1. Makan Lebih Sering. Perhatikan porsi makan Anda. Makanlah dengan porsi sedikit tetapi dengan intensitas yang lebih sering sehingga Anda selalu merasa kenyang. Hal ini juga membantu Anda mengelola berat badan.
  2. Ubah Ukuran Piring Makan. Kendalikan nafsu makan dan gunakan piring makan yang lebih kecil agar porsi makan menjadi lebih sedikit dan proporsional. Hal ini akan membuat pencernaan Anda menyerap nutrisi yang benar-benar dibutuhkan tubuh, tidak lebih dan juga tidak kurang.
  3. Makanan Berserat. Konsumsi makanan berserat seperti buah-buahan, sayuran segar, kacang-kacangan, gandum dan sereal untuk memenuhi kebutuhan serat sekaligus untuk memenuhi kebutuhan tubuh akan vitamin dan mineral.
  4. Makan Ikan. Konsumsi ikan minimal 3 kali seminggu seperti: salmon, nila, atau lele. Salmon mengandung asam lemak Omega 3 yang memiliki banyak manfaat bagi tubuh khususnya jantung dan otak.
  5. Konsumsi Tomat. Makan satu buah tomat segar setiap hari atau produk tomat olahan lainya seperti jus atau saos untuk mendapatkan antioksidan dari lycopene. Hal ini membantu Anda mengurangi risiko kanker prostat dan kanker lainnya.
  6. Hindari Makanan Ini. Untuk mengelola berat badan dan mendapatkan gizi yang tepat, Anda harus menghindari jenis makanan yang mengandung lemak jenuh, mengandung gula olahan seperti sirup jagung tinggi fruktosa. Produk ini membuat kadar gula darah tidak stabil dan menganggu kesehatan.
  7. Minum. Minum satu atau dua gelas air sebelum makan untuk membantu mengisi kekosongan perut sekaligus membuat porsi makan Anda berkurang. Hal ini sangat baik untuk mengelola dan menurunkan berat badan.
  8. Konsumsi Suplemen. Suplemen adalah pilihan tepat sebagai tambahan untuk melengkapi menu makanan Anda. Cobalah untuk mengkonsumsi suplemen vitamin dan mineral yang mengandung folat, vitamin D, kalsium, dan magnesium untuk kesehatan dan vitalitas tubuh secara menyeluruh. Bagi para vegetarian, bisa mengganti daging dengan konsumsi suplemen Omega-3 yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung.

Tidak ada salahnya untuk mencoba memulai sesuatu yang baru bukan? Cobalah untuk melakukan 8 aturan ini agar asupan nutrisi Anda lebih meningkat dan stabil.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes