Ada Riwayat Alergi Dingin? Atasi dengan Bahan Alami Ini

Salah satu alergi yang dikenal di kalangan masyarakat adalah alergi dingin. Alergi ini dapat meyerang siapa saja, terutama orang-orang yang berpotensi, terutama saat penderita mengalami keadaan perubahan suhu yang drastis.

Alergi dingin atau dalam istilah medis disebut urtikaria dingin adalah reaksi kulit pada dingin yang menyebabkan munculnya bilur yang terasa gatal dan kulit menjadi berwarna kemerahan.

Gejala alergi ini biasanya timbul pada kulit dan pernafasan. Untuk gejala yang ada di kulit, alergi dingin menyebabkan kulit kemerahan, bentol-bentol dan terasa sangat gatal. Bentol dan rasa gatal biasanya timbul di daerah yang terpapar dingin saja. Namun bisa juga timbul di bagian tubuh lainnya. Penyebabnya timbulnya alergi pada kulit ini adalah adanya pelepasan zat kimia yang disebut histamin.

Gejala Alergi Dingin

alergi dingin

Biasanya gejala muncul saat kulit terpapar air dingin atau cuaca dingin. Alergi dingin juga lebih berisiko muncul dalam kondisi yang berangin dan lembap. Berikut ini adalah beberapa gejala yang dapat terjadi:
• Saat memegang benda dingin, tangan terasa bengkak.
• Muncul bilur yang terasa gatal.
• Saat mengonsumsi makanan atau minuman dingin, bibir dan tenggorokan terasa bengkak.
• Kulit berwarna kemerahan.
• Seiring kulit menjadi lebih hangat, gejala bertambah parah.

Penyebab Alergi Dingin

alergi dingin

Reaksi alergi terjadi akibat pelepasan histamin dan zat kimia lain ke dalam aliran darah yang dipicu oleh cuaca dingin. Ada beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terkena alergi ini, yaitu:

• Penyakit dasar tertentu. Ada beberapa gangguan kesehatan atau penyakit, seperti kanker atau hepatitis yang meningkatkan risiko terkena alergi dingin.

• Infeksi. Mereka yang baru-baru saja terkena infeksi seperti pneumonia atau radang paru-paru lebih berisiko mengalami alergi dingin.

• Genetika. Ada anak yang mewarisi penyakit ini dari orang tuanya, namun hal ini sangat jarang terjadi.

Cara Mengatasi Alergi Dingin

alergi dingin

Alergi dingin bisa terjadi akibat cuaca ataupun makanan, sehingga gejalanya akan langsung terasa. Biasanya gejala yang sedang kambuh hanya bertahan sesaat, namun ada juga yang bisa bertahan lama terlebih pada saat cuaca sedang dingin, maka gejalanya bisa bertahan lama. Oleh sebab itu, berikut cara mengatasinya dengan bahan-bahan alami di bawah ini:

Temulawak
Anda bisa menggunakan air temulawak sebagai obat alergi Anda.

Jahe
Salah satu cara mengatasainya dengan menggunakan jahe. Sebab, jahe bisa mengeluarkan rasa hangat alami untuk mengatasi alergi yang sedang kambuh. Sehingga pada saat alergi muncul, minum air jahe hangat yang bisa dicampur dengan susu atau madu.

Daun Sirih
Anda juga bisa menggunakan daun sirih untuk mengatasi alergi dingin. Dauh sirih bisa menyembuhkan ataupun meredakan gejala dari alergi dingin. Cukup dengan rebus daun sirih bersama air, lalu balurkan ke seluruh tubuh Anda yang terkena alergi dingin.

Minyak kelapa
Saat mengalami alergi, kulit akan terdapat bentol-bentol merah yang gatal. Cukup oleskan minyak kepala ke tubuh yang terdapat bentol-bentol merah tersebut.

Rendamlah kaki anda dengan air panas
Ketika alergi anda kambuh segeralah rendam kaki anda dengan air hangat di baskom atau pancuran air hangat di kamar mandi. Karena air hangat yang merendam kaki anda akan membuat tubuh anda lebih hangat dan mengurangi rasa gatal dan bengkak karena alergi.

Selain menjaga diri dari semua hal yang bisa menyebabkan alergi Anda muncul, konsumsi nutrisi sangat dianjurkan. Jadi, proteksi diri tidak hanya terjadi di luar tubuh Anda saja, tapi juga terjadi di dalam tubuh. (zee)

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes