fasilitas umum menyimpan bakteri

Alasan Hindari Bersentuhan dengan Fasilitas Umum Ini!

Fasilitas umum memang sebagai sarana memudahkan banyak masyarakat dalam kesehariannya. Itulah sebabnya fasilitas umum begitu penting. Bahkan, indikator majunya sebuah negara juga dilihat dari fasilitas publiknya. Dengan demikian, fasilitas umum merupakan hal wajib yang harus dikembangkan dalam setiap negara.

Jendela bakteri

Memang, fasilitas umum ini dapat menunjang Anda dalam melakukan segala sesuatunya. Namun, setiap hal tentu mempunyai dampak positif dan negatif, baik secara langsung ataupun tidak. Tahukah Anda bahwa terdapat beberapa hal yang ada pada fasilitas umum dan Anda harus menghindarinya bersentuhan secara langsung? Mengapa begitu?

Berikut adalah alasan mengapa Anda harus menghindari bersentuhan dengan beberapa fasilitas umum berikut:

1. Pegangan Pada Tangga di Ruang Publik

Memang, setiap hal tentunya mempunyai risiko besar untuk menularkan bakteri ke dalam tubuh Anda. Namun diantara banyak hal, pegangan tangga di ruang publik menyumbangkan banyak bakteri yang berbahaya bagi tubuh Anda. Bayangkan, pegangan tangga di ruang publik telah secara bergantian dipegang oleh banyak orang. Tentunya dari banyaknya orang tersebut dapat membawa bakteri yang berbahaya bagi tubuh Anda. Meski tak bersentuhan langsung dengan orang yang dimaksud, namun melalui perantara pada pegangan tangga yang Anda pegang, setidaknya cukup membuat Anda berisiko penuh untuk tertular bakteri.

Untuk itu, hindari bersentuhan secara langsung dengan pegangan tangga di ruang publik. Pegangan tangga dibentuk agar Anda dapat berhati-hati ketika melangkah, Untuk itu ketika berjalan melalui tangga, perhatikan langkah Anda. Jika memang Anda takut tersandung ketika tidak memegang pegangan pada tangga, maka setelah memegang pegangan tersebut sterilkan tangan Anda dengan cairan antiseptik hal ini untuk membunuh bakteri yang sudah menempel di telapak tangan Anda.

2. Jika Tidak Terpaksa, Hindari Toilet Umum

Bahaya toilet duduk memang telah disinggung pada artikel DuniaFitnes.com sebelumnya. Oleh sebab itu, kali ini tidak akan dijelaskan secara panjang lebar. Toilet duduk yang terdapat pada fasilitas umum tentu saja memiliki dampak yang besar bagi kesehatan Anda. Ketika Anda menggunakan toilet duduk, mau tak mau Anda akan secara langsung paha Anda akan bersentuhan dengan toilet tersebut.

Nah, itulah yang membuat Anda tertular berbagai macam jenis bakteri yang menempel pada toilet tersebut. Kita tidak pernah tahu riwayat penyakit seseorang yang sebelumnya menggunakan toilet tersebut. Solusinya, gunakanlah toilet duduk pada fasilitas umum jika Anda benar-benar membutuhkannya. Untuk menghindari risiko bakteri yang ditularkan, sebelumnya Anda dapat mengelap alas duduk pada toilet tersebut menggunakan tisi yang sudah diberikan cairan antispetik. Jika Anda masih ragu, tidak ada salahnya dengan melapisi alas duduk pada closet tersebut menggunakan tisu.

3. Kursi Penumpang Transportasi Umum

Kursi penumpang yang ada pada transportasi umum juga berisiko besar menyumbangkan Anda bakteri yang berbahaya. Memang, ketika sedang berada di transportasi umum mustahil rasanya jika Anda harus mengelap kursi tersebut dengan cairan antiseptik. Hal tersebut akan membuat Anda menjadi pusat perhatian.

Tahukah Anda, bahwa spon pada kursi penumpang tersebut menyimpan banyak jenis bakteri. Bahkan bukan hanya bakteri, bisa saja di dalam spons kursi juga menyimpan parasit yang akan berbahaya jika parasit tersebut masuk melalui pori-pori kulit Anda.

Solusinya, sebisa mungkin ketika sampai di tempat tujuan ganti lah pakaian Anda dengan pakaian yang baru dan bersih. Kemudian cuci lah. Hal tersebut untuk berhjaga agar bakteri ataupun parasit tidak terbawa ke dalam rumah, sehingga mempengaruhi kesehatan keluarga Anda.

4. Sterilkan Telapak Tangan Setelah Pegang Uang

Memang, setiap transaksi akan menuntut Anda memegang uang. Itulah yang tidak dapat Anda hindari. Sudah bukan menjadi rahasia umum bahwa uang menyimpan banyak jenis bakteri berbahaya bagi kesehatan manusia. Hal ini dikarenakan, mata rantai uang yang telah kita pegang sebelumnya telah di pegang banyak orang dengan berbagai riwayat kesehatannya.

Sebagai rekomendasi, hindari bersentuhan langsung dengan uang jika Anda sedang tidak melakukan transaksi. Setelah Anda menyentuhnya, gunakan antiseptik di kedua tangan Anda untuk mensterilkannya.

5. Keyboard pada Komputer Umum (Warnet)

Sebagai masyarakat yang melek teknologi, tentunya kita tak bisa terpisah dari yang namanya komputer, leptop atau sejenisnya. Perkembangan teknologi tersebutlah yang aklhirnya membuat peluang usaha baru bagi banyak orang. Ya, warnet adalah bentuk dari peluang usaha tersebut. Namun, tahukah bahwa keyboard komputer yang ada di warnet ternyata banyak menyimpan bakteri?

Meski keyboard adalah benda yang dibuat dari bahan dasar plastik, namun pada sela-sela setiap tombol dapat menyimpan bakteri yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Solusinya masih sama dengan poin-poin di atas, yakni setelah mengetik menggunakan keyboard yangt ada pada warnet, gunakan cairan antiseptik untuk mematikan bakteri di telapak tangan Anda.

6. Membuka dengan Gagang Pintu

Benda pada fasilitas umum yang menyimpan banyak bakteri selanjutnya adalah gagang pintu. Masih sama dengan benda-benda sebelumnya, hal ini dikarenakan benda ini banyak dipegang oleh banyak orang.

Itulah sebabnya, setelah menyentuh gagang pintu pada pintu di ruang publik, gunakan cairan antiseptik pada kedua telapak tangan Anda.

Itulah yang harus Anda waspadai ketika sedang menggunakan fasilitas publik. Banyak jenis bakteri yang berbahaya bagi kesehatan Anda. Di antara banyaknya bakteri, salah satunya yang wajib Anda ketahui adalah bakteri Salomonella yang dapat menyebabkan penyakit pada organ pencernaan. Bukan hanya itu, jika sudah terinfeksi bakteri ini Anda akan terkena diare, keram perut, diare dan masih banyak lainnya. Seperti bakteri pada umumnya, bakteri ini tidak kasat mata jika dilihat dengan mata telanjang. Bahkan juga banyak di temui di dalam rumah yang terlihat bersih sekalipun.

Poin-poin di atas hanyalah cara mencegah Anda terkena bakteri berbahaya. Namun, sejatinya yang mempengaruhi kesehatan Anda tetaplah sistem kekebalan tubuh Anda. Jika sistem imun Anda lemah, maka Anda cepat terserang penyakit. Sebaliknya, jika sistem imun kuat, Anda pun akan kebal dari berbagai jenis bakteri yang menyebabkan masalah terhadap kesehatan Anda. (gie)

BACA JUGA: Terobosan Cepat Dapatkan Tubuh Langsing Menawan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes