manfaat cokelat

Alasan Mengapa Cokelat Baik Untuk Anda

Konsumsi terlalu banyak dari cokelat memang tidak baik dan berbahaya bagi kesehatan. Namun, ada manfaat luar biasa dengan mengonsumsi cokelat sesuai anjuran.

manfaat cokelat

Bagi sebagian besar dari kita, menolak cokelat pemberian dari seseorang sangatlah sulit dilakukan. Jadi, tidak salah memang jika Anda untuk menerimanya.

Studi Tentang Cokelat

manfaat cokelat

Kakao, sebagai bahan utama cokelat, mengandung antioksidan baik yang disebut flavanol. Ilmuwan dari Mars Bar HQ dan University of L’Aquila di Italia menemukan bahwa antioksidan ini dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Hal ini dapat melindungi sel-sel otak kita dari penuaan. Pada dasarnya, semakin tinggi kandungan kakau pada cokelat, semakin baik untuk Anda.

Pada studi tersebut melibatkan beberapa orang yang sehat dengan usia antara 50 hingga 69 tahun. Peserta diminta untuk makan cokelat dengan flavanol tinggi selama tiga bulan. Hasilnya, senyawa tersebut juga dapat dijadikan pilihan baru untuk pengobatan dan pencegahan kehilangan memori.

Dan berikut ini beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan mengonsumsi cokelat.

manfaat cokelat

Kekuatan Otak

Para ilmuwan yakin Anda bisa memiliki kekuatan otak Anda pada 20 tahun lalu, jika mengonsumsi cokelat yang kaya flavanol. Namun, jangan mengonsumsi berlebihan.

Kakao dalam bentuk mentah adalah bahan utama cokelat yang memberi manfaat bagi kesehatan. Agar lebih nikmat, campur dengan susu, gula, dan mentega.

“Semakin tinggi kandungan Kakao di cokelat Anda, semakin baik untuk Anda,” kata pakar cokelat Jennifer Earle dari Chocolate Ecstasy.

“Jika cokelat hitam terlalu kuat bagi Anda, campurkan dengan air panas dan madu, atau susu kacang. Itu akan memiliki rasa manis yang alami,” tambahnya seperti dilansir mirror.co.uk.

Mencegah Penuaan

Antioksidan yang juga ditemukan di beberapa buah dan sayuran, dapat membantu melawan radikal bebas yang jadi penyebab keriput.

Be Happy

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal ilmiah Nutritional Neuroscience menyarankan bahwa cokelat dapat meningkatkan mood serta mengurangi gejala depresi. Hal itu dikarenakan cokelat juga tinggi magnesium yang membantu relaksasi. Serta mengandung anandamide, yaitu neurotransimitter yang membantu mengatur suasana hati. Selain itu, cokelat juga dapat meningkatkan kadar endorpin di otak.

Menurunkan Kolesterol

Dengan rutin mengonsumsi cokelat kaya kakao, juga dapat membantu menurunkan kolesterol serta menurunkan tekanan darah. Ini dipengaruhi oleh flavanol dan sterol, yang mana keduanya dapat meningkatkan fleksibilitas pembuluh darah dan arteri.

Diet

Dengan mengonsumsi sedikit cokelat hitam dapat membantu Anda untuk mencegah mengonsumsi makanan yang sepertinya lezat untuk dimakan. Tentu, hal ini dapat melancarkan program diet Anda. Namun, ahli gizi menyarankan tetap harus berhati-hati dalam menggabungkan cokelat dengan diet sehat.

Itulah beberapa manfaat cokelat bagi kesehatan tubuh. Apakah Anda tertarik untuk memakan cokelat hari ini? (ctr)

BACA JUGA: Mengapa Pria Harus Doyan Cokelat? Ini Alasannya

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes