Anda Seorang “Pecandu Gula”? Coba Makanan Berikut!

Makanan diet untuk si pecandu gula

Hanya sedikit orang yang bisa menolak godaan makanan manis sebagai makanan pembuka ataupun makanan penutup meskipun sedang diet. Rasa manis memang merupakan sebuah rasa yang unik dan ternyata bisa menyebabkan kecanduan. Padahal gula dapat berdampak buruk bagi diet.

Mengkonsumsi makanan manis akan merangsang otak untuk melepaskan hormon serotonin yang membuat tubuh kita merasakan perasaan senang secara terus-menerus dan mendorong tubuh untuk mengkonsumsi lebih banyak rasa manis lagi dan lagi.

Makanan atau minuman manis biasanya dikemas dalam bentuk dan campuran rasa yang menggoda, contohnya coklat dan permen rasa buah. Tetapi, jangan terlalu terlena dengan nikmatnya rasa manis dalam diet. Ingatlah bahwa kadar gula yang tinggi dalam diet dapat meningkatkan risiko Anda terkena penyakit, salah satunya adalah diabetes. Anda harus mampu mengontrol keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis dengan mengalihkan diri pada alternatif yang lebih sehat, bergizi, dan rendah kalori seperti yang berikut ini:

  1. Yogurt Beku. Yogurt beku rendah lemak atau bebas lemak sangat baik sebagai pengganti gula dan krim dalam es krim.
  2. Popcorn. Jika Anda penggemar kue, coba masukkan popcorn yang kaya serat sebagai alternatif pengganti makanan manis berkalori tinggi.
  3. Buah. Ya, buah merupakan sumber rasa manis yang alami. Makan buah secara rutin dipercaya memiliki dampak yang baik untuk menurunkan risiko penyakit jantung. Konsumsi makanan dengan pemanis buatan disebutkan dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Jadi, sebaiknya Anda lebih memperbanyak asupan gula alami dari buah daripada gula olahan lainnya.
  4. Whipped Cream. Whipped cream yang terbuat dari susu lemak rendah atau susu skim cocok untuk menggantikan jenis krim lainnya yang mengandung lemak.
  5. Whey Protein. Whey protein adalah pilihan yang sehat untuk diet Anda. Kandungan proteinnya yang tinggi sangat baik untuk membantu diet Anda berjalan optimal. Selain itu, kandungan gula dalam whey protein biasanya rendah sehingga cocok bagi diet Anda.

Mulai sekarang cobalah untuk mengganti gula ataupun makanan manis dengan 5 pilihan alternatif dalam artikel ini agar Anda terhindar dari kecanduan rasa manis.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes