Apakah Anda termasuk Nomophobia?

Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa jauh dari ponsel, mungkin mulai sekarang Anda patut waspada. Rasa takut berlebihan saat berada jauh dari ponsel bisa jadi ini adalah gejala dari nomophobia!

Ketergantungan seseorang terhadap media komunikasi kian meningkat seiring perkembangan teknologi komunikasi yang mendukungnya. Ketergantungan ini terjadi karena kebutuhan informasi dan komunikasi yang makin berkembang.
Semakin canggih perkembangan teknologi, makin sulit bagi seseorang untuk melepaskan diri dari keberadaan ponsel atau gadget yang dimiliki.

Hampir di semua tempat, setiap orang sibuk dengan ponsel dan gadget mereka masing-masing. Bahkan mereka tidak mengindahkan aktivitas sosial di sekitarnya.

Nomophobia adalah jenis fobia yang ditandai ketakutan berlebihan jika seseorang jauh dari ponselnya. Orang yang menderita nomophobia selalu hidup dalam kekhawatiran dan selalu was-was dalam meletakkan ponselnya, sehingga selalu membawanya kemana pun pergi.

Penderita nomophobia bahkan dapat memeriksa ponselnya hingga 34 kali sehari dan sering membawanya hingga ke toilet. Ketakutan tersebut termasuk dalam hal kehabisan baterai, melewatkan telepon atau sms, dan melewatkan informasi penting dari jejaring sosial.

Tim peneliti dari SecurEnvoy telah menemukan bahwa sekitar 66 persen dari pengguna ponsel mengalami nomophobia dengan tingkatan yang berbeda. Penelitian juga mengungkap bahwa wanita 70 persen lebih waspada dibanding pria yang hanya 61 persen saat menyimpan ponselnya.

Askmen melansir 4 gejala yang dapat dijadikan pertanda jika seseorang mengalami nomophobia, yaitu:

  1. Membawa ponsel kemana pun, bahkan ke kamar mandi
  2. Terobsesi memeriksa SMS, panggilan atau email
  3. Khawatir mematikan ponsel
  4. Sering men-charge baterei karena takut kehabisan

Nah, apakah Anda termasuk nomophobia? (dan)

BACA JUGA : Doyan Selingkuh Picu Kematian Dini!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes