Apakah Yoga Bisa Menurunkan Berat Badan?

Anda ingin menurunkan berat badan dan semua saran yang bisa Anda dapatkan dari teman-teman adalah bergabung ke sebuah tempat fitness dan bermulai mengangkat beban serta menyewa seorang personal trainer. Tetapi Anda mati-matian tidak mau mengangkat beban dan dari dulu Anda lebih tertarik dengan yoga. Apakah Anda masih bisa menurunkan berat badan?

Sesuai dengan tulisan saya Olahraga Apa yang membakar lemak di https://www.duniafitnes.com, saya menjelaskan bahwa apapun bentuknya, apabila aktivitas olahraga dilakukan dengan lama waktu yang cukup panjang serta intensitas menengah maka tubuh Anda akan membakar lemak sebagai tenaga. Yang dimaksud dengan intensitas menengah adalah apabila detak jantung Anda berdetak sebanyak 65% dari detak masimum Anda dengan rumus (220-umur) x 65% per menit serta Anda masih sanggup melakukan aktivitas sambil berbicara dan tidak ngos-ngosan.

Kalau Anda menyukai yoga, tenang saja, Anda masih bisa mencapai berat badan ideal karena yoga dilakukan dengan intensitas menengah. Usahakan lakukan latihan yoga pada pagi hari, dalam keadaan perut kosong. Dengan kondisi demikian, kadar gula di tubuh masih rendah setelah tidur selama kurang lebih delapan jam, sehingga aktivitas menengah seperti yoga akan membakar lemak tubuh kita sebagai tenaga. Tetapi jangan lupa bahwa setelah olahraga apapun, Anda wajib mengkonsumsi makanan secara lengkap, terutama kalau olahraga dilakukan pada pagi hari dalam perut kosong. Setelah olahraga Anda wajib untuk bersarapan sebelum melanjutkan ke aktivitas kerja sehari-hari Anda.

Bagaimana dengan olahraga lainnya seperti bersepeda, berenang, atau hiking? Yang perlu Anda perhatikan adalah apabila Anda melakukan olahraga ini pada waktu sore hari, berarti Anda sudah mengisi tubuh Anda dengan banyak makanan selama seharian, terutama karbohidrat. Sehingga kalau olahraga semua ini dilakukan pada sore hari maka tubuh Anda akan membakar karbohidrat dari makanan tersebut dan bukannya menggunakan cadangan tenaga berupa lemak. Untuk membakar lemak, Anda harus menghabiskan dulu karbohidrat ini karena karbohidrat adalah sumber tenaga utama. Lemak tidak akan dibakar kalau karbohidrat masih siap digunakan sebagai tenaga. Itulah mengapa sebaiknya untuk menurunkan berat badan, renang, bersepeda, dan yang lain-lain dilakukan pada waktu pagi hari dengan perut kosong.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes

19 thoughts on “Apakah Yoga Bisa Menurunkan Berat Badan?

  1. Oh jadi kalo mo turunin bb seharusnya OR pagi hari dlm perut kosong ya ko? akhirnya aq tahu kenapa bb gak turun2 meski udah fitness.

  2. lho, kalau angkat beban, harus ada isinya perutnya. (2 jam sebelumnya harus makan). Tetapi kalau itu aerobic, cardio, yoga pagi hari yang tidak mengangkat beban berat, itu harusnya dilakukan pada perut kosong (bangun tidur)

  3. Ko, Mau tanya..
    semisal sebelum berangkat latihan di pagi hari, aq minum susu low fat dahulu, terus abis itu latihan beban 45 mnt, kemudian dilanjutkan treadmill 45 menit.. Pola yang demikian apakah masih juga efektif membakar lemak??
    Ataukah memang dah seharusnya latihan dipagi hari ..perut harus dalam keadaan kosong sama sekali agar efektif membakar lemak?

  4. kalau latihan beban, justru harus masuk carbo dan protein dulu, kalau ga, mau dapat tenaga darimana ? krn latihan beban hanya menggunakan carbo (bukan fat)

  5. Pak Denny,
    sy dengar dari dokternya temen, kalo orang gemuk spt sy (178cm/90kg) itu tidak disarankan treadmill dengan gradient 5-10, malah direkomendasikan jangan ada gradientnya (0%) untuk menjaga lutut yg menopang berat badan yg berlebih. Jika demikian, kira2 latian treadmill u/ sy spt apa ya? (gradient dan speed)

    Thanks in advance pak.

  6. pak denny, saya bisanya ikut kelas aerobik siang-siang aja setelah pulang sekolah (kelas 2 sma).
    bagaimana caranya agar saya bisa aerobik dengan perut kosong?

  7. pak denny kalo mau cepat turun berat badannya!mesti olaraga pagi khan?kalo sy khan masih sekolah jadi kalau sy olaraga subuh-subuh kira-kira jam5 subuh!setelah bangun tidur!bisa khan????trus..kalo siang baru sy makan!bisa ngak???setelah makan sy bersihi rumah!bisa turun ngak berat sy????

  8. oh,iya pak!saya lupa nulis olaraga pagi sy tuh!cuma naik sepeda didalam rumah selama 30menit dan push up 10kali sama…senam biasa doang!bisa ngak yah berat badan sy turun???

  9. oh iya kak denny sy mau nanya lagi!!!
    keripik ubi yang asin&pedas!itu bikin badan kita gemuk ngak sih??trus emang dengan yoga kita bisa menurunkan berat badan?????

  10. Ko Denny,
    mo nanya lagi yaaa..
    kan kalo sore kita aerobik, itu lbh ke membakar karbo..tp kalo misalnya latiannya diterusin smpe mlm dengan ikut kelas aserobik lagi, itu bisa buat bakar lemak ga ya? kan karbo uda abis pas sorenya..

    thanks koo

  11. setahu sy yoga u/membentuk & lentur, bs jg sihk u/ kurus, asal ikut nya yg yoga astanga & anusara dgn serius, tdk asal-2 sj.

  12. Ngomong-ngomong soal menurunkan berat badan, menurut pengalaman saya, tidak ada cara yang lebih cepat, alami, dan permanen dibanding hipnoterapi.

  13. mas denny gimna ya olah raga yang cepat menurunkan berat badan tetapi tetap bugar?
    terus tips makanan apa yang rendah lemak?
    q sudah membeli ultra ripped?
    kirim terus saran mas denny ke email saya
    makasih ya mas?

  14. Hi,
    Untuk menurunkan berat badan, bukan mengurangi makan kuncinya, malah diperlukan makan 5-6x sehari, dalam porsi kecil yang berisi makanan tinggi protein seperti dada ayam, daging sapi, ikan, telur, tahu, tempe dan lain-lain serta rendah karbohidrat. oleh karena itu kurangi jumlah konsumsi karbohidrat seperti nasi, mie, pasta, roti dan sebagainya. jika Anda ingin makan nasi, ganti dengan nasi merah yang lebih banyak serat dan diserap lebih lama sehingga membuat Anda kenyang lebih lama dan tidak membuat gemuk.

    Mengurangi porsi makanan secara drastis akan memperlambat metabolisme tubuh, sehingga ketika Anda mengurangi makan, berat Anda akan turun dengan sangat lambat, dan ketika Anda mulai makan lagi, sebagian besar yang Anda konsumsi akan langsung diubah menjadi lemak dan berat badan Anda akan tetap atau naik lagi.
    Olahraga diperlukan untuk mengoptimalkan proses pembakaran lemak, sehingga, jika Anda dapat menyisakan waktu Anda untuk berolahraga, proses penurunan berat badan akan lebih efektif dan cepat.

    Untuk suplementasi Anda dapat menggunakan Ultra Ripped formula, formula pembakar lemak terbaik dari Ultimate Nutrition yang berguna untuk menurunkan nafsu makan, menambah energi dan membantu tubuh membakar lemak.

    Panduan diet dan suplementasi untuk membakar lemak bisa Anda dapatkan di http://www.dennysantoso.com/pembakarlemak
    semoga membantu.

Comments are closed.