Atasi Stres Dengan 9 Cara Sederhana

Tips mengurangi stres

Zaman modern membuat manusia sangat rentan terkena stres. Siklus perkembangan teknologi, pengetahuan, dan lainnya bergerak semakin cepat. Hal ini membuat manusia harus cepat beradaptasi. Anda tentu pernah merasakan betapa menyebalkannya saat mengalami stres, baik dirumah maupun di kantor. Untuk membebaskan diri dari kegelisahan dan kekhawatiran akibat stres, maka Anda perlu mengetahui dan mengikuti beberapa tips sederhana yang ada dalam artikel ini untuk mengatasinya.

Aktivitas vs Stres
Dalam zaman yang semakin bergerak serba cepat, belum lagi jam kerja yang sangat panjang, “stres” adalah kata yang sangat dikenal. Stres adalah hal yang wajar terjadi, namun berdampak negatif pada beberapa aspek kehidupan. Stres dapat menyebabkan peningkatan rasa cemas, khawatir dan membuat beberapa orang mengalami insomnia.

Stres juga telah menyita waktu banyak orang dan berpengaruh buruk pada kehidupan pribadi maupun profesinya. Secara perlahan, stres menggerogoti dan menjadi ancaman bagi kesehatan kita.

Atasi Sejak Dini
Jangan biarkan diri Anda berlarut-larut berada dalam kondisi negative ini. Stres bukanlah teman yang bersahabat. Stres adalah sebuah kata sederhana dengan dampak luar biasa untuk merusak diri Anda baik secara fisik maupun mental. Maka atasi stres sekarang juga!

Berikut ini adalah 9 cara sederhana untuk mengatasi stres:

  1. Olahraga teratur. Saat bekerja, umumnya Anda duduk berhadapan selama berjam-jam dengan komputer, hal ini membuat aktivitas fisik menjadi terbatas. Coba Anda sejenak melakukan latihan ringan di kantor sebagai relaksasi.

  2. Luangkan waktu. Lakukan hal-hal mudah yang menyenangkan di tengah kesibukan Anda. Seperti bangun lebih pagi, berjalan-jalan di pagi hari, menikmati secangkir teh sambil membersihkan pekarangan rumah. Jadikan ini sebagai rutinitas di waktu senggang sebelum bekerja.

  3. Meditasi. Jika Anda merasa lelah dan jengkel, melakukan meditasi adalah hal yang tepat untuk menenangkan pikiran Anda. Meditasi memang tergolong tidak terlalu sulit, tapi juga tidak terlalu mudah. Cobalah mengikuti kelas meditasi atau yoga untuk ketenangan jiwa Anda.

  4. Olah pernapasan. Tarik napas melalui hidung dan hembuskan napas melalui mulut Anda. Hal ini dapat dilakukan ketika Anda beristirahat baik di rumah maupun di kantor.

  5. Alihkan perhatian. Lingkungan yang riuh dan mengganggu dapat menyebabkan stres. Maka, dengarkan musik atau baca buku favorit anda untuk mengalihkannya. Atau berjalan kaki ke lapangan dekat tempat tinggal, dan jika ada, cobalah berjalan di pematang sawah. Pemandangan indah akan membantu anda relaksasi, lebih santai dan merasa lega, lepas sejenak dari dari rutinitas. Alam selalu menyediakan manfaat bagi manusia.

  6. Bersihkan diri anda. Sepulang kerja segeralah mandi, makan malam dan tidur nyenyak. Hal ini akan membuat Anda merasa lebih fresh.

  7. Menyendiri. Terkadang menyendiri dan mengasingkan diri adalah hal yang menyenangkan. Cobalah bersantai dan lupakan segala tekanan hidup. Manjakan diri Anda dengan ketenangan.

  8. Catat dalam diary. Catatlah setiap hal-hal yang Anda lakukan saat mengalami stres, dan catat juga hal apa saja yang membuat Anda menjadi lebih santai dan tenang.

  9. Chatting dengan teman-teman Anda. Diskusikan tentang hal-hal yang menarik dan menyenangkan.

Jika tips ini tidak dapat membantu Anda, dan jika stres telah menjadi hal yang sering terjadi pada Anda. Segera hubungi psikiater atau ahli terapi untuk membantu mencari penyebabnya. Karena semua orang pernah mengalaminya, Anda tidak perlu lagi ragu untuk menghubungi para ahli tersebut.

Stres memang sangat mengganggu, tetapi jika segera ditangani dengan cepat dan tepat percayalah Anda akan terhindar dari efek buruknya! Cobalah lakukan 9 cara sederhana tersebut untuk mengatasi stres yang Anda alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes