bahaya berendam di air berkaporit

Awas, Berendam di Air Berkaporit Ancam Kesehatan

Apakah Anda hobi berenang? Ya, setidaknya Anda pernah mengunjungi dan berendam berjam-jam di kolam renang umum. Hal ini tentunya dapat mengganggu kesehatan Anda. Bukan, bukan aktivitas berenangnya yang dipermasalahkan. Melainkan, air dalam kolam renang tersebut. Apakah Anda percaya bahwa air kolam renang tempat Anda berenang aman dari kaporit? Jika tidak, mulai sekarang Anda perlu pindah ke kolam renang umum yang menurut Anda aman dari kandungan kaporit.

Untitled-1

Tentu saja, kaporit merupakan bahan kimia untuk menjernihkan air. Senyawa kimia pasti mempunyai dampak merugikan bagi tubuh Anda. Jika secara terus menerus Anda berenang dalam kolam renang yang mengandung kaporit, bukan hanya kulit Anda saja yang bermasalah, melainkan juga kesehatan lainnya akan terganggu.

Lalu, apa saja yang bisa ditimbulkan jika Anda gemar berendam di kolam yang mengandung kaporit? Berikut adalah informasinya untuk Anda.

Alergi

Seperti yang telah disinggung pada kalimat pembuka di atas, berenang di air yang mengandung kaporit dapat mengancam kesehatan kulit Anda. Hal ini dikarenakan, senyawa yang terkandung dalam air berkaporit adalah senyawa keras yang digunakan untuk menjernihkan air dan membunuh kuman-kuman, Sehingga, menyebabkan iritasi pada kulit Anda, misalnya seperti gatal-gatal, kulit kemerahan, hingga bengkak.

Asma

Paparan obat kaporit yang berlebihan dapat mengganggu jaringan pernapasan Anda, terutama bagi anak-anak. Itulah yang menyebabkan anak Anda sangat rentan terkena asma, bahkan hingga penyakit paru-paru. Berdasarkan penelitian yang Ada di Negara Belgia mengatakan, bahwa anak-anak yang rutin mengunjungi pemandian umum, memiliki korelasi yang sama dengan peningkatan risiko penyakit asma terhadap anak.

Erosi Gigi

Jika Anda secara terus menerus berendam di air kolam yang mengandung kaporit, maka bukan tidak mungkin Anda akan mengalami erosi dan kerusakan pada gigi Anda. Hal ini diakibatkan oleh pH atau tingkat keasaman yang tinggi dari air yang mengandung kaporit.

Keguguran

Berenang sudah banyak berkembang menjadi hobi. Bahkan, ibu hamil pun juga dianjurkan untuk berenang demi kelancaran proses kelahiran nantinya. Tentu, untuk air yang jernih tanpa kaporit akan memberikan efek positif bagi ibu hamil. Namun, hal tersebut tak berlaku jika air yang digunakan untuk berenang mengandung kaporit. Senyawa berbahaya yang terkandung dalam air berkaporit dapat berisiko besar terhadap keguguran janin Anda.

Kanker Kandung Kemih

Berdasarkan penelitian mengungkapkan, paparan terhadap kaporit dengan sebuah risiko kanker kandung kemih. Pada saat berenang, tentunya Anda secara tak sengaja air kolam sering terminum. Hal itulah yang menyebabkan dan meningkatkan risiko kanker kandung kemih hingga 35-57 persen.

Jika Anda telah menyimak informasi ini, tentunya Anda tak lagi sembarangan memilih kolam renang. Hindari air kolam yang berbau kaporit, hal tersebut akan membahayakan bagi kesehatan Anda. (gie)

BACA JUGA: Reverse Pyramid, Tingkatkan Massa dan Ukuran Otot

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes