Awas Penyakit Musim Hujan!

Musim penghujan masih terus berlangsung dan bila Anda tidak waspada maka dapat membuat tubuh yang kurang fit akan mudah terserang sakit. Apalagi saat tanpa Anda sadari kekebalan tubuh telah menurun karena kejuhanan.

Berikut tip-tip praktis untuk terhindar dari penyakit musim hujan :

 Mencuci tangan sesudah beraktivitas

Tanpa Anda sadari, virus penyakit flu dapat menular dengan mudah dengan kontak tangan saat musim penghujan. Biasakanlah segera mencuci tangan Anda setelah beraktivitas seharian dengan air sabun hangat.

Jangan terlalu sering menyentuh muka

Virus flu dapat dengan mudah masuk lewat hidung, mulut, bahkan mata Anda. Jadi jangan terbiasa terlalu sering mengusap-usap muka Anda kecuali tangan Anda benar-benar bersih.

Minumlah banyak air

Biasakan minum minimal delapan gelas air putih matang sehari. Minum air putih matang yang cukup mampu berfungsi untuk menangkal atau membuang racun-racun yang masuk ke tubuh.

Makan buah-buahan kaya vitamin C

Vitamin C yang cukup sudah dikenal mampu menangkal penyakit karena meningkatkan kekebalan tubuh. Konsumsilah buah-buahan kaya vitamin C seperti jambu biji, pepaya, jeruk, apel, tomat, dan buah-buahan berwarna kuning/ oranye lainnya.

Minum multivitamin

Minumlah suplemen multivitamin tambahan untuk membantu meningkatkan daya tahan dan kekebalan tubuh Anda terhadap penyakit saat musim hujan.

Konsumsi makanan mengandung phytochemical

Phytochemical adalah sejenis bahan kimia alami yang terkandung pada tumbuhan dan memberi vitamin pada makanan. Zat jenis ini terdapat pada buah dan sayuran segar berwarna hijau, merah dan kuning gelap. Jadi, usahakan memperbanyak konsumsi makanan jenis ini.

Usahakan tidak kehujanan

Terakhir, tentu saja usahakan jangan sampai Anda kehujanan. Daya tahan tubuh akan turun drastis saat Anda kehujanan sehingga menyebabkan mudah terserang penyakit. Jadi berteduhlah dulu saat turun hujan. (aan)

BACA JUGA : 6 Nutrisi Penting Agar Terbebas dari Serangan Flu

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes