bahaya toilet duduk

Awas, Toilet Duduk Banyak Menyimpan Bakteri Berbahaya

Dewasa ini, modernisasi telah mengubah gaya hidup banyak orang. Bahkan, modernisasi telah mempengaruhi hal-hal terkecil yang dilakukan oleh manusia. Salah satunya yakni alat bantu ketika Buang Air Besar (BAB), yakni Kloset.

Fix Closet

Jika dulunya hanya menggunakan Kloset jongkok, maka sekarang banyak orang beralih menggunakan Kloset duduk hanya demi tuntutan perkembangan zaman. Mereka menganggap, bahwa Kloset duduk lebih ekslusif dan mewah, sehingga toilet akan nampak terlihat modis.

Namun apakah Anda tahu, bahwa Kloset duduk ternyata lebih berisiko menyebarkan bakteri berbahaya?

Berdasarkan penelitian, setidaknya terdapat 21 jenis bakteri dan 2 jamur bersarang di Kloset tersebut. Sehingga, pada saat Anda duduk, jutaan bakteri dan jamur dapat menempel pada kulit yang lembab. Hal ini tentunya dapat memicu berbagai penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan jamur. Bahkan, menurut beberapa sumber terpercaya, kloset duduk menyumbang penularan virus human papilloma, yakni virus penyebab kanker serviks terbesar.

Berikut adalah fakta tentang tentang kloset duduk yang wajib Anda ketahui.

1.) Sumber Bakteri

Bagi pengguna kloset duduk, kebanyakan mereka tak menutup klosetnya ketika menekan flush. Posisi mereka pun ketika menekan flush kadang berada di samping kloset, bahkan ada yang melakukannya sambil duduk. Tahukah Anda, hal ini bisa menjadi sangat berbahaya bagi Anda. Ini dikarenakan banyak bakteri yang tersebar di udara saat flush ditekan. Bakteri bisa terpental hingga 25 cm ketika flush ditekan, sehingga membuatnya menyebar ke seluruh ruangan toilet.

2.) BAB Jadi Membutuhkan Tenaga

Tidak diragukan lagi, dengan BAB menggunakan kloset duduk, sedikit banyak kita lebih sulit untuk mengeluarkan hajat. Berbeda jika saat kita menggunakan toilet jongkok. Pada posisi jongkok saat BAB membuat otot-otot penyumbat anus (musculus sphinter ani) dan penyangganya akan lebih mudah berelaksasi dan membuka., sehingga Anda tak memerlukan tenaga lebih.

3.) Kloset Duduk Hanya untuk Duduk

Banyak orang yang bermaksud ingin menghindari bakteri di kloset duduk menyiasatinya dengan jongkok di atas porselen. Padahal, hal itu justru lebih berbahaya. Pernahkah Anda mendengar seseorang yang dilarikan ke rumah sakit akibat penggunaan kloset duduk yang salah? Hal itu memang benar-benar terjadi. Terdapat seseorang yang luka parah di bagian pahanya akibat goresan tajam porselen kloset duduk yang pecah. Karena menggunakan Kloset duduk untuk jongkok, porselen tersebut tidak kuat menahan berat tubuhnya, sehingga pecah pecah menjadi beberapa bagian.

Rekomendasi

Namun, ada beberapa rekomendasi dari DuniaFitnes.com untuk menyiasati agar bakteri yang ada pada kloset duduk tidak menempel di tubuh Anda.

Jika Anda memang sedang memakai toilet duduk, maka sebaiknya bersihkan terlebih dahulu pinggiran atau dudukan kloset dengan cairan anti kuman, lalu lap dengan tisu. Bahkan, jika perlu lapisi dudukan kloset dengan tisu untuk lebih menjamin Anda terhindar dari bakteri-bakteri yang membahayakan tersebut.

Itulah yang perlu Anda ketahui tentang kloset duduk. Lalu, bagaimana pengalaman Anda sendiri ketika menggunakan kloset duduk? (gie)

BACA JUGA: Rahasia Joseph Gordon Dapatkan Dada Tegap Tubuh Atletis

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes