penyebab badan lemas

Badan Terlalu Mudah Lemas? Mungkin Ini Penyebabnya

Apakah Anda merasa mudah lelah? Atau badan terasa cepat lemas saat beraktivitas sehari-hari? Hal itu mungkin dapat dipengaruhi oleh beberapa hal. Berikut ini beberapa penyebab badan lemas yang kerap melanda.

penyebab badan lemas

Memiliki siklus tidur yang kurang berkualitas merupakan salah satu penyebab badan Anda terlalu mudah lemas. Pasalnya, dengan kurang tidur maka tubuh Anda juga akan kekurangan energi.

Kebiasaan yang kurang baik lain juga bisa menyebabkan tubuh Anda mudah lemas. Berikut ini beberapa penyebab yang membuat tubuh Anda mudah lemas.

1. Melewatkan Olahraga

Tidak melakukan olahraga dengan alasan menyimpan energi adalah hal yang utama. Studi yang dilakukan University of Georgia mengatakan, olahraga rutin selama 20 menit tiga kali dalam seminggu dapat membuat bugar serta lebih bersemangat setelah enam minggu. Olahraga rutin juga dapat meningkatkan kekuatan dan stamina untuk membuat sistem kardiovaskuler Anda lebih efisien dalam menyuplai oksigen dan nutrisi pada jaringan Anda.

2. Dehidrasi

Kekurangan air minum dapat membuat dehidrasi. Dehidrasi sendiri dapat menyebabkan penurunan tekanan darah, yang membuat darah lebih tebal. Akibatnya, dapat mengganggu kinerja jantung untuk menuplai oksigen serta nutrisi bagi otot dan organ.

3. Kekurangan Zat Besi

Kekurangan zat besi dalam tubuh membuat Anda merasa lemah, lelah, mudah marah, serta tidak fokus. Hal itu disebabkan otot dan sel Anda kekurangan oksigen. Kekurangan zat besi juga dapat meningkatkan risiko anemia. Untuk mengatasinya, konsumsi makanan yang mengandung vitamin C. Atau juga dapat melalui suplemen yang berisi antioksidan, vitamin, mineral dan asam amino yang bekerja sama untuk meningkatkan kesehatan dan mengoptimalkan fungsi tubuh Anda.

4. Perfeksionis

Ketika Anda menentukan tujuan yang sulit dan impossible untuk diraih, hal itu dapat mengakibatkan rasa ketidakpuasan pada diri Anda.

5. Menyerah Sebelum Mencoba

Apakah Anda takut dipecat ketika dipanggil bos secara mendadak? Atau terlalu takut berkendara karena khawatir kecelakaan? Kecemasan seperti ini dapat melemahkan dan melelahkan mental Anda. Ketika hal itu terjadi, ambil napas dalam-dalam lalu bercermin seberapa besar kemungkinan hal buruk tersebut akan terjadi. Meditasi, olahraga, atau sharing dengan kolega dapat meringankan sekaligus menghilangkan kecemasan yang melanda Anda serta membuat Anda lebih realistis.

6. Lupa Sarapan

Makanan mengisi energi dalam tubuh Anda. Namun ketika Anda tidur, tubuh Anda memompa darah dan oksigen melalui makanan tersebut. Ketika Anda bangun pada pagi harinya, tubuh harus mengisi ulang dengan sarapan. Jika menghapusnya, tentu akan membuat tubuh Anda ‘melempem‘. Untuk itu, sebelum aktivitas sehari-hari jangan lupa untuk sarapan.

7. Junk Food

Makanan ini sarat dengan gula namun karbohidrat yang sederhana (seperti yang Anda temukan pada makanan cepat saji). Makanan ini memiliki indeks Glikemik tinggi yang dapat meningkatkan kadar gula darah. Peningkatan gula darah yang tinggi dapat menyebabkan kelelahan. Untuk menjaga kadar gula tetap stabil, pilihlah makanan yang mengandung protein. Seperti ayam (panggang, jangan digoreng), ubi jalar, ikan salmon, beras merah, atau salad buah.

8. Sering Mengatakan “Aku baik-baik saja”

Bermaksud untuk menyenangkan pada orang bahwa Anda baik-baik saja akan mengorbankan kebahagiaan diri Anda sendiri. Lebih buruknya adalah hal itu justru membuat Anda mudah lelah dan marah.

9. Ruang Kerja Kacau

Ruangan kerja Anda yang kacau seperti banyak barang berserakan di meja juga dapat mempengaruhi fokus dan otak Anda. Menurut peneliti dari Princeton University, selalu rapihkanlah meja kerja sebelum pulang dan hal itu akan membuat segar pada keesokan harinya.

10. Gila Kerja

Memeriksa kembali pekerjaan saat santai dapat membuat Anda cepat lelah. Hilangkan semua pekerjaan dan curahkan waktu Anda untuk bersantai. Karena dengan istirahat, hal itu akan membuat Anda lebih kreatif, produktif, dan efektif.

11. Alkohol

Minum minuman yang mengandung alkohol sebelum tidur adalah salah satu hal buruk yang membuat tubuh Anda cepat lelah. Penelitian dari New York Neurology & Sleep Medicine, P.C mengatakan bahwa minum alkohol dapat membuat Anda terbangun pada tengah malam. Dengan tidur yang tidak berkualitas, hal itu tentu berakibat pada aktivitas Anda keesokan harinya.

12. Online pada Jam Tidur

Cahaya dari smartphone atau komputer akan dapat mengganggu ritme sikardian alami tubuh Anda. Hal ini dapat menekan melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur Anda. Tentu, efek radiasi cahaya dari peralatan elektronik pada tiap orang berbeda-beda. Lebih baiknya adalah singkirkan semua peralatan elektronik Anda satu hingga dua jam sebelum Anda berangkat tidur. Terlalu sulit? Jauhkan peralatan tersebut pada jarak 14 inci dari wajah Anda agar terhindar dari gangguan tidur.

13. Minum Kopi

Mengawali pagi hari dengan meminum kopi memang baik. Namun, jika anda mengonsumsinya sebelum tidur bisa berakibat tidak nyaman. Kafein yang terkandung dalam kopi dapat mengganggu siklus bangun dan tidur Anda. Dalam Journal of Clinical Sleep Medicine, kafein dapat menghentikan adenosin, produksi dari sel aktif yang merangsang tidur.

14. Begadang di Akhir Pekan

Menghabiskan hari Sabtu Anda hingga tengah malam atau bahkan pagi, akan membuat Anda tidur dengan jadwal yang tidak normal pada hari Minggu. Itu dapat merusak jadwal tidur Anda pada malam harinya. Tentunya bisa berakibat buruk pada hari Senin pagi Anda. Untuk mengaturnya, persilakan Anda untuk tidur siang sejenak setidaknya 20 menit. Karena dengan tidur siang sejenak, tubuh Anda akan mengisi ulang sebelum tidur yang lebih panjang pada malam harinya.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: OLAHRAGA PERUT KOSONG KAN LEMAS?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes