Bagaimana Memilih Sarapan Sehat?

Bagaimana Memilih Sarapan Sehat?

Seperti yang telah dibahas di artikel mengenai sarapan sebelumnya, yaitu Kenapa Sarapan Penting untuk Menurunkan Berat Badan, maka kita semua tahu bahwa sarapan merupakan salah satu kebiasaan makan yang paling penting. Bahkan Harvard Men’s Health Watch juga menyatakan bahwa kebiasaan tidak sarapan pagi meningkatkan risiko terjadinya kegemukan sebesar empat kali lipat. Lalu apa saja menu sarapan sehat itu?

Untuk menghadapi aktivitas sehari-hari, maka pastikan sarapan Anda mengandung nutrisi yang cukup, lengkap dan seimbang. Sarapan yang sehat sebaiknya mengandung kombinasi karbohidrat kompleks dan protein. Para pakar diet dan nutrisi menganjurkan konsumsi karbohidrat kompleks seperti oatmeal, roti gandum utuh atau beras merah. Makanan ini mengenyangkan Anda lebih lama dan tidak menyebabkan peningkatan gula darah secara drastis karena dicerna dan diserap oleh tubuh perlahan. Kemudian, tambahkan protein dalam menu sarapan Anda. Protein merupakan nutrisi esensial untuk memulai hari. Protein yang lambat diserap akan membuat Anda merasa kenyang hingga sebelum waktu makan berikutnya serta memasok nutrisi yang akan membantu meningkatkan produktivitas Anda. Telur adalah salah satu pilihan menu sarapan yang baik. Hal ini seperti yang diungkapkan dalam Journal of The American College of Nutrition. Selain itu, Anda bisa pilih menu protein yang rendah lemak lain seperti daging ayam atau sapi tanpa lemak, ikan, kacang-kacangan dan olahannya ataupun yogurt dan susu tinggi protein yang rendah lemak. Anda juga bisa tambahkan sayur atau buah-buahan kaya serat ke dalam menu sarapan sehat Anda untuk memasok serat, vitamin serta mineral bagi tubuh Anda.

Selain membantu menurunkan berat badan dan mencegah obersitas, ternyata kebiasaan sarapan pagi yang sehat juga akan menurunkan risiko terjadinya resistensi insulin yang menyebabkan diabetes. Jadi, mulailah kebiasaan mengkonsumsi sarapan sehat Anda setiap hari!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes