Bebas Masalah Kulit Saat NgeGym. Simak Caranya!

Di gym, Anda bisa mendapatkan apa yang Anda inginkan. Perut sixpack, tubuh kekar berotot sekaligus bebas dari masalah-masalah kulit.

bebas-masalah-kulit-di-gym

Masalah kulit bisa dicegah dengan asupan nutrisi yang baik dan tentunya dengan tetap menjaga kebersihan tubuh Anda.

Namun, jika masalah kulit terlanjur ‘mendatangi’ Anda dan membuat Anda tidak percaya diri saat nge-gym, tidak ada salahnya jika Anda mencoba beberapa cara berikut ini.

Kutu Air

Kutu air adalah penyakit yang disebabkan oleh jamur dermatofit (dermatophytes) atau trikofiton (trichophyton).
Infeksi jamur umumnya terjadi di kaki meskipun sebenarnya dapat pula terjadi pada berbagai bagian tubuh lain seperti tangan, pangkal paha, dan kulit kepala.

Infeksi kutu air berawal diantara jari kaki dan menyebar ke bagian lain dari kaki.

Penyebab Kutu Air
Kutu air disebabkan oleh jamur yang berkembang pada kondisi tertentu. Lingkungan yang lembab dan hangat merupakan tempat favorit bagi jamur. Dan sepertinya, sebagian besar gym merupakan lingkungan yang lembab dan hangat, sehingga menjadi tempat potensial pertumbuhan jamur.

Mengenakan sepatu terlalu lama juga membuat kaki cenderung lembab sehingga akan memicu pertumbuhan jamur. Saat jamur tumbuh, kulit memproduksi lebih banyak sel untuk mengganti sel yang rusak. Itu sebabnya, kulit yang terkena kutu air nampak bersisik.

Memakai sepatu basah, sepatu plastik, atau kaus kaki basah dapat menyebabkan infeksi jamur pada kaki.

Gejala Kutu Air
Sebagian besar gejala kutu air mirip dengan penyakit kulit lainnya seperti kurap. Berikut adalah tanda dan gejala kutu air:

  • Kulit gatal dan merah
  • Kulit kering dan bersisik
  • Rasa panas antara jari kaki dan pada telapak kaki
  • Berlubang dan mengelupas
  • Pembengkakan kulit

Solusi

Untuk mengatasi kondisi ini Anda perlu obat anti jamur untuk mengusir kutu air di kaki Anda. Namun menurut Glenn Copeland, D.P.M., podiatris dan pengarang The Foot Doctor, Anda bisa mengatasi kelembaban kulit dengan campuran 2 sendok teh garam dan ½ liter air hangat. Rendam kaki atau bagian yang terkena kutu air selama 5-15 menit.

Alternatif lain; rendam kaki Anda dengan campuran ½ cangkir cuka dan 4 liter air hangat selama 10-15 menit.

Memar

Benturan benda keras atau benda tumpul dapat mengakibatkan pembuluh darah di kulit pecah dan darah menyebar ke jaringan sekitar. Meski tanpa pengobatan tertentu kondisi ini bisa hilang, namun butuh waktu yang lama agar warna kebiruan tersebut bisa benar-benar samar dan akhirnya menghilang.

“Setidaknya tubuh membutuhkan waktu 1-2 minggu untuk menghilangkan warna kebiruan pada memar,” terang Fiona Nash dari Department of Health di Australia.

Solusi
Daripada menunggu 1-2 minggu sampai memar tersebut hilang, Anda bisa mempercepat atau menyamarkan kondisi tersebut lebih awal dari waktu yang diperlukan tubuh. Bungkus beberapa es batu dengan kain atau kantong plastik.

Lapisi memar Anda dengan kain lalu tempelkan es batu pada memar selama 15-20 menit. Usahakan posisi memar lebih tinggi dari posisi jantung. Gunakan bantal atau berbaringlah agar luka tidak meluas. Lakukan 3 kali atau lebih dalam sehari sampai memar Anda benar-benar hilang. Tapi, jangan sampai tertidur saat mengompres dengan es batu, agar kulit Anda tidak melepuh.

Kulit Kering & Gatal

Terpaan udara dingin dari Air Conditioner (AC) di gym tempat Anda latihan begitu kuat sehingga bisa menyebabkan kulit kering dan gatal. Tangan Anda secara otomatis akan berhenti menggaruk saat rasa gatal mulai hilang.

Tapi masalahnya, semakin digaruk malah semakin gatal. Dr William Kitzmiller dari University of Cincinati berpendapat bahwa garukan pada kulit yang gatal akan membangunkan saraf di kulit sekitar sehingga menambah rasa gatal.

Kondisi ini terjadi selain karena hembusan udara AC, juga karena alergi atau gigitan serangga.

Solusi
Kompres bagian yang gatal dengan es batu. “Rasa dingin akan memperlambat saraf pembaca sinyal gatal sehingga keinginan Anda menggaruk pun berkurang,”imbuh Dr William.

Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi asam lemak esensial yang bisa didapatkan dari ikan dan kacang-kacangan. “Selain menjaga kelembaban kulit, asam lemak berfungsi sebagai pelummas bagi mata, tenggorokan, dan kulit,” terang Robert Abel, Jr., M.D., profesor ilmu penyakit mata dari Thomas Jefferson University, Philadelphia. (dan)

BACA JUGA : KANDUNGAN PROTEIN TELUR MATANG LEBIH MUDAH DISERAP TUBUH

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes