menahan kencing

Benarkah Menahan Rasa Ingin Kencing Berbahaya?

Anda pernah mendengar tentang menahan tidur, tapi bagaimana tentang menahan kencing? Pernahkan Anda menahan kencing sampai kaki disilangkan dan Anda hampir tidak dapat berjalan karena saking menahan kencing? Hal ini sering terjadi karena Anda yang menunda kencing dan lebih mendahulukan aktivitas Anda yang lain. Tapi apakah hal ini benar-benar bisa berbahaya bagi kesehatan Anda?

Headline Buang Air

Menurut Benjamin Brucker, MD, asisten profesor urologi di NYU Langone Medical Center mengatakan bahwa kapasitas fisik tubuh Anda untuk menahan kencing didasarkan pada beberapa hal. Sebagian besar wanita dapat menahan kencing selama tiga sampai enam jam, tapi hal tersebut akan bervariasi. Berapa jam seseorang dapat menahan kencing tergantung pada jumlah urin yang diproduksi oleh tubuhnya yang terkait dengan tingkat hidrasi dan asupan cairan, ukuran kandung kemih, dan sensitivitas kandung kemih.

Tidak ada komplikasi tertentu yang bisa Anda dapatkan dari menahan kencing Anda, meskipun mungkin membuka kemungkinan terkena infeksi saluran kemih yang dapat diobati dengan antibiotik. Saat seseorang memiliki infeksi saluran kemih, ia akan merasa lebih sering buang air kecil daripada biasanya, karena kandung kemih terlalu aktif dan sindrom kandung kemih yang menyakitkan. Jika tiba-tiba Anda tidak mengalami infeksi saluran kemih tapi Anda merasa sering buang air kecil, maka segera konsultasikan ke dokter. Kegels dan obat-obatan juga dapat meningkatkan keaktifan kandung kemih, sedangkan terapi fisik dan obat-obatan juga dapat membantu mengobati sindrom kandung kemih yang menyakitkan.

Dapatkah Anda Melatih Tubuh Anda Agar Jumlah Urin Berkurang?

Anda tahu betapa pentingnya untuk tetap terhidrasi, tapi menegak air dapat memiliki efek samping yang mengganggu yaitu buang air kecil setiap beberapa menit. Jadi bagaimana caranya membuat tubuh Anda untuk menahan kencing atau agar jumlah urin berkurang? Kandung kemih beberapa orang sangat sensitif. Mencoba mengalihkan perhatian Anda dan menahan dorongan saat ingin buang kencing tidaklah mengapa. Hal ini akan meregangkan kandung kemih sedikit dengan cara yang sehat. Intinya adalah bahwa Anda mungkin tidak akan melakukan kerusakan nyata untuk diri sendiri dengan menahan kencing, tapi hanya demi kenyamanan, Anda sebaiknya jangan menahannya. (mee)

BACA JUGA: Selalu Gagal Meraih Sixpack? Ini Sebabnya!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes