Biasakan Diri Melakukan 3 Hal Ini dan Anda Akan Lebih Sehat

Memiliki tubuh yang sehat bukanlah tujuan sementara yang harus Anda rasakan hanya dalam beberapa hari saja. Melainkan harus berlangsung secara terus menerus dan dalam jangka waktu panjang. Kesehatan merupakan hal yang sangat penting dan wajib Anda jaga demi kelangsungan dan kualitas hidup yang lebih baik.


Menjadi sehat bukanlah hal sulit untuk diwujudkan. Banyak orang beralasan, bahwa kesibukan yang tinggi merupakan penghalang mereka menjadi sehat. Kenyataannya, apapun kesibukan Anda jika Anda memiliki niat yang kuat untuk menjadi sehat, Anda akan tetap berupaya untuk mewujudkannya.

Berikut ini 3 kebiasaan sederhana yang bisa Anda lakukan kapan saja, bahkan di tengah kesibukan Anda, untuk menjadikan tubuh Anda tetap sehat dan bugar.

  1. Berdiri Lebih Sering
    Penelitian mengungkap bahwa kebiasaan duduk berjam-jam lamanya dapat memicu masalah kesehatan yang cukup serius, di antaranya meningkatnya risiko obesitas, penyakit kardiovaskular, dan bahkan kanker. Bahkan dr. James Levine, seorang dokter Mayo Clinic di Rochester menyebutkan penyakit yang ditimbulkan akibat duduk terlalu lama sama seperti penyakit yang ditimbulkan akibat efek samping dari merokok.

    Nah, untuk mencegah penyakit akibat duduk terlalu lama, lakukan latihan singkat seperti squat, lunge, dan beberapa latihan peregangan di sela aktivitas Anda. Anda juga bisa memilih beberapa aktivitas yang dapat meningkatkan aktivitas tubuh Anda seperti naik turun tangga daripada naik elevator, bersepeda ke kantor, atau memakirkan kendaraan lebih jauh dari kantor agar Anda memiliki waktu yang cukup untuk jalan kaki.

  2. Bantu Teman Anda
    Mungkin Anda tidak akan menyangka jika gemar membantu orang lain juga dapat meningkatkan kesehatan Anda. Bahkan penelitian menyebutkan jika Anda suka memberikan kebaikan kepada orang lain, Anda dapat terhindar dari gangguan psikologis (depresi). Secara umum, orang yang membantu masalah orang lain akan fokus pada masalah orang tersebut sehingga masalah yang dialaminya sendiri terlupakan sehingga merasa lebih baik dari orang yang diberi pertolongan.

    Kebiasaan membantu sesama ini akan menumbuhkan sifat kasih sayang. Sifat inilah yang dapat meredam Anda dari perasaan cepat marah, yang dapat memicu stres dan bahkan meningkatkan tekanan darah Anda.

  3. Hindari Penggunaan Ponsel Berlebihan
    Sebuah studi menunjukkan bahwa tingkat stres seseorang akan cenderung meningkat akibat terlalu sering mengecek ponsel maupun gadget lainnya guna melihat pesan-pesan yang masuk tiap menitnya. Belum lagi kebiasaan mengutak-atik ponsel hingga pada akhirnya ponsel yang Anda gunakan tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya. Kebiasaan ini dapat mengalihkan perhatian Anda dari hal penting lainnya, merusak suasana hati Anda dan meningkatkan stres.

Untuk mengatasinya, berikan diri Anda waktu istirahat 1 hari dari segala hal yang berhubungan dengan ponsel. Cobalah bersosialisasi secara langsung dengan kerabat Anda, karena hal ini akan membuat Anda lebih bebas untuk berekspresi dan membuat tubuh menjadi rileks. Matikan ponsel Anda, atau aktifkan silent mode menjelang waktu istirahat, agar Anda dapat beristirahat dengan baik dan lebih bugar kesesokan harinya.

Semoga tips di atas bermanfaat dan berguna bagi kesehatan Anda hari ini dan di masa yang akan datang.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes