Cara Alami untuk Menjaga Kadar Gula Darah yang Sehat

Cara-Alami-Untuk-Menjaga-Kadar-Gula-Darah-yang-Sehat

Memonitor tingkat gula darah umumnya sama seperti mengamati berat badan Anda. Pola makan yang buruk, stress, kurang olahraga dan kelebihan berat badan dapat menjadi faktor utama menurunnya kesehatan serta timbulnya gangguan kadar gula darah. Jadi tidak mengherankan jika orang lebih sadar tentang kesehatan mereka dan cenderung mengambil keputusan proaktif untuk menjaga kadar glukosa yang sehat.

Bagaimana Anda dapat menjaga kadar gula darah normal dengan cara alami? Berikut adalah beberapa langkah praktis.

Memeriksa Kesehatan Secara Rutin: Kunjungi dokter Anda dan periksa kadar glukosa darah Anda. Jika Anda berusia lebih 40 tahun, mengalami kelebihan berat badan atau memiliki kecenderungan glukosa darah yang berfluktuasi, sebaiknya periksa gula darah Anda setiap 6 bulan. Memeriksa gula darah secara rutin akan membantu memonitor kadar gula darah Anda dan mengambil langkah-langkah yang tepat, dengan pola makan sehat dan olahraga.

Pengelolaan Berat Badan: Menjaga berat badan yang optimal, sangat kondusif bagi kesehatan. Jika Anda kelebihan berat badan, pertimbangkan untuk menerapkan program penurunan berat badan yang sesuai dengan Anda. Salah satu cara untuk mengurangi berat badan adalah dengan menghindari makanan berkalori tinggi seperti kue, permen, kripik. Sebaliknya, konsumsilah makanan kecil yang sehat sebagai “pengisi” yang baik di antara waktu makan, seperti wortel, mentimun, yogurt rendah lemak, salad hijau dan buah-buahan. Anda juga dapat mengurangi minuman soda yang memiliki kadar gula tinggi dan menggantinya dengan air atau teh hijau, yang menawarkan banyak manfaat kesehatan.

Latihan: Latihan berperan penting dalam mendukung konversi alami glukosa menjadi energi dalam tubuh. Tujuannya adalah menjadi lebih aktif. Cobalah gunakan tangga daripada lift atau eskalator; jogging di rumah sambil menonton TV juga ide yang baik. Bahkan berjalan cepat selama 30 menit sedikitnya lima kali seminggu dapat membantu menjaga sirkulasi darah tetap baik.

Asupan Nutrisi: Nutrisi memiliki pengaruh yang besar terhadap kadar gula darah. Pertama, mulailah makan lebih sering, yaitu sekitar 5-6x sehari dengan 3x makan utama dan diselingi 2-3x snack di antara waktu makan, yang akan membantu menjaga kestabilan gula darah. Selain itu, makanlah berbagai makanan yang berwarna. Hijau, merah, oranye terang dan ungu – setiap warna makanan memiliki gizi tertentu yang baik untuk kesehatan. Makan berbagai jenis makanan dapat meningkatkan gizi makanan Anda secara keseluruhan. Makanlah gandum dan olahannya; beras merah, sereal dan roti gandum. Makanan-makanan ini mengandung serat sehingga dapat menjaga kadar gula yang sehat.

Dukungan gizi melalui suplemen juga merupakan pilihan yang positif.

Kadar gula yang tidak sehat dapat berpengaruh pada organ-organ yang lain seperti jantung, ginjal dan mata. Selain bersikap proaktif, memilih gaya hidup yang sehat dan mengkonsumsi suplemen dapat membantu mendukung kemampuan alami tubuh untuk mengatur kadar gula normal.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes