cara mengatasi stres

Cara Ampuh Untuk Mengatasi Stres

Pekerjaan yang melelahkan, terjebak kemacetan, atau kebiasaan makan yang salah bisa menyebabkan stres. Nah, berikut ini merupakan cara yang tepat untuk mengatasi stres.

cara mengatasi stres

Penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hormon stres dapat mempercepat penurunan fungsi kognitif. Ketika stres, Anda akan mengeluarkan hormon adrenalin dan kortison yang dapat menyebabkan hipertensi, kadar gula darah tinggi. Karena itu, penting untuk mencegah stres sebelum hal terburuk menimpa.

Berikut ini merupakan cara alami untuk mengurangi stres:

1. Terapi Musik

cara mengatasi stres

Musik dapat mempengaruhi kehidupan kita sehari-hari karena setiap manusia dapat meresponnya. Jika digabungkan dengan psikologi dan konseling, musik dapat menjadi obat untuk beberapa kondisi seperti depresi, masalah kepribadian, autism hingga kanker.

2. Berjalan

cara mengatasi stres

Berjalan adalah cara yang paling murah, rendah risiko dan langkah yang paling mudah untuk dilakukan. Latihan ini terbukti dapat meningkatkan kesehatan mental.

3. Meditasi

cara mengatasi stres

Meditasi tentu cara terbaik untuk menjaga stre. Sesuai hasil studi, meditas selama 25 menit per hari dapat memberikan sugesti kekuatan untuk membuat orang keluar dari tekanan.

4. Pijat

cara mengatasi stres

Pijat dapat meningkatkan fungsi pembuluh darah dan membantu mengurangi stres. Minyak relaksan seperti atsiri dapat membantu menenangkan pikiran serta menghilangkan kecemasan.

5. Tidur yang nyenyak

cara mengatasi stres

Banyak orang yang masih belum memberikan perhatian pada jadwal tidur yang sehat. Waktu tidur 7-8 jam per hari dapat menenangkan pikiran dan mengurangi tingkat stres. Selain itu, tidur yang tidak benar dapat menyebabkan mata bengkak, kram otot, hingga dapat mengurangi imunitas.

6. Olahraga

cara mengatasi stres

Olahraga dan juga aktivitas fisik sehari-hari terbukti membantu melindungi otak dari stres yang disebabkan depresi. Aktivitas fisik seperti berjalan, jogging, tenis, atau sepekbola minimal 30 menit dapat meremajakan pikiran dan indra seseorang.

7. Makan Yang Sehat

cara mengatasi stres

Makan yang sehat juga memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan. Untuk mengurangi stres, makanan seperti blueberry, salmon, dan juga almond sangat disarankan. Selain itu, secangkir the hijau juga dapat mengurangi tingkat stres.

8. Tinggalkan Jejaring Sosial, Juga Handphone

cara mengatasi stres

Setelah menjalani kesibukan, chatting atau melihat status teman dijejaring sosial kerap menjadi obat. Namun, cara terbaik untuk mengurangi stres adalah meninggalkan jejaring sosial untuk sementara. Berikan waktu untuk memanjakan diri seperti dengan merasakan udara segar.

9. Positive Thinking

cara mengatasi stres

Berpikir positif adalah langkah utama untuk melawan stres. Dalam keadaan stres, mungkin melakukan hal ini sedikit sulit. Tapi percayalah, dengan berpikir positif dapat memberikan pesan yang baik pada pikiran Anda serta mengurangi kecemasan untuk membantu Anda tetap tenang dan bahagia.

10. Tertawa

cara mengatasi stres

Tertawa adalah obat terbaik. Setiap kali Anda menghadapi situasi ketika Anda sangat stres, cobalah tertawa atau jika tidak setidaknya tersenyum. Karena ketika tertawa, kita melepaskan endorfin yang mengurangi tingkat stres dalam tubuh.

Jika Anda merasa sedang stres, coba lakukan beberapa cara mengatasi stres di atas dan rasakan manfaatnya. Selamat mencoba.

BACA JUGA: Cegah Stres? Kurangi Jadwal Periksa Email Anda!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes