cara menurunkan kolesterol

Cara Efektif Untuk Menurunkan Kolesterol

Kolesterol diperlukan dalam berbagai proses metabolisme tubuh. Namun jika kadar kolesterol terlalu berlebihan, hal itu akan berdampak buruk bagi kesehatan. Solusi mudah untuk menurunkan kolesterol jahat adalah dengan rutin melakukan olahraga. Lalu olahraga apa yang efektif mengontrol kolesterol jahat dalam tubuh?

cara menurunkan kolesterol

Sebanyak 80 persen kolesterol diproduksi oleh tubuh sendiri (endogen) yaitu organ hati. Sisanya diperoleh dari luar tubuh atau asupan Anda. Kadar kolesterol yang diperlukan tubuh kurang dari 200 mg/dl. Kolesterol berperan sebagai pembentukan hormon steroid, yaitu progresteron, estrogen, testosterone, dan kortisol), membantu mencerna lemak dan menghasilkan vitamin D.

HDL atau High Density Lipoprotein dijuluki sebagai kolesterol baik. HDL merupakan bentuk Lipoprotein (LP) yang memiliki komponen kolesterol paling sedikit dibentuk di usus dan hati. HDL akan menyerap kolesterol bebas dari pembuluh darah atau bagian tubuh lain seperti sel makrofag kemudian membawanya ke hati. Sementara LDL atau Low Density Lipoprotein memiliki komponen paling banyak dan akan membawa kolesterol ke jaringan seperti dinding pembuluh darah.

Namun jika kadar kolesterol berlebihan akan dapat menyebabkan penumpukan plak dalam pembuluh darah dan membuat diameter pembuluh darah menyempit. Akibatnya, apabila pembuluh koroner tersumbat akan dapat menyebabkan serangan jantung, atau apabila pembuluh darah otak yang tertutup akan terjadi stroke. >> Tips Mengontrol Kolesterol Secara Alami <<

#Berapa kadar kolesterol yang baik?

Setiap lab kadang memiliki standar yang berbeda. Namun umumnya adalah kolesterol total yang baik yaitu 200 mg/dl. Sementara untuk LDL level normal hingga ambang batas adalah 130-159 mg/dl. Lalu untuk HDL-nya adalah lebih baik di atas 60 mg/dl.

#Olahraga untuk menurunkan kadar kolesterol

cara menurunkan kolesterol

Solusi terbaiknya adalah dengan rutin melakukan olahraga. Olahraga rutin dapat membantu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. Lalu olahraga apa yang efektif?

1. Latihan Kardio

Olahraga aerobik atau latihan kardio sangat membantu mengontrol kadar kolesterol. Latihan seperti berjalan, jogging, berenang, atau bersepeda merupakan pilihan tepat. Jika Anda sering atau lebih suka melakukan olahraga di gym, coba lakukan di atas treadmill,elliptical machine, atau step machine. Atau dapat pula mengambil kelas senam seperti Zumba yang akan menambah olahraga Anda menjadi lebih fun.

2. Latihan Beban

Ahli kardiologi, John Higgins kepada WebMD.com mengatakan bahwa Anda, terutama yang memiliki kadar kolesterol tinggi, dapat juga melakukan latihan beban. Latihan beban sangat baik untuk membantu pembentukan otot, kekuatan, serta meningkatkan lipid profile. Sementara menurut Dr Barry A. Franklin dari Rumah Sakit William Beaumont di Michigan mengatakan bahwa latihan beban dapat meningkatkan kesehatan kardiovaskuler, termasuk menurunkan LDL, meningkatkan HDL, serta menurunkan tekanan darah.

#Tips sebelum melakukan latihan

Apabila Anda atau keluarga Anda memiliki riwayat penyakit jantung, berkonsultasi dengan dokter sebelum latihan adalah langkah bijaksana. Banyak sekali jenis latihan kardio yang dapat Anda lakukan, seperti berjalan, jogging, lari, atau tenis, Anda pasti akan membutuhkan sepatu atau peralatan pendukung lainnya. Jadi, persiapkan hal itu agar olahraga Anda lebih aman, fun, dan energik. Jika Anda memiliki teman yang menyukai Zumba misalnya, Anda tidak harus ikut melakukan Zumba kalau memang Anda tidak tertarik. Coba lakukan latihan lain yang menurut Anda lebih menyenangkan bagi Anda.

#Berapa kali melakukan latihan?

cara menurunkan kolesterol

“Semakin banyak kalori yang dibakar, semakin besar penurunan LDL dan meningkatkan kolesterol HDL,”

1. Rutin

Berolahraga rutin atau bahkan setiap hari sangat bagus untuk membantu menurunkan LDL. Rencanakan melakukan latihan setidaknya tiga kali dalam seminggu atau minimal berolahraga selama 150 menit dalam seminggu. “Semakin banyak kalori yang dibakar, semakin besar penurunan LDL dan meningkatkan kolesterol HDL,” kata Higgins.

2. 30 menit setiap latihan

Dengan melakukan latihan rutin setidaknya 30 menit per hari akan dapat meningkatkan HDL. Menurut ahli anestesi di Hahnemann University Hospital Philadelphia, Paul B. Langevin MD, hal itu dapat Anda lakukan misalnya dengan 15 menit berjalan kaki di pagi hari dan menambahkan 15 menit pada sore harinya, bisa dengan bersepeda atau berjalan kaki. Hal ini akan membuat olahraga Anda akan lebih menyenangkan.

3.Langkah

Higgins mengatakan, kontrol aktivitas fisik Anda. Usahakan dengan melakukan 10 ribu langkah setiap harinya. Hal ini dapat Anda lacak dengan bantuan aplikasi di smartphone.

#Seberapa keras latihan yang harus dilakukan?

Banyak ahli kebugaran yang menggunakan kata FIT untuk merangkum kunci dari olahraga. Yaitu Frequency, Intensity, dan Time. Menurut direktur program kardiologi preventif dan klinik kolesterol Fakultas Kedokteran dan Kesehatan Masyarakat dari Wisconsin University, Patrick McBride seperti dikutip dari Dokita.co, frekuensi dan durasi (time) adalah yang utama, sementara intensitas tidak begitu menonjol.

“Walaupun peningkatan intensitas dapat meningkatkan kinerja kardiovaskular Anda, namun hal itu juga memiliki sisi negatifnya. Terutama bagi orang setengah baya dan lebih tua, hal ini meningkatkan kemungkinan risiko cedera menjadi lebih besar. Jadi bagi kebanyakan orang, kami menyarankan intensitas kegiatan yang sedang dengan durasi yang signifikan,” kata McBridge.

Jika Anda rutin melakukan olahraga, maka kadar LDL atau HDL akan terjadi perubahan. Olahraga rutin dapat menurunkan LDL hingga 15 persen sementara HDL meningkat 20 persen. Namun, perubahan tersebut tidak akan berlangsung instan. Perubahan tersebut kemungkinan akan terjadi setelah 3-6 bulan melakukan olahraga teratur. Juga, yang penting untuk dilakukan adalah jangan merasa bangga dengan berolahraga rutin. Jagalah juga pola makan Anda. Baca artikel lain >> Bahan Alami Yang Ampuh Basmi Kolesterol Jahat <<

#Suplementasi

Cara lain yang cukup efektif untuk mengontrol kolesterol adalah dengan menggunakan suplemen. Untuk suplemen, beberapa penelitian menyebutkan bahwa suplemen L-Carnitine efektif untuk menurunkan kadar kolesterol.

cara menurunkan kolesterol

Dari infografik di atas, hasil penelitian menunjukkan bahwa L-Carnitine dapat menurunkan kadar kolesterol serta membantu menurunkan berat badan. Salah satunya adalah L-Carnitine dari Ultimate Nutrition yang dapat membantu mengurangi kolesterol serta menurunkan berat badan dengan mengubah lemak tubuh menjadi energi.

Mengubah gaya hidup lebih sehat seperti aktiv melakukan olahraga dan diet sehat akan membantu seseorang untuk mengontrol kadar kolesterol serta menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan. Keep healthy! (ctr)

BACA JUGA: Apakah Smartphone Anda Bisa Merusak Tubuh?

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes