mengatasi jet lag sosial

Cara Mudah Mengatasi Jet Lag Sosial

Merasa lelah dan tidak fokus di tempat kerja pasca liburan? Hati-hati, gejala tersebut bisa jadi menunjukkan sindrom Jet Lag Sosial. Sindrom apa itu?

mengatasi jet lag sosial

Seperti dikutip dari CNNIndonesia.com, Sabtu (24/01), sindrom jet lag sosial merupakan sindrom merasa cepat lelah dan malas pasca liburan. Meski telah kembali bekerja, seseorang yang mengalami sindrom ini akan merasa cepat lelah.

Sindrom ini sering diakibatkan perubahan pola tidur ketika liburan. Ketika liburan akhir pekan atau liburan panjang, seseorang biasanya kerap menambahkan jam tidurnya. Kondisi ini berbeda ketika waktu kerja di mana waktu tidur lebih cepat dan bangun lebih pagi.

Karena itulah, jet lag sosial dapat berkaitan dengan irama sirkadian tubuh. Sindrom ini hampir sama dengan jet lag bepergian, tapi cara mengatasinya berbeda. Dan paparan matahari dapat mempengaruhi jam alami tubuh.

Akibat Dari Jet Lag Sosial

1. Berat Badan Naik

Sosial jet lag dapat membuat seseorang stres. Beberapa orang yang mengalami sindrom ini mengalihkan stres pada makanan. Makan pada kondisi stres dapat meningkatkan risiko kegemukan sebanyak 33 persen.

2. Emosi

Emosi yang labil kerap dialami sosial jet lag. Rasa lelah yang terjadi dapat menyebabkan seseorang mudah tersinggung. Selain itu, perubahan emosi lain juga dapat terjadi akibat sosial jet lag. Seperti menjadi lebih merasa rendah diri atau cengeng.

3. Hasrat Seks

Seseorang yang mengalami sindrom jet lag sosial disebut-sebut dapat menyebabkan penurunan hasrat seks dengan pasangannya.

Bagaimana Mengatasinya?

1. Melakukan jalan santai sekitar 20 menit. Dengan cara ini, Anda mungkin terpapar sinar matahari 30 kali lebih banyak daripada duduk di kantor selama 12 jam.

2. Pastikan tidur berkualitas. Ketika malam hari, cobala tidur selama sembilan jam selama empat hari beruturut-turut.

3. Ketika sudah memasuki jam tidur, hilangkan kebiasaan menggunakan berbagai perangkat elektronik. Mulai dari TV, telepon seluler, atau laptop.

4. Dapatkan paparan sinar matahari lebih banyak di pagi hari agar irama sirkadian tetap lancar dan menghilangkan melatonin, hormon yang membuat mengantuk.

5. Hindari mengonsumsi kafein setelah pukul 14.00.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Ini Akibatnya Jika Anda Terlalu Banyak Latihan dan Diet Ekstrem!

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes