mudik sehat

Cara Terbaik Bikin Mudik Lebih Sehat dan Nyaman

Lebaran hampir tiba. Momen ini selalu identik dengan aktivitas mudik atau pulang kampung, terutama bagi Anda yang bekerja di luar kota. Mudik merupakan aktivitas fisik yang cukup menguras energi. Apalagi jika jarak tempuh Anda jauh dan melelahkan.

mudik sehat

Nah, agar perjalanan mudik Anda menjadi lebih sehat dan menyenangkan, ada baiknya Anda jalankan beberapa tip sehat berikut ini.

#Pakai Masker

Pemudik tidak akan tahu siapa saja yang akan ia temui selama di perjalanan mudik. Ada orang yang sehat, ada pula yang sakit. Untuk itu, sebagai upaya pencegahan sebaiknya gunakan masker selama di perjalanan. Selain itu, Anda pun dapat terhindar dari paparan polusi selama perjalanan.

#Kenali Kota Tujuan Anda

Ada baiknya mencari tahu kondisi daerah-daerah yang akan Anda kunjungi. Apakah kota yang Anda kunjungi berpotensi menyebarkan epidemi penyakit atau tidak. Ini penting agar Anda dapat mempersiapkan pencegahan penularan penyakit.

Untuk itu, penting bagi Anda untuk siaga dengan membawa obat-obatan. Setidaknya, bawa obat-obatan yang Anda rasa penting dan perlu untuk keadaan yang tak terduga.

#Cuci Tangan Lebih Sering

Kalau ada tempat pemberhentian, walaupun Anda tidak mau makan, sebaiknya tetap usahakan untuk mencuci tangan dengan menggunakan sabun. Ini akan menghindari Anda dari penyakit karena menghilangkan kuman dari tangan.

#Jangan Begadang

Jika berencana melakukan perjalanan mudik esok hari, sebaiknya Anda tidak begadang di malam hari. Kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh dan membuat Anda mengantuk di perjalanan. Kondisi ini membahayakan keselamatan Anda saat mengendarai mobil atau motor.

#Jangan Menahan Kencing

Jangan sekaili-kali menahan kencing. Terutama jika Anda wanita. Wanita lebih berisiko mengalami radang kantung kencing. Ini terjadi karena wanita memiliki uretra yang lebih pendek daripada pria. Kondisi ini memudahkan kuman untuk menginfeksi.

#Selektif Memilih Tempat Makan

Selektiflah memilih tempat makan. Pilih makanan yang matang, yang panas kalau bisa. Agar lebih terjamin kebersihannya, sebaiknya Anda membawa bekal dari rumah. Perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buahbuahan agar daya tahan tubuh Anda tetap terjaga.

#Manfaatkan Posko Medis

Jika Anda di tengah perjalanan merasa kurang fit, maka jangan memaksakan untuk terus berkendara. Terlebih, meminum obat dan langsung melanjutkan untuk berkendara. Ingat, obat yang sebelumnya telah Anda minum mungkin saja memberikan efek samping seperti rasa kantuk. Dan hal itulah yang dapat membahayakan Anda ketika berkendara dengan kendaraan pribadi. Untuk itu, manfaatkan posko-posko medis yang banyak tersebar di sepanjang perjalanan.

#Istirahat Cukup Setelah Sampai Tujuan

Bahkan setelah Anda sampai pada tujuan, Anda masih harus mengistirahatkan seluruh tubuh setelah berjamjam berkendara dengan jarak tempuh yang sangat jauh. Untuk itu, mudik akan lebih baik jika Anda berangkat lebih awal setelah mendapatkan libur dari kantor. Tentunya, dengan hal tersebut kualitas silaturahmi dengan keluarga akan lebih berjalan dengan baik.

Semoga tip di atas bermanfaat bagi perjalanan mudik Anda dan semoga selamat sampai di kota tujuan.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes