Cegah Mata Lelah akibat Bekerja dengan Komputer

Tahukah Anda, baik disadari atau tidak hampir 90% karyawan yang sehari-harinya terlalu lama bekerja dengan komputer mengalami gangguan penglihatan yang bisa mengakibatkan mata lelah, mata berkedut, mata tegang, dan bahkan penurunan produktivitas kerja. Bagaimana tip untuk mengatasinya?

Berikut adalah 10 langkah praktis untuk mengurangi risiko gangguan penglihatan akibat bekerja dengan komputer terlalu lama setiap hari :

  1. Atur Posisi Tubuh yang Benar
    Aturlah jarak mata Anda dengan layar monitor sejauh 50-60 cm dengan posisi tengah layar berada kira-kira 10-15 derajat dibawah mata. Jika Anda mengetik dari sumber buku atau kopian halaman, taruhlah di samping layar monitor dengan penjepit kertas khusus sehingga pergerakan pandangan mata lebih nyaman.
  2. Sesuaikan Penerangan
    Mata tegang seringkali disebabkan oleh pencahayaan ruangan yang berlebihan. Jika menggunkaan komputer, penerangan ruangan yang disarankan adalah separuh dari umumnya penerangan di kantor. Jika memungkinkan, pilih lampu yang full spectrum dengan pencahayaan lebih alami sehingga nyaman bagi mata.
  3. Ganti Monitor CRT dengan LCD
    CRT atau monitor komputer berbentuk tabung menghasilkan gambar berkedip sehingga menjadi faktor utama penyebab mata tegang dan lelah. Ganti monitor CRT Anda dengan monitor LCD dengan ukuran minimal 19 inchi dan beresolusi besar agar lebih nyaman bagi mata.
  4. Atur Tampilan layar Komputer
    Brightness disarankan diatur hampir sama terangnya dengan kondisi penerangan ruangan Anda. Pastikan juga ukurang font memungkinkan teks terbaca dengan mudah dengan setelan contrast yang seimbang. Pastikan pula mengurangi level color temperature komputer Anda hingga mata Anda benar-benar merasa nyaman.
  5. Kedip lebih Sering
    Melihat layar monitor saat asik bekerja seringkali membuat Anda lupa untuk berkedip, sehingga tanpa disadari mata menjadi kering dan iritasi. Kedipan mata berfungsi untuk menjaga kelembaban mata. Oleh karena itu, berkediplah lebih sering.
  6. Lakukan Latihan Mata 20-20-20
    Setiap 20 menit sekali berpalinglah dari monitor komputer dan pandanglah objek lain berjarak 20 kaki (sekitar 6 meter) selama 20 detik. Latihan ini dapat membaut otot fokus pada mata lebih santai dan menghindarkan dari risiko kejang otot mata (accommodative spasm)
  7. Istirahat 4×5 menit
    Menurut National Institute of Occupational Safety and Health (NIOSH), pengguna komputer disarankan melakukan istirahat secara berkala sebanyak 4 kali dengan durasi masing-masing 5 menit. Saat istirahat, berdirilah, goyangklan seluruh badan dan lakukan peregangan muali dari kaki, punggung, lengan hingga leher Anda.
  8. Gunakan Kacamata khusus Komputer
    Pesanlah kacamata khusus untuk komputer ke optik terdekat. Hal ini sangat penting jika Anda memakai contact lens yang rawan menyebabkan mata kering dan tidak nyaman atau jika Anda memakai kacamata dengan lensa bifocal atau lensa progressif yang tidak optimal bagi jarak mata dan layar monitor.
  9. Gunakan Tetes Mata
    Cairan khusus pada obat tetes mata akan membuat mata lebih lembab, segar dan bebas dari mata merah akibat iritasi. Agar tidak lupa, sediakan obat tetes mata di dekat monitor Anda dan gunakan sesuai petunjuk penggunaan.
  10. Periksakan Mata ke Dokter Secara Berkala
    Langkah terakhir, karena Anda tidak mengerti kondisi mata yang sebenarnya maka periksakanlah ke dokter mata secara berkala. Masih menurut NIOSH, pengguna komputer disarankan ke dokter mata minimal 1 tahun sekali. Anda bisa jelaskan ke dokter berapa intensitas Anda memakai komputer di akntor maupun di rumah.

Mata merupakan organ tubuh yang luar biasa pentingnya bagi manusia. Karenanya, sadarilah untuk selalu menjaga kesehatannya dengan baik. (aan)

BACA JUGA : Fat Fighting Tricks

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes