Cholesterol Management

Setelah mengetahui apa itu HDL, LDL, VLDL dan trigliserida, serta bahaya dari peningkatan kadarnya dalam darah, apa yang bisa dan harus kita lakukan?

Sekitar 60-70%kolesterol dalam darah diproduksi sendiri oleh hati dan hanya 30%yang berasal dari makanan, hal inilah yang mneyebabkan bahwa ada orang yang sudah mengatur makanan secara ketat namun masih memiliki kadar kolesterol tinggi namun ada juga yang makan dengan bebas (termasuk junk food) namun memiliki kadar kolesterol yang rendah…life is unfair to some huh? monster beats apple accessories 2 . Jadi faktor genetik adalah faktor yang berperan penting, namun kita dapat memaksimalkan usaha untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah melalui beberapa cara dibawah ini.

Olah Raga dan Penurunan Berat Badan

Obesitas telah terbukti berhubungan dengan kadar LDL, VLDL dan trigliserida yang tinggi sertra HDL yang rendah, penurunan berat badan akan memperbaiki profil lemak darah dan sekaligus menurunkan tekanan darah. Olah raga seperti apa yang terbaik? Saat ini secara medis, yang terbaik adalah latihan aerobik yang menggunakan otot besar selama minimal 30 menit dengan frekuensi 4 kali seminggu. Makin sering dan makin lama, makin baik hasilnya.

Diet

Seperti yang telah ditulis diatas, walau diet hanya berperan dalam 30% kadar kolesterol darah, moncler armoise albizia 2 namun ini adalah faktor yang harus dimaksimalkan. Beberapa makanan yang dapat dikonsumsi antara lain, daging sapi atau ayam tanpa lemak atau kulit, putih telur (tanpa bagian kuning), susu skim untuk menggantikan full cream, canola oil, minyak biji bunga matahari, minyak zaitun untuk menggantikan minyak kelapa. Perhatikan konsumsi ikan harus lebih banyak daripada daging. Pilihlah sumber lemak yang baik karena mengkonsumsi lemak yang baik akan membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh kita.

Obat

Saat ini tersedia beberapa macam obat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, antara lain golongan statin seperti simvastatin, atorvastatin (lipitor), pravastatin (pravachol), michael kors apple watch band activity tracker golongan fibrat seperti gemfibrozil (lopid), golongan pengikat asam lemak dan golongan asam nikotinat. Hanya fibrat dan statin yang akn dibahas disini karena merupakan terapi utama yang dipakai oleh kalangan medis.

Statin

Merupakan golongan obat yang paling sering digunakan. Mekanisme kerjanya adalah menghambat pembentukan kolesterol di hati. Penggunaan statin sekali sehari saat makan malam atau dapat memperbaiki profil lemak darah secara efektif . Perlu diperhatikan bahwa penggunaan obat ini akan mempengaruhi fungsi hati, sehingga diperlukan pemantauan berkala terutama bagi yang memiliki penyakit hati sebelumnya.

Fibrat

Mekanisme kerjanya terutama meningkatkan bersihan/clearance kolesterol dan trigliserida di hati. Obat ini terutama digunakan untuk memperbaiki profil trigliserida. Efek samping yang perlu diawasi adalah miopati (kerusakan otot) dan kombinasi dengan statin akan meningkatkan kejadian ini.

Mengingat efek samping yang dapat timbul, maka penggunaan obat adalah merupakan jalan terakhir untuk menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida, dan olah raga serta pengaturan diet merupakan terapi paling aman dan cukup efektif dalam mengontrol kadar lemak darah

Semoga bermanfaat

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes