Diet Ekstrim Ala Selebriti Dunia Yang Harus Dihindari!

Akhir-akhir ini beberapa metode diet baru telah menjadi gaya hidup ‘anyar’ pada masyarakat hingga selebriti dunia sekalipun. Namun tidak sedikit pula para ahli kesehatan melarang diet-diet tersebut. Apa saja ?

Diet Ekstrim Selebriti Dunia Yang Harus Dihindari Tahun Ini!

Selain olahraga, diet memang menjadi salah satu cara paling efisein untuk menurunkan berat badan yang berlebih, dan juga telah menjadi sebuah tradisi gaya hidup sehat pada masyarakat modern saat ini.

Akan tetapi ada beberapa diet yang justru membahayakan dan sangat dilarang oleh para ahli kesehatan. Dan sayangnya, diet ekstrim ini telah menjadi gaya baru bagi sebagian selebriti dunia.

Berikut cara diet ekstrim selebriti dunia dan risikonya yang dilarang oleh British Dietetic Association (BDA) :

Breatharian Diet

Para ‘pengikut’ diet breatharian percaya bahwa mereka tidak perlu mengonsumsi makanan dan minuman, karena mereka pikir hanya dengan udara dan sinar matahari mereka bisa bertahan hidup dan hidup sehat.

Selebriti yang menjalankan diet ini

Aktris dalam film The Family tahun 2013, Michelle Pfeiffer yang juga pernah mendapatkan penghargaan Golden Globe dan BAFTA asal Amerika serikat ini mengakui bahwa ia menerapkan diet Breatharian ini.

Peringatan BDA

Menurut BDA, seseorang yang menerapkan diet Breatharian dijamin akan berhasil untuk menurunkan berat badan berlebih, akan tetapi akan disertai dengan dehidrasi, malnutrisi dan risiko kematian.

Biotyping

Jenis metode diet ini cenderung memaksa para ‘pengikut’nya agar lebih berhati-hati dalam memilih makanan untuk mengubah keseimbangan hormon tubuh dan mengurangi lemak di daerah tertentu.

Selebriti yang menjalankan diet ini

Boy George seorang musisi dan vokalis Culture Club ini mengakui dirinya telah berhasil menurunkan berat badan dengan metode diet biotyping.

Peringatan BDA

Diet ini sangat bergantung pada suplemen dan pseudosains yang menyebutkan bahwa dengan hanya lebih selektif dalam memilih jenis gandum dapat menurunkan berat badan tubuh yang berlebih. Namun BDA memperingatkan bahwa ada beberapa hormon berbahaya yang akan terlibat dalam metabolisme lemak apabila menjalankan diet ini, sehingga menurunkan kinerja fungsi tubuh yang berakibat pada menurunnya metabolisme pada tubuh manusia.

Gluten-Free Diet

Gluten adalah salah satu jenis protein yang ditemukan dalam gandum dan biji-bijian lainnya. Di Indonesia diet bebas gluten biasanya disarankan bagi penderita autis, namun kini telah menjadi sebuah tren baru dalam diet.

Selebriti yang menjalankan diet ini

Gwyneth Paltrow, pemeran utama wanita dalam sekuel Iron Man ini sangat berkomitmen sekali pada diet gluten-free.

Peringatan BDA

Banyak makanan yang mengandung gluten seperti tepung roti, kue, dan biskuit yang tinggi kalori, sehingga benar bahwa menghindari makanan tersebut dapat menurunkan berat badan berlebih. Namun sayangnya, orang yang menjalankan diet ini cenderung mencari pengganti makanan yang bebas gluten seperti bir, dan sosis yang juga tinggi kalori.

“Banyak orang yang merasa lebih baik setelah menjalankan diet bebas gluten, namun sebenarnya perasaan itu ada karena mereka mengurangi kalori yang masuk dengan mengurangi makanan olahan berbahan gandum. Tidak ada hubungannya dengan gluten,” ungkap Katherine Tallmadge, MA, RD, seorang ahli nutrisi.

Bagi seseorang yang menerapkan diet bebas gluten cendeung berisiko kekurangan sejumlah nutrisi penting, seperti zat besi, asam folat, niasin (vitamin B3), thiamin, ribofvlan, kalsium, vitamin B12, serta fosfor dan seng (zinc).

Alcorexia / Drunkorexia Diet

Seseorang yang menerapkan diet ini cenderung sangat mengurangi kalori makanan, namun banyak mengonsumsi alkohol sebagai pengganti kalori makanan.

Selebriti yang menjalankan diet ini

Para fashion model profesional dikabarkan banyak yang menerapkan diet ini

Peringatan BDA

Jika seseorang menerapkan diet ini akan mungkin kekurangan kalori tubuh, vitamin dan nutrisi yang dibutuhkan oleh fungsi tubuh untuk bertahan hidup. Selain itu, diet ini juga bisa membuat seseorang merasa lemah, cepat lelah, tidak memiliki cukup energi, dan akan menjadi sangat mudah marah. Untuk menerapkan diet ini Anda akan sangat kekurangan kalori makanan sehingga cenderung untuk mengonsumsi alkohol lebih banyak yang pada akhirnya mengakibatkan kecanduan alkohol, bahkan kematian karena keracunan alkohol.

Dukan Diet

Diet ini pertaman kali dikenalkan oleh seorang dokter asal Perancis, Dr Pierre Dukan, metode Dukan Diet cenderung untuk mengonsumsi protein tinggi.

Diet ini memiliki 4 fase pola makan yang berbeda satu sama lain, Fase pertama dianjurkan untuk mengonsumsi protein murni selam 3-10 hari, fase kedua menambahkan sedikit sayuran kedalam menu protein Anda hingga Anda mendapatkan berat badan yang diinginkan.

Fase ketiga disebut fase konsolidasi dimana Anda harus kembali ke pola makan yang normal selambat mungkin selama 10 hari, dan fase keempat adalah stabilitasi setelah fase konsolidasi selesai dan berat badan Anda mulai stabil, disini Anda di bebaskan untuk makan dan minum apa saja yang Anda suka.

Setelah 4 fase tersebut selesai, Anda boleh makan secara normal dengan menerapkan dua aturan yaitu, mengonsumsi protein seminggu sekali seumur hidup, dan makan tiga sendok makan oats dan dedek gandum setiap hari.

Selebriti yang menjalankan diet ini

Carole Middleton, ibu dari Catherine Middleton istri pangeran William ini mengakui bahwa dirinya pengikut diet Dukan.

Perigatan BDA

Bahkan pencipta diet ini yang dilarang berpraktik sebagai dokter umum di Perancis pada tahun 2013 telah memperingatkan risiko-risiko yang terkait dengan diet Dukan seperti, kurang energi, sembelit, dan bau mulut serta kekurangan nutrisi penting dalam tubuh.

Well fitness mania, itulah 5 diet ekstrim yang berhasil namun dilarang karena berbahaya pada tubuh. Jadi lebih baik melakukan konsultasi dengan dokter atau ahli diet untuk menentukan jenis diet yang tepat untuk tubuh Anda. (boy)

BACA JUGA : Cara Diet Sehat Menurunkan Berat Badan

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes