diet dan olahraga

Efek Dahsyat Melakukan Diet dan Latihan Rutin

Tantangan ketika melakukan gaya hidup sehat adalah efeknya yang bertahap dan itu bisa alasan seseorang untuk menyerah. Nah, berikut ini efek langsung yang dirasakan oleh tubuh Anda ketika melakukan diet sehat dan olahraga rutin.

diet dan olahraga

Mengatur pola makan yang sehat atau diet dan olahraga merupakan cara jitu untuk menjaga tubuh tetap sehat secara berkelanjutan. Namun, melakukan kedua hal yang tampaknya sepele tersebut tidak semudah membalikkan telapak tangan.

Gagal melakoni diet lantaran terlalu sayang untuk melewatkan hidangan yang begitu lezat. Atau tidak sanggup melakukan olahraga rutin dengan alasan kesibukan pekerjaan. [Baca Juga: Jalan Menuju Gaya Hidup Sehat dan Bahagia]

Bagian dari tantangan menerapkan gaya hidup sehat adalah tidak segera merasakan efeknya. Hal ini mungkin dapat menyebabkan frustasi bagi mereka yang telah bekerja keras di gym atau melakoni diet ketat. Tapi tahukah Anda bahwa tubuh Anda langsung merespon ketika Anda memilih untuk menerapkan gaya hidup sehat?

Efek Langsung Sulit Dirasakan

Seperti yang disebut sebelumnya, tubuh akan langsung merespon ketika Anda melakukan gaya hidup sehat. Tapi, respon tersebut mungkin cenderung tidak dapat Anda rasakan secara kasar. Apa saja efeknya?

diet dan olahraga

1. Mengontrol Gula Darah, Ampuh Mencegah Penyakit

Ketika seseorang makan makanan yang mengandung karbohidrat (terutama karbohidrat sederhana), gula darah akan meningkat. Seberapa cepat dan seberapa banyak tergantung pada seberapa cepat tubuh seseorang memecah makanan. Salah satu cara mengukurnya adalah indeks glikemik (skala 0-100). Makanan yang mengandung indeks glikemik tinggi menyebabkan melonjaknya kadar gula darah yang diikuti dengan anjlok yang drastis.

>> Ini Dia Diet Tepat untuk Penderita Diabetes Tipe 2 <<

Apa yang akan terjadi jika demikian? Fluktuasi gula darah yang tajam dapat meningkatkan risiko diabetes tipe 2. Selain itu, beberapa penelitian menyebutkan bahwa makanan yang mengandung indek glikemik tinggi seperti roti putih, kentang putih, soft drink, dan makanan-makanan yang manis dapat meningkatkan risiko sejumlah penyakit berbahaya seperti jantung, diabetes, kanker, atau obesitas.

2. Menjaga Tubuh Tetap Berenergi

Dengan memilih makanan yang rendah glikemik, hal itu otomatis membantu tubuh Anda untuk lebih baik dalam mengatur gula darah. Jika waktu sore hari Anda memilih ngemil donat atau minum soda, maka itu bisa menyebabkan lonjakan gula darah. Sebaiknya pilihlah camilan yang seimbang antara protein dan karbohidrat untuk menjaga kadar gula darah, serta menjaga energi tetap terjaga.

>> Cara Menjaga Badan Tetap Langsing Setelah Diet <<

3. Mencegah Stres

Olahraga atau latihan dapat meningkatkan kekuatan jantung atau baik untuk sistem kardioaskuler Anda. Selain baik untuk jantung, latihan juga dapat membantu memperbaiki suasana hati (mood). Hormon endorfin yang dikeluarkan selama aktivitas fisik dapat meningkatkan mood dan mengurangi stres. Sama seperti diet, olahraga juga dapat menjaga kadar gula darah sehingga membantu tubuh untuk tetap berenergi.

4. Mendorong Gaya Hidup Sehat

Memang, manfaat yang mungkin dapat dibuktikan membutuhkan waktu berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun. Dan itu mungkin dapat mendorong sebagian orang menyerah dalam melakukan diet dan olahraga.

Tapi percayalah, dengan rutin mengontrol pola makan yang sehat (diet) serta olahraga rutin memiliki efek yang sangat positif bagi kesehatan tubuh Anda. Dengan keyakinan tersebut maka Anda akan terdorong untuk selalu menerapkan gaya hidup sehat.

Pekerjaan Bukan Alibi untuk Tidak Berolahraga

diet dan olahraga

Pekerjaan kerap menjadi kambing hitam seseorang untuk tidak berolahraga (semoga itu bukan Anda). Olahraga kerap dihindari dengan alasan memakan waktu dan identik dengan lelah, cedera, atau keringat yang lengket pada tubuh.

Memang, olahraga dapat mengurangi waktu untuk menyelesaikan tugas kantor atau tugas rumah. Tapi itu bukan berarti menjadi alasan untuk menghindari olahraga. Apakah seharian selalu disibukkan dengan pekerjaan? Padahal, rutin berolahraga juga dapat meningkatkan produktivitas karena ditunjang dengan kondisi tubuh yang sehat. [Baca Juga: Latihan di Meja Kerja Anda]

Bagaimana dengan Diet?

Program diet identik dengan program penurunan berat badan. Tentu saja, diet atau mengatur pola makan tidak hanya untuk memangkas lemak berlebih, melainkan juga untuk menjaga tubuh agar tetap sehat secara keseluruhan.

BACA JUGA: Orang Obesitas Cenderung Sulit untuk Kembali ke Berat Badan Normal

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes