Fakta dan Fiksi Seputar Kanker Payudara

Namun, penelitian lainnya menunjukkan tidak ada hubungannya. The National Cancer Institute juga menegaskan bahwa penelitian tambahan mungkin akan diperlukan.

“Saya setuju dengan National Cancer Institute bahwa penelitian lebih lanjut masih diperlukan pada topik ini. Pertanyaan ini muncul cukup sering dan untuk sementara ini tidak ada hubungan yang jelas,” kata Chen.

Ada asumsi bahwa “semakin besar bobot bayi, semakin besar juga risiko terkena kanker payudara”. Menurut Chen, asumsi ini kemungkinan benar.

“Ini termasuk pertanyaan yang sulit, karena penelitian ini masih berkembang,” kata Chen.

Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa wanita yang memiliki bayi berbobot lebih besar memiliki risiko lebih dari dua kali terkena kanker payudara daripada ibu yang melahirkan bayi berbobot lebih kecil.

Para peneliti mengatakan bahwa memiliki bayi yang lebih berat bisa menciptakan lingkungan hormonal pada kehamilan yang bisa mengarah pada pengembangan masa depan kanker payudara.

Peneliti menambahkan, selama kehamilan pada wanita yang memiliki bayi lebih berat, rasio estrogen hingga anti-estrogen tercatat luar biasa tinggi. Semakin besar tingkat estrogen, semakin tinggi risiko kanker payudara.

Namun, Chen menyarankan, “wanita yang memiliki bayi lebih besar sebaiknya jangan panik. Karena, hal ini masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.”

Chen mengatakan hal ini penting bahwa wanita harus fokus pada mempertahankan diet yang sehat dan berat badan sebelum, selama, dan setelah kehamilan.

Cara terbaik untuk mengurangi risiko kanker payudara:

Menurut Chen, cara terbaik bagi seorang wanita untuk menurunkan resiko kanker payudara adalah berolahraga yang cukup, konsumsi makanan yang seimbang, menjaga berat badan yang sehat, minum alkohol dalam jumlah sedang, lakukan mammogram tahunan jika sudah berusia 40 tahun atau lebih tua, mengerti kondisi tubuh sendiri dan memeriksakan diri ke dokter jika ada perubahan nyata. (jay)

BACA JUGA : Yuk, Mengenal Lebih Dalam Kanker Kulit

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes