risiko kanker mulut

Faktor Risiko dan Cara Mencegah Kanker Mulut

Kanker mulut (Oral Cancer) sangat mematikan. Sejenis kanker yang tumbuh di sekitar mulut ini sangat berbahaya. Berikut ini untuk mengetahui gejala, faktor risiko, dan cara terbaik untuk mencegah kanker mulut.

risiko kanker mulut

Seperti dilaporkan ZeeNews, Sabtu (31/01), satu orang meninggal setiap enam jam akibat kanker mulut di India. Karena itu, sangat penting untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya kanker mulut dan cara untuk mencegahnya.

Tanda dan Gejalanya

1. Kulit terluka, benjolan atau ulkus pada bibir, gusi atau daerah lainnya di sekitar mulut.
2. Kesulitan mengunyah, menelan, atau berbicara.
3. Sariawan yang tak kunjung sembuh.
4. Lidah merasa nyeri.
5. Mulut mengalami pendarahan tanpa sebab.

Faktor Risiko

Faktor risiko dari kanker mulut antara lain dari penggunaan tembakau (rokok), konsumsi alkohol yang berlebihan, dan paparan sinar ultraviolet. Selain itu, risiko kanker mulut juga dapat dipengaruhi usia.

Faktor risiko lainnya adalah human papillomavirus (HPV) atau virus menular seksual. Hasil studi mengatakan bahwa HPV dapat meningkatkan risiko kanker mulut melalui seks oral.

Cara Mencegah

1. Stop Merokok

Rokok memang sangat berbahaya bagi kesehatan seseorang secara keseluruhan. Rokok juga menjadi penyebab dalam banyak kasus kanker mulut.
Pada penelitian yang dilakukan British Dental Health Foundation tahun 2013 lalu menyebutkan jika seseorang yang merokok lima menit setelah bangun tidur di pagi hari berisiko tinggi terhadap efek negative dari tembakau.

2. Hindari Alkohol

Banyak mengonsumsi alkohol terbukti dapat memunculkan beragam penyakit, salah satunya kanker mulut. Untuk itu, sangat penting membatasi atau bila perlu tidak mengonsumsi alkohol. Ahli mengatakan, peminum alkohol enam kali lebih mungkin terkena kanker mulut daripada yang bukan peminum.

3. Paparan Sinar Matahari

Paparan sinar matahari yang berlebihan dapat meningkatkan risiko kanker pada mulut. Karena itu penting bagi seseorang untuk tidak terkena paparan sinar matahari terlalu lama.

4. Jaga Kesehatan Gigi

Sikat gigi secara teratur karena mulut yang tidak higienis rentan terhadap kanker sekaligus mengurangi kekebalan tubuh dan menekan kemampuan tubuh untuk melawan sel-sel kanker.

Lakukan periksa gigi secara tertatur (setidaknya setahun dua kali), dan lakukan skrinning kanker mulut.

5. Olahraga

Aktivitas fisik dan olahraga membuat tubuh seseorang tetap sehat dan bugar. Olahraga rutin setiap hari dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan melindungi tubuh dari kanker.

6. Makan Buah dan Sayuran

Perbanyak konsumsi buah dan sayuran dalam pola makan. Vitamin dan antioksidan dalam beberapa buah dan sayuran dapat menurunkan risiko perkembangan kanker mulut.

7. Kopi

Pada penelitian tahun 2012 lalu yang diterbitkan dalam American Journal of Epidemiology menyebutkan bahwa meminum empat cangkir kopi sehari dapat menurunkan risiko kanker mulut hingga 50 persen.

Semoga bermanfaat. (ctr)

BACA JUGA: Cara Mudah Mengatasi Jet Lag Sosial

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes