Gagal Ginjal, Kenali Penyebab Dan Pencegahannya (Bagian 1)

Ginjal memainkan peranan penting di fungsi tubuh kita, tidak hanya menyaring darah dan membuang produk sisa dari tubuh, tetapi juga menyeimbangkan elektrolit di dalam tubuh, mengatur tekanan darah dan menstimulasi produksi darah merah.


Ginjal terletak di punggung bagian bawah, satu pasang di bagian punggung kiri dan kanan. Ginjal mendapatkan pasokan darah dari pembuluh darah renal yang dikirim langsung dari aorta dan mengirim kembali darah menuju jantung melalui pembuluh renal menuju vena cava.

Penurunan fungsi ginjal dalam skala kecil merupakan proses yang normal seiring bertambahnya usia. Namun, jika terjadi kelainan di mana fungsi ginjal menurun secara cepat dan tidak menjalankan fungsinya dengan baik, maka inilah yang disebut sebagai gagal ginjal.

Apa Yang Menyebabkan Gagal Ginjal?
Di dalam kasus gagal ginjal, fungsi ginjal berkurang secara cepat dan dapat disebabkan oleh berbagai macam kondisi di dalam tubuh. Penyebab gagal ginjal dikategorikan menjadi tiga bagian sesuai penyebab terjadinya, yaitu:

  • Penyebab Pre Renal
    Berupa gangguan aliran darah ke arah ginjal sehingga kekurangan suplai darah. Akibat kurangnya suplai darah, ginjal akan mengalami kerusakan, seperti berkurangnya volume darah karena dehidrasi, berkurangnya daya pompa jantung, atau tersumbatnya aliran darah menuju organ ginjal, dan sebagainya.
  • Penyebab Renal
    Berupa gangguan atau kerusakan yang terjadi pada organ ginjal sendiri. Misalnya kerusakan yang terjadi akibat penyakit diabetes, hipertensi, penyakit kekebalan tubuh, peradangan, dan berbagai gangguan aliran darah dalam ginjal yang merusak jaringan ginjal.
  • Penyebab Post Renal
    Berupa gangguan atau hambatan aliran keluar urin, sehingga terjadi aliran balik urin ke arah ginjal yang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Misalnya, terjadi penyumbatan atau penyempitan saluran urin antara ginjal sampai ujung saluran kencing. Biasanya terjadi apabila terdapat batu yang menyumbat saluran urin, atau saluran urin yang tertekuk.

Sedangkan tanda dan gejala yang mungkin terjadi akibat gagal ginjal antara lain, lemas, nafsu makan berkurang, mual, muntah, mata bengkak, kencing berkurang, gatal, sesak napas. Segera periksakan diri ke dokter apabila menemui gejala-gejala yang mengarah pada kelainan fungsi ginjal.

Mencegah terjadinya gagal ginjal adalah upaya yang harus Anda lakukan sejak dini untuk menjaga kelangsungan hidup Anda. Ada beberapa langkah preventif yang bisa Anda lakukan untuk mencegah terjadinya penyakit gagal ginjal, yang akan kita kupas dalam artikel selanjutnya. Semoga bermanfaat.

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes