tip mencegah alergi

Gampang Alergi, Cegah dengan 10 Tips Ini

Ketika tubuh terpapar zat-zat atau benda-benda bersifat alergen seperti yang terkandung dalam seafood, bisa serangga, serbuk sari, kotoran, polusi, bulu binatang, jamur, dan masih banyak lagi, maka sistem antibodi kita bereaksi berlebihan (overstimulate) sehingga menimbulkan gejala-gejala alergi yang parah seperti peradangan, kulit memerah, eksema, bengkak, bintik-bintik merah, dan asma.

tip mencegah alergi

Sementara alergi ringan mengakibatkan gejala seperti demam, hidung tersumbat, pilek mengalir, gatal-gatal, mata berair, atau kepala pusing. Ada pula alergi yang terjadi tanpa harus terpapar langsung dengan alergen, dinamakan atopic allergy.

Selain pengobatan medis dengan Pharmacotherapy dan Immunotherapy, alergi juga dapat dicegah dengan cara alami seperti berikut ini :

Rajin Bersihkan Ruangan

Bersihkan secara teratur rumah Anda dari zat-zat alergen. Hindari kelembapan dan biarkan udara segar keluar masuk dengan bebas. Pel lantai rumah, gunakan AC, vacuum cleaner, atau pemanas ruangan untuk membersihkan debu, jamur, tungau, bakteri, dan serbuk sari. Bila perlu jangan gunakan karpet. Gunakan cuka sebagai disinfektan. Cegah hewan peliharaan masuk kamar tidur atau naik keatas kasur atau sofa.

Cegah dengan Bromelain

Konsumsi bromelain, adalah semacam enzim yang mampu meredakan proses peradangan, mengatur respon imun yang berlebihan, dan meredakan alergi. Terdapat pada buah-buahan seperti pepaya, nanas, dan kiwi. Konsumsilah saat menderita alergi atau cobalah cari suplemen bromelain.

Konsumsi Madu

Minumlah 1 sendok madu asli, alami, belum diproses dan belum disaring untuk membantu meredakan alergi setiap hari. Atau konsumsilah suplemen sari madu (bee pollen).

Pijat Acupressure

Lakukan pemijatan acupressure sedang dengan jari telunjuk pada masing-masing sisi hidung (sisi hidung yang bertemu pipi) untuk meringankan alergi sinus. Tahan 3 menit dan tarik nafas dalam-dalam dan hembuskan perlahan.

Minum Teh Hijau

Kurangi histamin dengan minum teh. Histamin dapat meningkatkan risiko alergi karena perannya dalam peradangan pembuluh darah (pemicu reaksi alergi). Teh hijau dan teh chamomile mengandung zat antihistamin alami dan mampu menyeimbangkan sistem imun tubuh.

Bersihkan Rongga Hidung

Bersihkan saluran pernafasan (hidung) setiap hari. Kebiasaan sehat ini akan menghindarkan dari kotoran termasuk alergen yang terhirup.

Suplementasi Stinging Nettle

Konsumsilah suplemen dari ekstrak daun tanaman stinging nettle yang sudah digunakan di seluruh dunia untuk mengobati peradangan dan meredakan alergi. Zat aktifnya mampu menangkal kerja sel-sel imun penyebab peradangan. Jenis tanaman anti-alergi lainnya adalah bunga Magnolia, xanthium, mint, dandelion, Chinese basil, siler root, dan schizandra. Pilihlah dalam bentuk ramuan teh atau obat tradisional Cina berlabel “Allergy Tamer” yang mampu menyeimbangkan sistem imun dan meredakan gejala-gejala alergi.

Hindari Makanan Pemicu Alergi

Prinsip pencegahan yang paling mudah dengan menghindari zat-zat alergen yang merangsang berlebihan (overstimulate) sistem imun, termasuk juga makanan. Diantaranya hindari coklat, seafood (termasuk udang dan kerang), kentang, tomat, dan terong.

Hindari Makanan Mentah

Hindari juga makanan berselaput lendir dan basah seperti berbagai produk dari susu, makanan mentah dan dingin, jagung (termasuk sirup jagung), dan gula sederhana (gandum dengan pemutih, pasta putih, nasi putih, pemanis buatan, dan soft drink). Gantilah dengan roti dan pasta gandum utuh, nasi merah, kinoa, atau millet.

Konsumsi Makanan Herbal

Masaklah dengan bumbu-bumbu pelega sinus seperti jahe, kemangi, bawang putih, oregano, cabe, kunir, kunyit, atau lobak. Jangan lupa cuci bersih sayur-mayur dengan air mengalir untuk membuang residu pestisida dan zat kimia. Pilih sayur-mayur organik.

BACA JUGA : Penyebab Dan Gejala Alergi Laktosa

Gratis Konsultasi Fitnes dan Produk Fitnes